Duh, Kangen Banget Silaturahim dan Ikutan Event Blogger!

Dear teman-teman blogger,

Dikarenakan pandemic corona, dengan sangat menyesal, kami harus meng-cancel acara bloggers gathering yang sedianya digelar pekan ini. Sekali lagi, mohon maaf. Tetap jaga Kesehatan, ya!

Salam

WHAT? Duh, aku dilanda mangkel gak karuan tatkala membaca email cancellation barusan. Dari agency yang mengundang kami para blogger Surabaya, untuk hadir di event mereka. Acaranya terjadwal akhir Maret tahun lalu. Sebenarnya, waktu itu corona belum se-massif bulan April. PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) juga belum launched di Jawa Timur. Tapi, yah, mau gimana lagi. Pihak brand dan agency-nya sudah memutuskan untuk membatalkan acara. Ya wis lah.

Pandemi corona ini berdampak buat SEMUA orang di muka bumi. Terutama bagi freelancer. Yap, empat tahun terakhir, saya kecemplung jadi full-time-blogger. Nggak ada gaji tetap. Yang ada hanyalah semangat untuk terus mencairkan invoice dari klien *haha

Begitu wabah corona ini meledak, booom…! Ya gini ini lah. Banyak event offline yang batal dihelat. Job online Alhamdulillah masih ada, walau yah, tidak se-gemerincing bulan-bulan sebelumnya. Karena heiii, kurasa brand juga melakukan pengetatan budget di sector marketing promo, ye kan? FYI, job online ini biasanya antara content creator/blogger dan klien hanya berkomunikasi via WA, lalu saya bakal menayangkan artikel sesuai brief yang diberikan klien. Fee ditransfer via bank. Jadi, ada atau nggak ada corona, kita tetap bisa melakoni kerjaan online ini.

Akan tetapi, apalah artinya keseruan jadi blogger kalau jarang meet up atau gathering, ye kan? Walhasil, saya kian bete karena ya itu tadi. Kesempatan buat ketemuan dengan rekan blogger, kandas begitu saja. Acara terpaksa dibatalkan, imbas corona.

Semua kena dampak. Boleh sih, bete dan uring-uringan. Tapi, jangan lama-lama. Yuk, yuk, segera move on! Tetap kerjakan tugas dan semangat beraktivitas! Kalaupun nggak bisa ketemuan in real life sama teman-teman content creator, toh, masih banyak kok metode silaturahim yang bisa kita lakoni. Apa saja?

(1). Blogwalking

Alias mengunjungi blog/website teman-teman seperjuangan *halah* dan meninggalkan komentar di sana. Seru lho blogwalking alias BW ini. Karena, at least, kita bisa lebih mengenal dan memahami karakter teman blogger, walaupun jarang (atau bahkan tidak pernah) berjumpa secara langsung.  Saya ikut sejumlah WA grup (WAG) khusus Blogwalking (YAP! Dan BANYAK BANGET WA grup semacam ini). Biasanya ada rules yang diterapkan untuk BW. Di antaranya, komentar dengan jumlah kata minimal 10, dilarang komen basa-basi seperti “Nice post!” Thanks for sharing!” trus kalau buka postingan teman, harap nunggu sampai 3 menit, supaya spam score tidak melonjak. See? Faedah BW banyak kan? Bisa menambah jumlah traffic blogpost, komentar, sekalian silaturahim online!

(2). Ngobrol ngalor ngidul di WA grup

Selain WAG yang didedikasikan kheusus buat blogwalker, ada juga nih WAG buat ‘ghibah syariah’ (halah). Maksudnya, ya diskusi assoy yang tidak mengarah pada bullying atau pembunuhan karakter manusia lain 😊 Ada beberapa teman blogger yang memang gemar banget ngobrol tentang apaaaa aja, dan kami pun menimpalinya secara cihuy! Trus ada juga yang hobi sharing bagaimana meningkatkan performa blog. Meningkatkan score Domain dan Page Authority, yadda yadda blablabla. Termasuk berbagi tips bagaimana meningkatkan jumlah fee dari klien, wkwwkw

(3). Curhat via WA

Kurasa kita semua hutang budi banyak ke penemu, pengembang dan pengelola app WA ini, ya. Amal jariyahnya gede banget! Soale, tetap bisa bikin kita semua terkoneksi walaupun dalam kondisi dikarantina gak boleh ke mana-mana.

