lifestyle, parenting, Review, sehat

Bunda, Ayah, Katakan #IYABOLEH agar Anak Semangat Bereksplorasi

Yuhuuuu, Sabtu – Minggu (1-2 April) ini ada acara seru banget buat Bunda, Ayah dan si kecil. Apakah ituuu? Yep, ada Nestle Dancow “Explore Your World” yang dihelat di Royal Plaza Surabaya. Emang ada apa aja sih di sana? Huihh, seruuuu pake banget deh! Ada segambreng wahana edukasi yang dipersembahkan sebagai stimulasi untuk mendorong kepercayaan diri orang tua dan mendukung si kecil untuk bereksplorasi dan membantunya dalam proses belajar.

Kalau Anda pantengin hastag #IYABOLEH di Twitter ataupun Instagram, terpampang nyata deh, aneka keseruan yang ada di wahana ini. Sabtu siang itu, saya cuss ke Royal Plaza bareng ‘ponakan ketemu gede’ Kira Elysia. Utinya Kira ini sahabatan sama (almarhumah) uti Fat. Bundanya Kira sahabatan sama bundanya Sidqi. Hihihi. Hamdalah, Kira asyiqueee banget diajakin Bude Nurul yang ginuk ginuk ini untuk dolan ke Dancow “Explore Your World”

Sesampai di atrium Royal Plaza, sudah pasti kita kudu punya “paspor” untuk menjelajah ke berbagai wahana.  Ini jadi proses belajar buat si Petualang Kecil. Karena bisa mendukung kemampuan kognitif (Kemampuan Atensi, Kemampuan Memori, Kemampuan Psikomotorik, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Kemampuan Bahasa)

Yayyy…… Kira semangaaaat banget! Yuk kita telusuri ada wahana apa aja yaaa, di sini?

(1). ART CENTER dengan aktivitas hand painting dan storytelling

Kira minum susu dulu sebelum bermain di berbagai wahana

(2). CENTRAL PARK Lihaaaat deh, tamannya mirip banget dengan Garden by The Bay yang ada di Singapor! Aaaak, kapan-kapan kita plesir bareng ke sono, ya Kiraaaa 🙂 Sekarang kita nikmatin dulu Gardens by The Bay ala-ala heheheh.

Ehhh. Taman ini keren banget loh… dilengkapi dengan teknologi augmented reality, di mana anak-anak bisa merasakan sensasi berburu serangga, merasakan rintik hujan lokal, aaargghh… top markotop!

(3). SMART CITY si kecil bisa membangun kota Dancow versinya sendiri. Jadi ada lego, aneka permainan yang mengasah kreativitas anak.

(4). PLAY PARK dengan aktivitas wall climbing dan monkey bar, supaya si kecil lebih berani dan confident dalam bertualang. Yayyyy!!

***

Kita semua sepakat dong, bahwa anak-anak memang kudu banyak melakukan eksplorasi. Bergaul, bermain, melakukan banyak hal di luar sana adalah perilaku positif yang kudu dikembangkan si buah hati.

Hanya saja, terkadang, saking gedenya kadar sayang kepada si kecil, tidak jarang ortu selalu bilang “Jangan!”

Anak mau main di taman… “Jangan! Nggak boleh! Nanti kotor!”

Anak mau bersepeda di jalan depan kompleks…”Jangan! Tidak boleh! Nanti bisa jatuh!”

Intinya, baik sengaja maupun tidak, orang justru menjadi penghambat dalam hal tumbuh kembang anak. Wah, wah. Karena itu, di event kali ini, Dancow juga menghadirkan psikolog kondang bin gahol mempesona tiada tara, yaitu Mbak Ratih Ibrahim.

Mbak Ratih bilang, terkadang, bunda dan ayah kerap “menjaga” anaknya secara berlebihan alias overprotektif. Akibatnya ya itu tadi, anak justru terkungkung dan tidak optimal dalam hal tumbuh kembang.

“Anak akan jadi cupu, ruang eksplorasinya terbatas di rumah doang, kan justru kasihan kalau ia tidak mengeksplorasi dunia sekitarnya dengan maksimal,” kata Ratih Ibrahim.

Lebih lanjut, Ratih menyarankan agar anak diajak bermain, utamanya dengan kawan sebaya. Orang tua jangan melepas begitu saja, tetap harus didampingi. Jadi, ketika anak menunjukkan perilaku yang kurang baik, orang tua bisa berperan sebagai “mentor” untuk mengingatkan.

