Parenting Zaman Now is So Challenging!

CHALLENGING. TRICKY. PRETTY HARD.

Tiga hal itulah yang langsung nangkring di batok kepala, manakala ada yang nanya, “Gimana sih rasanya jadi ortu zaman now?”

Aku bukan pakar pendidikan. Aku juga emak-emak mediocre, yang kerap disambit rasa bersalah dan pengakuan dosa “Sepertinya aku gagal jadi orang tua.”

Banyaaaaak banget failure yang udah terjadi selama aku menapaki “karir” (yang ngga bisa cuti plus ngga bisa resign) sebagai ‘emaknya Sidqi’.

Mungkin, kalo karir ini disamakan dengan kerjaan di kantor, aku udah dapat SP3, saking seringnya kesalahan demi kekhilafan yang aku lakukan, baik sengaja maupun tidak.

But eniwei, supaya nggak jadi depresi, kadang kala rasa bersalah ini aku alihkan dengan traveling! Jadi, kalau teman-teman baca postingan saya yang (tampaknya) hepi tralala ketika ngetrip, trust me… itu adalah kelegaan luar biasa karena hamdalah diriku tetap waras di tengah perasaan ‘guilty feeling’ yang menerpa sebagai orang tua, hahahah.

***

Okai. Jadi, anakku baru satu. Namanya Sidqi. Dia sangat passionate dengan dunia YouTube, editing dan gaming. Bolak-balik minta dibelikan PC buat belajar editing, tapi yaaaah, karena ortunya sangat concern dengan financial planning (lebih tepatnya medhit) sampai detik ini Sidqi otak-atik akun YouTube-nya pakai HP aja.

Meski gitu, subscriber channel YouTube Sidqi sudah mencapai 1800. Google Adsense-nya juga udah approved, dan siap-siap nerima dollar nih, kalau traffic videonya OK.

Ada satu bocah Indonesia, masih berusia 10 tahun yang sepertinya bisa banget jadi role model buat Sidqi.

 

Namanya, Alfarizi Bay Haqi. Dia tuh yang udah bisa bikin aplikasi untuk belajar Matematika, namanya Good Math dan Quiz Matematika.

Tapi emang, kids zaman now luar biasa yaaaa… Mereka sangat akrab dengan teknologi. Ini saya comot info tentang para pemenang Kompetisi Inovasi Teknologi “Indosat Wireless Innovation Contest”. Salah satu juaranya ya si Alfarizi Bayhaqi itu.

Kategori Kids & Teens (apps)

Juara 1: Quiz Matematika (Muhammad Hafizh Bayhaqi / 10 Tahun / Bogor). Quiz Matematika merupakan game berbentuk kuis matematika yang dirancang untuk melatih kemampuan dan kecepatan berhitung anak-anak dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Juara 2: AR Sistem Tata Surya (Ahmad Reihan Alavi / 14 Tahun / Jepara)?. AR Sistem Tata Surya merupakan solusi pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) untuk mempermudah pembelajaran siswa-siswi di seluruh Indonesia mengenai sistem tata surya.

Juara 3: Life is Precious (Shaquille Shiddiq Priata / 15 Tahun / Tangerang Selatan). Life is Precious merupakan game interaktif dengan berbagai tantangan permainan yang fokus pada topik pembelajaran serta pencegahan kecanduan narkotika dan obat-obatan terlarang.

***

Jadii… gimana dengan perjalanan sebagai ortu zaman now?

Sepertinya saya mau mulai bikin road-map untuk Sidqi. Kalau dia memang sangat interest dengan dunia IT, ya sudah gapapa. Difasilitasi aja. Dan di-support supaya dia bisa jadi techno-freak yang bermanfaat bagi orang banyak dan memberikan kontribusi positif.

 

Advertisements

5 comments

  1. Semoga talenta dan minat Mas Sidqi bisa tersalurkan dengan baik lewat youtube ya Mbak, anak-anak zaman sekarang kalo ditanya cita-citanya apa pasti njawab jadi youtuber karena terinpisrasi para youtuber idola mereka yang sukses baik secara materi maupun popularitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s