Cara Menguras Air Radiator bagi yang Mau Road Trip

Halo halo haloooo!

Kali ini aku mau mengulas tentang sesuatu yang mungkin sering dipandang sebelah mata, apalagi oleh kaum perempuan, haha.

Cara Menguras Air Radiator. Yap urusan permesinan dan mobil emang biasanya identik dengan bapak-bapak kan.

Padahal, sebenernya para emak juga punya peran yang amat krusial, untuk mengingatkan Bapak-bapak supaya enggak lupa buat ngecek kondisi mesin. Apalagi, bagi keluarga yang demen road trip. Jalan-jalan keluar kota (atau bahkan lintas provinsi) dengan naik mobil sendiri. Ouw, ouw…. Itu yang namanya mobil kudu disiapkan secara paripurna. Begitu pula dengan kondisi fisik plus psikis sopir, dan tentu sajaaaaaa kondisi dompet peserta road trip! (yang ini kagak bisa ditawar-tawar banget yes).

 

Baiklah, ini aku coba bikin tips apa saja sih yang kudu dipersiapkan manakala road trip ke luar kota.

 

(1). Siapkan Jiwa yang Sehat

Sering dengar kan niat awal mau bersenang-senang dengan road trip bareng keluarga, eh… ternyata sepanjang perjalanan, justru diisi dengan aneka perdebatan, cek-cok, muka yang kaku kayak kanebo kering gegara emosi jiwa yang tersulut terus-menerus?

Nah… masak sih, kita mau ngejalanin road trip macem begindang?

Sedari awal, seharusnya semua peserta road trip harus punya psikis, mental, jiwa, hati yang sehat, iklas, lembut.  Ibarat kata nih, masalah jiwa ini udah yang super duper signifikan banget! Kita pengin dapat experience yang assoy geboy ketika road trip, ya itu artinya…. Jiwa kita harus sehat sejak sebelum trip dimulai.

 

(2). Cek Kondisi Mesin Mobil

Ini juga penting pake banget. Ibarat orang zaman dulu kalau mau perjalanan jauh kan naik kuda ya… Otomatis kuda tunggangannya juga kudu sehat dan setrooong! Begitu pula dengan kondisi mobil yang bakal menjadi tunggangan kita selama road trip

Harus banget dalam kondisi prima. Kalau perlu, bawa dulu ke bengkel langganan, semacam “medical check up” gitu lah

 

(3). Perhatikan Kondisi Radiator

Nah, ini juga pentiiiiinggg banget Buibuk. Sekedar sharing aja ya. Beberapa kali, keluarga kami melakukan road trip, dan kami agak abai dengan urusan radiator ini.

Apa yang terjadi kemudian?

Gegara penanganan yang salah, ternyata malah terjadi overheating… dan mobil kami pun mogok di jalan! Hadeeehhh. Kalo mogoknya di lokasi kota sih, agak gampil yaaa… banyak pegawai bengkel yang bisa ditelpon kapan aja. Lah waktu itu kami sempat mogok di desa Mojokerto (wilayahnya kampung-kampung banget gitu, jadi nyaris nggak ada bengkel terdekat)

Udah deh… kami kudu sabar menunggu proses overheating itu. Untunglah, karena slogan “jiwa kudu sehat” selalu terpancang ketika road trip, ya kami bisa menjalani dengan (sekuat tenaga) riang gembira syalala.

Cara Mengganti Air Radiator Mobil

Intinya kita memang harus memberikan perhatian ekstra untuk mengecek air radiator mobil.

Jangan sampai kekhilafan kita malah berujung bolak-balik overheating dan tentu saja ini berimbas pada road trip yang bermasalah.

Mana asyiknya sih, keleleran di jalan, gegara radiator mobil  yang lagi tidak dalam kondisi prima? Apalagi kalo stok logistik/konsumsi makin menipis, wuahahahaha. Itu combo banget deh keselnya 😀

Ya udah, buat para buibu manager keuangan… jangan lupa untuk merangkal jadi manager operational juga ya. Senantiasa ingatkan driver/ suami kita supaya tahu cara menguras air radiator yang baik dan benar.

Kalau mobil oke… road trip makin asyiiiik kaaan?

Happy traveling! Semoga perjalanan lancar dan menyenangkan yeaaayy!

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s