Eh, mbak Ratih juga meng-highlight pentingnya menghindari kata “Jangan!” untuk anak-anak kita. Justru, kita harus mencoba menyelami dunia mereka, dengan begitu, anak bisa menunjukkan perilaku positif yang kita inginkan. Ada praktik langsungnya loh kemarin. Ketika anak-anak sibuk lari-larian dan loncat ke sana ke mari di atas panggung, tatkala press conference berlangsung, mbak Ratih justru mengajak mereka untuk duduk di stage! Voilaaaa…! Ajaib banget bahasa kalbu bunda cantik satu ini 🙂 Si kecil yang jumlahnya segambreng itu langsung nurut dan duduk manis di sebelah mbak Ratih. Standing ovation…!!

“Intinya, kita jangan terlampau sering melarang anak. Kalaupun mereka melakukan hal yang berbahaya, seperti mendekati kompor atau lari-lari di jalan, baru kita boleh melarang mereka dengan tegas. Akan tetapi, sebaiknya orang tua sering mengajak anak untuk bereksplorasi di ruang terbuka. Itu bagian dari stimulasi sekaligus tahap penjelajahan yang tidak tergantikan,” lanjut alumnus Psikologi Universitas Indonesia (UI) ini.

Dr dr Roedi Irawan MKes menjelaskan, bahwa nutrisi, cinta bunda (dan ayah) serta stimulasi adalah hal yang sangat signifikan untuk tumbuh kembang buah hati kita.

“Setiap anak harus diberikan stimulasi secara berbeda. Dengan begitu, akan diketahui stimulasi apa yang paling disukai dan cocok untuk anak kita, sehingga orang tua juga tahu minat serta talenta anak kita ke arah mana. Jangan lupa, konsumsi nutrisi dalam jumlah yang cukup, agar anak bisa tumbuh kembang secara optimal,” tutur dokter ramah ini.

Dalam, kesempatan ini, diluncurkan DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ inovasi baru dari Dancow untuk pemenuhan nutrisi si buah hati

Yap! Menjadi orang tua memang bukan pekerjaan mudah. Apalagi, kalau kita masuk kategori ortu gampang baper, weleh deleh…. hidup makin berat, jendraaaal! No need to worry, karena parenting talk show yang dihelat oleh Dancow ini bisa banget membuka mata kita akan pentingnya pendidikan. Karena, belajar seumur hidup itu bukan hanya untuk anak… Ortu juga kudu semangat untuk menggali ilmu.

 

Yuk, Bunda…. Ayah….. kita kudu mendukung eksplorasi si kecil dan berkata ‘IYA BOLEH’ agar si kecil bisa terus bereksplorasi!

Acara Nestle Dancow “Explore Your World” bakal hadir di kota-kora lainnya. Catat jadwalnya yah!

Jakarta (29-30 April)

Semarang (5-6 Agustus)

Solo (9-10 September)

Makasar (7-8 Oktober)

Advertisements

16 thoughts on “Bunda, Ayah, Katakan #IYABOLEH agar Anak Semangat Bereksplorasi”

  1. Sebetulnya kenapa Ratih sampai ngajak duduk anak-anak di tangga stage, karena sepanjang konferensi pers anak-anak itu berlarian di atas stage tanpa dijaga siapapun.
    Saya lihat Ratih memandang cemas anak-anak itu, takut mereka jatuh di tangga atau keserimpet kabel-kabel sound system sehingga merusak acara.
    Ratih nampak bisik-bisik main mata dengan Radhi sambil terus melihat anak-anak.
    Itu sebabnya Ratih akhirnya berinisiatif bangkit dari sofa dan duduk di stage, untuk mengalihkan perhatian anak-anak, supaya jangan sampai ada yang terjatuh di stage.
    Keren yaa.. 🙂

  2. Wah sempat-sempatnya ambil foto Play Park dari atas.
    Saya datang langsung masuk Si Kecil maunya langsung main, pulang sore menjelang malam. Si Kecil capek tapi senang banget…

  3. seru banget ya mbak acaranya, anakku sampai2 kerasan di central park. Luama banget di area situ, nggak keluar-keluar …… hhehe, jadi nggak enak sendiri sama yang jaga. Soalnya yang lain udah pada gantian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s