5 Wilayah di Jawa Timur dengan Segudang Wisata, Bisa Jadi Jujukan Liburan Akhir Tahun

Bagi warga Jakarta atau sekitarnya yang ingin jalan-jalan ke luar wilayah, sekarang semuanya semakin mudah ya. Terlebih lagi memilih alat transportasi pesawat udara, telah banyak maskapai penerbangan yang menawarkan rapid test di tempat. Hanya dalam waktu yang singkat saja hasil bisa keluar. Apalagi dalam waktu dekat ini akan ada liburan akhir tahun, bisa banget direalisasikan ya.

Selain itu, perusahaan sekelas Traveloka juga menyediakan pesan mobil dan drive thru rapid test di bandara. Ada beberapa keuntungan memilih bundling yang ditawarkan perusahaan yang didirikan pada 2012 tersebut. Misalnya saja bisa satu kali booking paket antar jemput bandara dan rapid test, perlindungan ekstra, bisa langsung datang tanpa perlu reservasi, dan tidak capek-capek mengantre.

Untuk destinasi ke luar kota, ada banyak pilihannya ya. Bisa memilih Jawa Timur sebagai rujukannya. Berikut ini jajaran kota di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata yang bagus.

1. Batu

Salah satu wilayah yang sangat kondang di Jawa Timur menawarkan banyak sekali wisata, baik itu wisata alam, buatan, kuliner adalah Batu. Jangan salah ya, Batu sudah berpisah dengan kabupaten Malang sejak tanggal 17 Oktober 2001. Masih  banyak orang yang menyebutkan Batu masuk wilayah Malang. 

Sementara itu pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi antara lain Jatim Park 1, 2, dan 3, Museum Angkut, Eco Green Park, Coban Talun, Predator Fun Park, Petik Apel, dan tidak ketinggalan Alun-alun Kota Batu yang eksotis. Selain wisatanya yang begitu beragam, Batu juga memiliki udara yang begitu sejuk. Suasananya begitu nyaman sebagai tempat liburan.

Karena pesonanya yang begitu beragam itulah, tak salah Batu selalu padat merayap saat musim liburan tiba.

2. Malang

Malang juga tetangga dari Batu yang tidak kalah wisatanya. Untuk wilayah kota Malang, kebanyakan kulinernya dan beberapa tempat wisata belanja. Namun jika melipir ke Malang pinggiran, ada banyak sekali pantai cantik nan eksotik yang bisa dikunjungi. Mulai dari Pantai Balekambang, Pantai Gatra, Pantai Goa Cina, dan lain-lain.

Nah, jika ke Malang, kulinernya harus dicoba ya. Ada orem-orem, mendol, kripik tempe di Sanan, dan satu lagi yang tidak boleh dilewatkan, yaitu bakso. Hampir semua rasa bakso di Malang itu enak, bahkan yang jual di gerobak pinggir jalan pun juga lezat. Bakso khas Malang beda ya dari Solo, ada banyak tambahannya seperti sayuran sampai bermacam-macam gorengan.

3. Banyuwangi

Rekomendasi lainnya di Jawa Timur adalah Banyuwangi. Apalagi Banyuwangi sudah memiliki bandar udara sendiri. Wilayah yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini memang menarik hati untuk dijelajahi. Wisata alam yang ditawarkan sangat beragam, dan kebanyakan memiliki pesona yang tak dimiliki wilayah lainnya.

Misalnya saja Jawatan Benculuk dengan hutan trembesi lebat, Kawah Ijen dengan blue fire-nya, Pantai Plengkung sebagai tempat dengan ombak terbaik di dunia. Dan lain sebagainya. Masalah kuliner, Banyuwangi juga menawarkan banyak sekali makanan unik. Coba saja kunjungi untuk mengetahui semuanya. Jelajah satu hari, tidak akan cukup.

