Ternyata Anggaran Infrastruktur Nggak Melulu dari APBN loh!

Eaaaaa…. Tumben-tumbenan nih bahasan saya agak sedikit beraaaaat bro, sist 🙂 Bahas soal anggaran infrastruktur! Hahahahah *tebar confetti* Padahal, biasanya ini blog isinya kalo nggak review makanan, curhat colongan, review jalan-jalan atau kadang review tentang bedak bayi yang aman

Nah. Kapan hari itu, saya baca di sejumlah portal berita, kalau pemerintah punya program bernama PINA. Ini adalah Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah. 

 “Program PINA didesain untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan proyek-proyek infrastruktur yang membutuhkan modal besar yang dinilai baik secara ekonomi dan menguntungkan secara finansial,” begitu ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Skema PINA adalah salah satu cara Pemerintah dalam mendorong pembangunan infrastruktur secara masif. Di tengah minimnya dana yang dimiliki, maka skema-skema seperti PINA diharapkan bisa ikut serta mempercepat pembangunan infrastruktur yang merata di setiap daerah.

Sip markosip banget nih! Kalau kita amati, infrastruktur memang kudu ditopang dari berbagai sisi kan? Supaya lebih cepat dinikmati hasilnya oleh masyarakat.

For youur info aja nih, kata Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, saat ini program PINA telah berhasil mendorong pembiayaan tahap awal 9 ruas jalan Tol senilai Rp 70 triliun, di mana 5 diantaranya merupakan Tol Trans Jawa. ‎

“Pada pilot program PINA ini, PT Sarana Multi Infrastruktur dan PT Taspen memberikan pembiayaan ekuitas tahap awal kepada PT Waskita Toll Road sebesar 3,5 triliun sehingga total ekuitas menjadi Rp 9,5 triliun dari kebutuhan Rp 16 triliun.”

“‎Kita ingin mendorong peran swasta serta dana-dana pensiun, sehingga pembiayaan infrastruktur tidak lagi tergantung APBN. Semangat tersebut telah kami implementasikan dengan mengembangkan fasilitasi terhadap PINA,” kata Bambang.

Peran pemerintah sangat penting dalam mendorong partisipasi swasta, terutama dana-dana kelolaan jangka panjang seperti asuransi, dan dana pensiun untuk mencapai target-target pembangunan infrastruktur nasional.

“Pemanfaatan dana-dana tersebut untuk proyek-proyek infrastruktur bukan hanya menguntungkan, tetapi juga dapat menjadi salah satu alternatif investasi jangka panjang.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s