Cara Meningkatkan Keamanan Website

Cara Meningkatkan Keamanan Website

“Mbak, kalau lagi update blog, mending jangan pakai wifi umum, deh.”

“Kenapa?”

“Bisa di-hack! Kita kan nggak tahu, resiko wifi umum bakal kayak gimana.”

“Waduh! Iya juga ya.”

Perbincangan saya dengan Dani, finance blogger ngehits republik ini, sudah berlangsung sekian tahun lalu. Waktu itu, kami meet up di salah satu resto hotel berbintang di kota pahlawan. Pas saya mau utak-atik blog alias personal website, eh, Dani mengingatkan untuk sebaiknya tidak pakai wifi umum.

“Aku ke mana-mana, pakai modem pribadi, Mbak. Soalnya, resiko pakai wifi umum itu macam-macam,” lanjutnya.

Password wifi-nya apa ya?

Wah wah. Iya juga ya. Apalagi, beberapa spot mengharuskan kita login dengan email, kalau mau mengakses wifi gratisan.

Padahal, keamanan website ini menjadi salah satu faktor signifikan. Yang butuh perhatian ekstra dari kita. Banyak pihak yang menggunakan website untuk berbagai keperluan, kan. Untuk keperluan “wajah perusahaan”, misalnya. Untuk kasih update program/promo apa saja yang tengah berlangsung dari sebuah brand. Atau, ya seperti yang tengah saya (dan mungkin Anda) lakukan, yaitu bikin blog, dan aktif meng-update secara berkala. Blog jaman now pun sudah di-create dan di-maintain sedemikian rupa. Berdasarkan interest, ceruk/niche masing-masing, mulai dari personal blog, travel, beauty, finance, techno blog, dan masih banyak lagi.

Yang jelas, ini semua menunjukkan bahwa teknologi digital kian berkembang. Website pun bisa diandalkan sebagai media komunikasi sekaligus marketing. Yang harus kita upayakan adalah, bagaimana caranya agar kita bisa meningkatkan keamanan website, khususnya melindungi website dari serangan hacker.

Ayo kita dalami cara meningkatkan keamanan website

Website ini hanya dapat dibuka melalui jaringan internet. Itu sebabnya website ini sangat memerlukan keamanan website agar terhindar dari kemungkinan serangan hacker. Seperti yang kita ketahui, hacker hanya dapat menemukan dan merusak website apabila terkoneksi dengan jaringan internet. Maka dari itu, sebagai pengguna website sebaiknya perlu untuk mengetahui cara-cara untuk menjaga keamanan website agar terhindar dari kerugian yang tidak diinginkan.

Kuy, cari cara mengamankan website!

(1). Install SSL

Secure Socket Layer atau SSL adalah protokol keamanan yang melakukan enkripsi antara server dengan client sehingga tidak ada pihak yang bisa mencuri. Perbedaan yang paling terlihat adalah jika website tidak menggunakan SSL, informasi yang dikirim dari server kepada client berupa plain text yang sangat mudah dibaca oleh hacker, tetapi jika sudah menggunakan SSL, setiap informasi yang dikirim sudah dienkripsi serta diacak sehingga hacker akan kesulitan dalam melakukan hacking.

SSL Indonesia adalah Penyedia SSL Certificate terlengkap dengan harga termurah dengan berbagai pilihan pembayaran mudah dan aman.

SSL atau Secure Sockets Layer digunakan untuk menjaga keamanan komunikasi antara website dan server. SSL Certificate akan mengkonfirmasi dari nama domain (misal gudangssl.com) sebuah website dan akan mengenkripsi semua data informasi antara website dengan server sehingga semua data informasi akan aman dari pencurian selama masa transmisi.

SSL Certificate itu penting, karena Lapisan keamanan SSL dapat menghindari kejahatan cyber seperti pencurian data sehingga pelanggan merasa aman bertransaksi online melalui website. Selain itu, website ber-SSL akan ditandai oleh browser sebagai website terpercaya. Website ber-SSL juga menjadi syarat menjalankan ads.

SSL Certificate dibutuhkan oleh mereka yang ingin menambah lapisan keamanan pada website. Mulai dari website perusahaan, toko online/ecommerce, instansi pemerintahan, dan website lainnya yang mengoleksi data pribadi pelanggan seperti kartu kredit / data bank.

(2). Proteksi dengan memilih web hosting yang kredibel

Jangan sampai proteksi website kita lemah. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah: selektif memilih penyedia layanan web hosting. Intinya, jangan tergiur dengan harga murah belaka! Tapi kita harus pelajari track record-nya, rekomendasi dari para user hosting tersebut, apakah memang trusted dan kredibel untuk kita jadikan partner web hosting. Memastikan untuk menjembatani website sedari awal adalah sebuah tindakan yang tepat untuk memperkokoh keamanan website tersebut.

(3).  Tips Sederhana Meningkatkan Keamanan Website

Nah. Ini ada beberapa kompilasi tips yang bisa kita lakukan agar website semakin aman. Di antaranya:

  • Kalau Anda punya beberapa akun website, disarankan JANGAN pakai password yang sama
  • Menggunakan password yang terdiri dari komponen huruf besar, huruf kecil, angka, simbol, dan lain sebagainya. Dan jangan menggunakan password-password yang sangat mudah dikenali dan mencerminkan diri Anda sendiri misalnya tanggal lahir, nomor kendaraan, dan lain sebagainya.
  • Jangan menyimpan password melalui browser. Apalagi, kalau Anda menggunakan komputer bersama-sama dengan orang lain (walaupun itu pasangan atau anak Anda)
  • Kalau gampang lupa password, bagaimana? Ada aplikasi khusus untuk menyimpan password-password Anda secara aman, misalnya saja dengan aplikasi one password.
  • Demi keamanan website, selalu integrasikan website atau akun Anda dengan aplikasi-aplikasi lain seperti email dan handphone. Terkadang ada orang yang bukan Anda log-in ke akun, maka bakal ada notifikasi dan di email yang sudah terdaftar dan ini mempermudah untuk melakukan tindakan pencegahan retas/hacking.
  • Yuk, rutin melakukan cek terhadap keamanan website. Disarankan untuk mengganti password secara berkala.(*)

19 thoughts on “Cara Meningkatkan Keamanan Website

  1. Reyne Raea says:

    Yang sering dilupakan tuh Mba, kadang kita nggak sengaja nyimpan password pas login di laptop ramai-ramai.
    Bahkan di laptop saya sendiri, saya memilih login pakai akun chrome.
    Jadi, kalau suami atau anak make, mereka nggak utak atik punya saya 😀

  2. Nabilla DP says:

    SSL penting banget ya Mbak. Terus kalo lagi di tempat umum juga kudu ati2 yah pake wifinya. Milih2 lah.. mending tethering pake hape aja deeh kalo urgent banget hihi

  3. bloggergunung says:

    Di jaman serba digital ini keamanan website memang sangat penting. Disaat banyak data kita yang tersimpan di akun pribadi orang selama bisa meretas bisa membahayakan. Makanya keamanan website itu harus diutamakan ya. Terimakasih cara mengamankan website ini sangat bermanfaat pastinya

    Salam.
    Okti Li

  4. Diah Alsa says:

    Saya nih Mbak, sering banget ganti password tapi karena lupa, bukan sengaja tuk maintenance, eeh tapi jatuhnya jadi auatomaintenance ya, hihihih.
    Anyway baru tahu aplikasi one password itu, cocok banget deh buat saya yg sering (BANGET) lupa password ini, makasih ya Mbak 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s