4. Lumajang

Lumajang disebut sebagai Kota Pisang karena memiliki hasil pisang yang melimpah. Dalam hal pariwisata, wilayah yang juga mendapat julukan sebagai Oostenrijk van Java ini memiliki segudang tempat wisata unggulan. Ada Gunung Semeru, Ranu Pani, Ranu Kumbolo, Kawasan Taman Bunga satu lagi yakni beragam air terjun cantik yang menantang buat ditaklukkan.

Banyak lho air terjun kondang dari Lumajang. Misalnya saja Air Terjun Kapas Biru, Tumpak Sewu, kabut Pelangi, dan masih banyak lagi lainnya. Bagi yang gemar jelajah alam, Lumajang memang kota yang paling tepat buat masuk ke dalam list penjelajahan.

5. Probolinggo

Masih kurang? Kamu bisa jelajah Probolinggo yang turut menawarkan beraga wisata. Wilayah yang bisa ditempuh kurang lebih 2 jam dari Surabaya ini juga memiliki alam yang memesona, tidak kalah dari Lumajang. Ada pantai, air terjun, serta gunung. Rekomendasi destinasinya mulai dari Gunung Argopuro, Pulau Gili Ketapang, Air Terjun Madakaripura, Wisata Mangrove BJBR Probolinggo, dan lain-lain.

Untuk kulinernya, yang paling kondang di antara pilihan lainnya adalah Rawon Nguling yang memiliki cabang di Malang. Ada juga Soto Ayam Kraksaan Pak Koya, Nasi Campur Nyak Nyong, dan lain-lain.

Buat liburan akhir tahunmu menyenangkan dengan kunjungi berbagai wisata di Jawa Timur ya. Tidur di rumah memang enak, namun berpetualangan di luar sana akan banyak memberikan banyak pengalaman. Segera packing keperluanmu dan jangan lupa pesan tiket ya. 

41 thoughts on “5 Wilayah di Jawa Timur dengan Segudang Wisata, Bisa Jadi Jujukan Liburan Akhir Tahun

  1. ameliatanti says:

    JATIM memang yang ngangenin itu.. kulinernya terutama ha ha haaaa
    kalau udaranya – aku hanya pernah ke Surabaya dskt dan Malang, jadi yang kebayang puanaaassss

    Nah justru pengen ke Malang itu ke Museum Bentorl, lihat seluk-beluk berdirinya perjalanan industri rokok di Malang. Gak ada salahnya kan sambil belajar sejarah.

  2. Reyne Raea says:

    Pengen ke Banyuwangi atau Lumajang Mba, kalau Batu dan Malang rasanya eneg ama kemacetannya hahaha.

    Untungnya tol Malang udah jadi ya, tapi yang akses ke Batu tuh seringnya masih macet.
    Dan sekarang kayaknya udah mulai merambat lagi di sana, udah banyak yang traveling ke Batu πŸ™‚

  3. annienugraha says:

    Dulu, waktu saya sekolah di Malang, Batu belum terpisah jadi kota administratif sendiri. Setelah berdiri sendiri, kemajuan kotanya pesat banget. Bertabur destinasi wisata dan tempat menginap yang sangat menarik. Hebat banget perkembangannya

  4. Rui Akaruicha says:

    Aku belum pernah nih jelajah Jatim. Paling penasaran tuh sama Banyuwangi. Penasaran pengen tau bahasa osing khas di sana itu seperti apa ya?

  5. Elly Nurul says:

    Batu, Malang dan Banyuwangi.. aku mau kesana hehe semoga suatu hari nanti bisa liburan bersama keluarga kesana ya mbak.. duh tambah envy aja nih liat postingan emak tentang wisata jawa timur, teakhir aku ke jawa timur tuh di surabaya kota aja hehe

  6. Nchie Hanie says:

    Asiik nih mendekati akhir tahun banyak mendambakan liburaan, apalagi di Jawa Timur kek tempat2 di atas wishlist banget. Semoga bisa jalan2 leluasa lagi kesanaa dengan aman dan tenang. Mupeeeng perjalnan jauh Maaaj.