Di awal musim corona, saya sempat stress parah, tuh. Uring-uringan kagak pake jeda, pokoke pikiran negatiiif mulu dah, isinya. Selain ngaji dan nyetel tausiyah Ustadz favorit via YouTube, ada satu hal yang saya lakoni secara intens: CURHAT. Tentu tidak ke sembarang orang. Saya pilih manusia-manusia yang selama ini memang layak dipercaya, bukan ‘ember bocor tumpah ruah’. Legaaa rasanya kalo udah curhat. Walopun ga ada solusi cespleng, tapi paling tidak ‘didengarkan’ dan ‘disimak dengan seksama’ udah jadi obat psikis yang mujarab! Yap, ini sekalian menjalin silaturahim, kan?

***

Begitu deh, yang saya lakoni Ketika menjalin upaya silaturahim dengan teman. Hal serupa juga bisa dilakukan tatkala ingin keep in touch dengan keluarga besar. Intinya, kita semua kudu memahami, kalau ini kondisi yang tidak biasa. So, pola perilaku dalam berinteraksi juga kudu bertrasformasi. Serba digital!

Hai teman-temanku, hari ini kalian mau silaturahim dengan cara apa? Silakan share di kolom komentar, ya 😊

51 thoughts on “Duh, Kangen Banget Silaturahim dan Ikutan Event Blogger!

  1. Ranger Kimi says:

    Cara silaturahmi online-ku palingan hanya blogwalking dan meninggalkan jejak, seperti yang aku lakukan sekarang. Itupun aku baru mau blogwalking sekarang-sekarang ini. Sebelumnya, selama dua bulan, aku malas blogwalking dan komen. Sedang gak ada energi. Hahaha. Btw, sehat-sehat terus ya, Mbak. Stay safe.

  2. HM Zwan says:

    Meskipun baru sekali ikut event Blogger waktu di Batam, tapi lumayan kangen sih. Nggak kebayang yang sering ngevent, oasti rindu banget ya mbk..
    Semoga pandemi segera berakhir ya, biar bisa ngevent dan silaturahmi lagi

  3. hidayahsulistyowati says:

    Siniiih curhat sama mamah wati, dijamin gak rembes deh, hahahaaa
    Iya kangen dengan gathering juga aku akhirnya. Bukan makan-makannya, tapi bisa nggibah syariah itu, ngomongin fee de el el.

    Bersyukur ya ada WA tempat bisa ngobrol segala macam gibahan, aku suka banget ini artikelnya. Receh tapi bergizi, hihii

  4. Siti Nurjanah says:

    Pandemi yang terjadi saat ini begitu banyak bawa pengaruhnya
    Banyak kegiatan yang akhirnya harus tertunda bahkan dibatalkan. Dan iya setuju komunikasi meski via daring bisa jadi sedikit mood booster di tengah kejenuhan melanda

  5. Suciarti Wahyuningtyas says:

    Aku pun kangen event blogger karena bisa ketemu dengan teman-teman dan ngobrol juga. Kalau sekarang ngobrolnya via wa dan blog walking di tulisan teman-teman. Semoga pandemi ini cepat berakhir ya, biar kita bisa ketemu dan tertawa bersama.

  6. Diah Kusumastuti says:

    Sik sik, Mbak, aku tentu saja mringis di pojokan pas baca ini: “apalah artinya keseruan jadi blogger kalau jarang meet up atau gathering.”
    Huhu.. aku emang bloger gak seru yaa 😦
    Btw kalau aku saat pandemi sekarang selain silaturahim via WA, juga via medsos dan sesekali ikut nge-Zoom lah,, hehehe..

  7. Dedew says:

    Iya kangen ketemu teman blogger dan ngerumpik sambil haha hihi pas event ya, alhamdulillah masih ada grup WA untuk cerita dan berbagi info..masih ada job juga..masih ada pemasukan hihi..

