Tips Agar Tidak Menunda Pekerjaan atau Prokrastinasi

Prokrastinasi

Follow me on twitter: @nurulrahma

Salah satu kebiasaan diri sendiri yang gue benciii benciiiik banget adalah… ngerjakan tugas penting mepet-mepet tanggal deadline. Entah kenapa, kok ide tulisan baru nongol kalo udah menjelang garis mati yeaaaaa. Kadang, kalo udah bolak/balik diuber sama klien, baru deh gagasan buat tulisan langsung mecungul. Tapi kalau belum deket ama “tanggalnya”, beughh biarpun semedi di depan laptop berjam-jam, layarnya teteup aja kosooooong melompong. Kagak ada perubahan sama sekali. Hiks.  

 

Apakah gejala penuaan dini? Qiqiqiqiqi

Bukaaan, sodara. Anak-anak muda belia nan kinyis-kinyis yang masih berstatus mahasiswa S-1 juga banyak kok, yang suka menunda-nunda ngumpulin tugas. Apalagi kalo ngumpulin SKRIPSI. Noooh, pada ngaku kan?

Ini yang biasa dikenal dengan istilah PROKRASTINASI. Yap, kebiasaan menunda-nunda. Entar aja deh… Nanggung banget nih… Iya entar gue kerjain kalo udah rada selo…

Dan ketika deadline tiba… booommmm! Langsung ngebuuuuttt ngerjain segabruk tugas, sampe lupa nggak nyapa kanan-kiri.

Jadwal makan berantakan, jadwal sholat?

“Duuuh, boro-boro deh, bisa sholat jamaah di Masjid. Gegara ngebut garap tugas nih, masih inget sholat aja udah Alhamdulillah” kata pelaku prokrastinasi.

Naudzubillahi min dzalik.

 

Supaya artikel ini ada faedahnya dan bukan sekedar lapak numpang curcol semata, berikut beberapa tips ala gue yang semoga bisa mengenyahkan badai prokrastinasi.

(1). Berpikirlah Hari Ini adalah Hari Terakhir dalam Hidup Kamu

Sempat ada slogan gini kan, “Bekerjalah seolah-olah kau akan hidup selamanya, beribadahlah seolah-olah kau akan mati besok pagi.”

Okai, mungkin ini bagus untuk menyemangati supaya kita kerja keras dan cerdas, serta benar-benar khusyu’ ketika sholat dan ikhlas dalam ibadah-ibadah lainnya. Tapi, coba pikir. Kerja ini sebenernya bagian dari ibadah juga kan?

Apabila kita balik nih… bekerja/ibadahlah seolah-olah engkau akan mati besok pagi. Nah, kalau BESOK PAGI akan jadi hari terakhir kita di muka bumi, apa iya, kita masih malas-malasan untuk ngerjakan tugas? Waktu kita engga banyak lho. Mungkin selama ini, kita bakal nyantai buat nyelesaikan project ini atau project itu, karena,  “Halaaah… besok masih ada waktu kan?” Lha kalo kita “ditampar” dengan sebuah probabilitas bahwa besok pagi adalah hari terakhir kita menghirup udara segar di muka bumi, apa iya kita akan tetep berprokrastinasi?

(2). Berpikirlah Bahwa Akan Ada Gangguan pada Suplai Listrik dan Koneksi Internet

Ahh, tapi aku masih muda ini…masih sehat wal afiat, kayaknya besok aku juga masih hidup kok.”

Hmm, kalau tips #1 agak sulit dibikin relevan, lantaran kita over pede, ya udin geser deh ke tips berikutnya. Quick reminder aja sih, bahwa mati TIDAK HARUS berhubungan dengan usia tua, penyakit ganas, dan lain sebagainya. Sering denger cerita kan… ada anak muda ketika pagi dalam kondisi sehat setrong bugar, dan masih sempat buat  Bayar ACC Online  eh, siangnya udah dalam kondisi tanpa nyawa. Bisa karena kecelakaan, jatuh dari pesawat, serangan sakit mendadak, dan alasan dari sisi medis lainnya. Intinya, mati itu sama sekali gak nunggu usia tua loh ya.  

Tapi memang, bicara soal dzikrul maut pada anak-anak muda kekinian agak susah-susah gampang.  Ya udah, coba tips kedua aja. Misalnya mau ngerjakan tugas hari ini, lha kok males yaaa… mau gue tunda sampe besok deh… etapiiii… kalo besok ada pemadaman PLN bergilir, gimana? Kalo besok koneksi internet mendadak memble, kepriben? Ya walopun kita bisa banget sih cari pedagang  Jual Pulsa Online

Padahal, tugas udah mau dikumpulin lusa kan? Waksss, semangattt semangaaatt! Yuk dirampungkan sekarang juga!

(3). Berpikirlah bahwa Minggu Depan Bakal Ada Undangan Ngetrip Gratis ke Luar Kota/ Negeri

Nnaaaah! Kalo ini tokcer banget buat gue, hehhehehe. Pernah nih, gue malesssss banget nulis apapun. Udahlah, pokoke ada request submit artikel tuh, rasanya yang beughh kezel ngga ada ide sama sekali. Layar laptop berasa kayak menghipnotisku supaya segera bobok, zzzzz…

Tiba-tiba…. triiing!! Ada notifikasi WA. Isinya? Kabar gembira untuk kita semua, bahwa minggu depan ada undangan buat ngetrip ke Banyuwangi dan Taman Nasional Baluran, ulalaaaaa…!!

Mata yang tadinya sayu… mendadak langsung cliiing! Alhamdulillah….Horraaayyy…!

Etapiiii… deadline naskah gue gimana yak? Let’s see… oww.. masih ada waktu seminggu buat ngerampungin naskah. Hayuk deh, kita kerjakan dengan secepat kilat dan sebagus mungkin, supaya minggu depan bisa ngetrip, yayy!

20140801_061334

 

Sejak saat itulah, gue selalu mencanangkan prinsip/obsesi bahwa MINGGU DEPAN bakal ada yang ngajak ngetrip. Agak-agak halu? Hahahaha, biarin deh. Namanya juga afirmasi positif. Kalau ada yang ngajak plesir beneran, Alhamdulillah…. kalau belum ada, ya kudu siapin budget buat berangkat ngetrip pakai duit dewe dong. Mosok minta gratisan melulu, qiqiqiqiq.

 

Intinya gitu deh. Prokrastinasi itu “penyakit” dan kudu kita lawan! Allah sudah membimbing kita dalam  Surat Al-Insyirah ayat 7, “Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan, maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain.”

So… lo juga bisa cari solusi cespleng supaya virus plus bakteri prokrastinasi enggan mampir lagi. Semangat, semangat semangaaaatt! Jemput berkah Illahi tanpa prokrastinasi.(*)

Advertisements

3 comments

  1. Prita Pdinata · September 5

    ” Berpikirlah bahwa Minggu Depan Bakal Ada Undangan Ngetrip Gratis ke Luar Kota/ Negeri”

    Ini suka bangeeet,kayaknya reminder macem ini bakal ampuh deh buatku. Akan kucobaaa

  2. lfitriany · September 6

    hahaha iya banget mbak udah sampe jadi emak2 kaya skrg jg msh tarsok aja nih.* lah jadi keinget kan jumat besok anak bontot ada kegiatan sekolah pake baju bola daaaan saya blm beli tuh baju sampe skrg wkwkw

  3. Agung Rangga · September 6

    Ta…tapi kan prokrastinasi itu enak… 😭

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s