  7. Nchie Hanie says:

    Asiik nih mendekati akhir tahun banyak mendambakan liburaan, apalagi di Jawa Timur kek tempat2 di atas wishlist banget. Semoga bisa jalan2 leluasa lagi kesanaa dengan aman dan tenang. Mupeeeng perjalnan jauh Maaak

  8. Nurul Sufitri says:

    Malang aku udah beberapa kali mampir karena ada kakak ipar di sana. Kalau Batu iya sering juga ketika berkunjung ke Jatim Park dll. Ga bosan2 ke sana mana kulinernya buanyak dan enak2. Lumajang, Banyuwangi dan Probolinggo cuma dilewatin doang belum pernah nginep dll hihihihi maybe next time πŸ™‚

  9. Lidya says:

    Asyik juga tuh mbak wisata ke Jawa Timur pakai mobil apalagi ada jalan tol trans Jawa yang panjang & menyingkat waktu perjalanan ya. Akhir tahun bo;eh juga tuh libnuran keluarga ya

  10. ndiievania says:

    Kalau aku pengen banget sih ke Banyuwangi dan Bromo. kalau Batu dan Malang udah pernah jadi belum rencana lagi. cuma memang masih galau berangkatnya, mungkin buat akhir tahun 2021 atau 2022 πŸ˜€

    • Mia Yunita says:

      Semoga tercapai rencananya ya mbak. AKu juga udah mulai kangen nih ke Jawa Timur. Biasanya saya di Sidoarjo, tempat tante. Setelah itu pasrah deh mau diajakin ke mana sama Mamaku hehe..

  11. Susi says:

    Jatim.. dulu sebelum nikah selalu membayangkan bisa pergi kesini bareng suami, backpacker gituu naik keretaa.. tapi belum kesampaian sampai sekarang ahhaha.. sekarang dah punya bocil kayaknya nggak kebayang deh huhuh

  12. Evi says:

    Sebenarnya wilayah destinasi wisata itu banyak banget ya Mbak. Kita gak ngomong di Indonesia, pulau Jawa saja gak bakal habis-habis kalau dieksplorasi. Di Jawa Timur aja segini banyak dan saya yakin kalau lebih detail lagi listnya akan tambah panjang. Semoga liburan akhir tahun kita semua gak mati gaya lagi, sudah bisa bepergian. Saya pengen banget deh menyambangi Batu kembali

  13. Jiah Al Jafara says:

    Aku udah pernah ke Batu, Malang dan cuma lewat Banyuwangi. Udah lama gak piknik, rasanya kangen banget. Sayangnya masih pandemi dan kondisi belum memungkinkan. Ya mari catat dulu sambil nyiapin bekal

  14. Sapti nurul hidayati says:

    Aku tu pengen banget lho ke Malang. Kayaknya asyik banget tempatnya. Hawanya juga adem, seger ..dulu cita-citanya pengen tinggal.di Malang, tapi ternyata di Jogja saja ini…πŸ˜‚πŸ˜‚
    Penawaran dari traveloka menggiurkan banget yas. Seru juga piknik rame2. Smg segera kondusif keadaannya…aamiin…

  15. lendyagasshi says:

    Jadi sungguhan kangen liburan, kak Nurul.
    Tahun kemarin, aku pulkam terus liburan sekeluarga ke Bromo.
    Sedihnyaa…
    Setelah itu lockdown dan sampai kini belum boleh halan-halan lagi.

  16. Aprillia Ekasari says:

    Huhu kalau gak covid pasti dah ancang2 ke sana ya mbak.
    Semoga saja ending 2021 lbh baik, aku save2 dulu tempat2nya. Krn ada keinginan kapan2 tu ngajakin bapak ibuku jalan2 tapi yg gak jauh dr Sby gtu πŸ˜€
    Batu sih paling pilihanku krn udah bbrp kali ke sana dan lbh kenal area hehe

  17. @mirasahid says:

    Batu dan Malang, sudah. Penasaran sama Banyuwangi, katanya sudah semakin berkembang kawasan wisatanya, ya. Semoga suatu saat bisa ke sana, aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s