  8. Nathalia DP says:

    Ada beberapa event yang kalau diadain offline mungkin saya enggak akan hadir karena di luar kota… Gara-gara pandemi ini, saya bisa hadir meski secara online, heuheu…

  9. Widyanti Yuliandari says:

    Aku justru sebaliknya, kemarin ada dua bulanan yang justru full kerjaan. Dugaanku mungkin krn event offline ditiadakan, dialihkan ke online ya. Jadilah bloger ndeso kayak aku justru bisa kecipratan lumayan banyak. Haha… apapun, semoga copat capit ini segera usai

  10. Wiwied Widya says:

    Iya nih, gegara corona jadi kehilangan moment rumpi2 ama emak blogger. Biasanya rutin kita tuh, walau nggak ada event ya kumpul buat arisan ilmu. Sekarang cuma bisa silaturahmi online, tetep berasa ada yg kurang gitu ya

  11. aswindautari says:

    Aku lama banget gak ikutan event bloggee jg nih. Terakhir ikut itu dr maltofer. Hampir 1 tahun yg lalu.. Wkwk. Daerahku emang jarang ada event sih. Apalagi pas pandemi gini. Event online oun jarang. Haa

  12. Lidya says:

    aku juga kangen nih terakhir ikutan event blogger tanggal 11 Maret beberaoa hari sebelum ada karantina wilayah kalau gak salah. kangen ketemu teman2 ya

  13. Maria Soraya says:

    Cara paling simpel silaturahmi onlen sesama blogger buatku itu random komen dan like di sosmed. Aku masih bisa nyambung dengan apa yg dibaca.

    Klo di grup aku lebih sering silent reader, sering ketinggalan bahan obrolan hehehe.

  14. lendyagasshi says:

    Iyayaa…even cuma komentarin kelakuan bodor temen-temen di grup wa pakai emoticon.
    Rasanya udahannya kok legaa…
    Apalagi saat video call via wa bisa 8 orang sekarang…makin happy dan tetap bisa bersilaturahm dengan baik.

  15. nyi Penengah Dewanti says:

    Aku juga mba, kangen wkwkwk jadi ingat event MPR itu selalu menyenangkan
    pas di Jakarta rame banget, gemes. Paling seneng awalnya temenan di dunia maya akhirnya ketemuan di dunia nyata. Semoga kita lekas bisa beraktivitas ngevent ngeblog lagi. Kangen

  16. Ainhy Edelweiss says:

    Iya nih sejak Corona, sy jg kangen banget hadir di event soalnya seru banget, eh pas hrus stay at home gk bsa lgi huhu, skrg mah semuanya lwt online

  17. ameliatanti says:

    banyak nih yang bisa dicatat sejak pandemi,
    As a blogger yang memasuki usia pensiun (dini) bersyukur aku paaaassssss banget diberi kesibukan luar biasa, sehingga akunya yang mundur teratur dari event event,

    ya emang, the beauty of blogging is gathering (at Indonesia especially)
    but we still can do it at home yaaaakhaaaaannnnn

    btw, thanks aku baru tahu kalau buka postingan teman, harap nunggu sampai 3 menit, supaya spam score tidak melonjak! OMG this is also the beauty of Blog Walking, right!.

  18. ikromzain says:

    iya mbak jadi kurang seru ya ga ada blog gathering
    apalagi foto foto barengnya itu lo yang kadang nyesek kalo liat foto lama
    terus ikutan kuis di eventnya sama dengerin narasumber

    iya memang kerjaan online masih ada tapi ya enggak bisa menggantikan keseruan gathering
    aku kadang ikut di surabaya klo lagi ada waktu
    semoga bisa cepet ilang ini corona ya

  19. nikensmartini says:

    Memang bener Mba, saat pandemi gini banyak acara blogger2 yang berubah dari offline event menjadi virtual event. Tapi aku yakin pasti semuanya ada hikmahnya. Misal, kerekatannya akan semakin kuat meskipun tidak bertemu yaitu melalui whatsapp group komunitas. Biasanya kan tiap hari ada kegiatan, misal : IG walking, Blog walking, dll. Tetap semangat untuk kita semua.

  20. lksaalmunawaroh says:

    Blockwalking membantu mengevaluasi blog yang sedang dikerjakan. Ngonten menjadi kualitas di dalam wag komunitas. Kegiatan semacam ini meski kecil meet up namun kegiatan online masih terasa manfaatnya sesuai kebutuhan tentunya.

  21. Maria Soemitro says:

    setuju banget mbak Nurul, untung ada WAG happy blogging,, ISB, Blogger Crony,KEB dll

    jadi serasa ketemuan dengan mbak mbak Nurul, mbak Annie, Mbak Rien dll

    kalau nggak bakal stress deh saya, setiap hari di kamar, anak-anak jauh, paling ngobrol dengan tanaman dan kupu – kupu 😀 😀

  22. Shyntako says:

    Duh kangen banget yaa mba ikutan berbagai event blogger tuh sebelum pandemi, jadi ajang silaturahmi juga yaa antar sesama blogger

  23. Okti Li says:

    Semoga pandemi ini segera berlalu. Biar bisa wara wiri lagi ya. Saya sih blogger desa, mau pandemi atau tidak, ya gini aja sih sebenarnya. Emang di desa mah ga pernah ada eventnya, hahaha

  24. siti nurjanah says:

    Pastinya sangat rindu sekali mba, bisa ketemu saling berbincang dan bertatap muka secara langsung. Duuhhh kalau lihat potret lama di event offline gathering blogger bisa kangeen banget
    saat ini ya.mesti bersabar
    semoga wabah ini lekas usai

  25. Dian Restu Agustina (@dianrestoe) says:

    akuuu, kangen event, soalnya di situ adalah hari pergiku. Yang biasa cuma sumur , dapur, kasur..cus hadir meliput sebuah acara, dapat ilmu dan seseruan bareng teman seperjuangan duh kangennya..

    Selain yang di atas obat kangenku juga ikut event virtual komunitas..bisa ketemu meski hanya via online, lumayaaan!

  26. Mia Yunita says:

    Terakhir kali nekad temu offline karena memang yang ngumpul nggak banyak, sekitar 10 orang. Sekalian kangen-kangenan karena selama pandemi, komunikasi tetap melalui w.a. Jadi kangen dengan event offline yang biasanya diundang untuk menghadiri.

  27. Mutia Ramadhani says:

    Surabaya kalo hari normal itu termasuk terame juga itu event buat bloggernya ya mba. Pasti sepi banget buat yg biasa ngumpul nongkrong di berbagai acara saat ini harus benar-benar off dan stay at home. Semoga kita tetap bisa silaturahmi dengan berbagai cara ya mba.

  28. annienugraha says:

    Yang paling seru dari acara off-line itu adalah silaturahimnya. Ngobrol langsung dari Kutub Utara ke Kutub Selatan dengan berbagai topik tuh tepat gak tergantikan dengan apapun deh. Meski kita masih bisa ngobrol via WA atau VCall bahkan Google Meet atau Zoom Meet sekalipun. Apalagi kalo ketemu dengan teman-teman sefrekuensi. Weesss bisa lupa daratan ingat lautan itu sih.

  29. rikawidiastutialtair says:

    Saya juga sudah kangen banget kumpul2 blogger lagi. Sempet bete juga karena ada beberapa event penting yang dicancel karena pandemi. Untungnya masih ada banyak wadah buat saling silahturahmi, seperti komunitas blogger dan grup support.

  30. Alaika says:

    Intinya adalah, apa pun situasinya, kitanya sendiri yang tetap harus pegang kendali ya, Mba? Ga boleh putus asa. Thanks to technology yang telah berkembang begitu pesatnya. Dan thanks to para penemu berbagai aplikasi, yang telah membuat kita terkoneksi satu sama lainnya. Jadi, ga bisa ketemu di darat, di virtual world tetap bisa bersilaturrahmi. Yuhuuu.

    Hari ini, so far, aku sudah di-curhatin- oleh 3 klien, Mba. Haha.

  31. Dhenok says:

    kalo saya kebetulan tak harus ngendon di rumah, mbak. aktivitas tetep harus jalan dan harus on the spot. palingan terkait pandemi ya mematuhi protokol kesehatan dan berharap terus terjaga kesehatan.

    sehat2lah ya kita semuaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s