Ini Dia! Ide Artikel untuk Konten Blog atau Media Sosial Berfaedah Selama Bulan Ramadan

Aaakk, sebentar lagiii bulan Ramadhaan, mantemaan.

InsyaALLAH Selasa, 13 April, kita udah mulai puasa, ye kan. Buat menyemangati diri, BISMILLAH, daku mau niatkan buat posting ODOP alias One Day One Posting selama bulan suci ini πŸ˜€ Rencananya bakal publish artikel daily life/ opini/ hal-hal receh gitu deh, supaya bisa merekam kenangan selama Ramadhan 2021.

Well, sebagai tabungan ide, ini nih (kind of) planning tema artikel yang bakal daku ulas starts from 13 April. Etapiii, ngga plek ketiplek sesuai tema, sih. Kalo mood lagi belok, pengin bahas sesuatu yang lain, ya monggo silakan. Buat manteman, yang pengin ada tabungan ide/tema untuk posting, either di blog, IG, Facebook, Medium, apapun itu, boljug lah, yuk kita pantengin πŸ˜€

IDE POSTINGAN SELAMA BULAN PUASA

(1). Menu Buka/ Sahur Praktis

(2). Mengenang Ramadhan masa kecil (anak-anak)

(3). Ketika Remaja, seperti Apa Ramadhan-ku?

(4). Tips membangunkan anak untuk sahur di bulan puasa

(5). Ramadhan tahun ini, Sholat tarawih di masjid, YAY or NAY?

(6). Menghemat Budget sehari-hari ketika Ramadhan

(7). Bagaimana mengajarkan anak, untuk kalahkan hawa nafsu,

(8). Tips Atur Jadwal Ibadah selama Puasa (mengaji, sholat tarawih, tahajud, sahur, dll)

(9). Tips Financial Planning Atur THR dll

(10). Tips untuk tetap silaturahim dgn keluarga besar, ketika pandemi belum sepenuhnya usai.

(11). Ide Bisnis ketika Ramadhan

(12). Destinasi Ngabuburit ter-Cihuy Versi Kamu

(13). Kalau boleh Mudik/keluar kota, kalian mau ke mana? (edisi ngayal bosquu)

(14). OoTD busana untuk Tarawih/ Pengajian

(15). Harapan, Visi, Misi Ramadhan tahun ini (eittss, daleeemmm)

(16). Resume tausiyah/ceramah Ustadz(ah) (boleh dari Youtube, bebasss)

(17). Siapa saja Ustadz(ah) Favoritmu?

(18). Buat yg pernah Umroh di bulan suci, gimana kesan/testimoninya? Buat yg belum, kuyy mari kita bikin itinerary dan mengharap supaya suatu saat bisa beneran kejadian!

(19). Resep Kue Lebaran Favorit

(20). Adakah sosok yang pengiiin banget kamu minta maaf padanya?

Yeaahh, sementara 20 ide dulu ya gaes πŸ˜€

Ntar kalo ada gagasan yang mak bedunduk nongol, eikeh tambahin dah.

***

Aku bakal semangat ngeblog di bulan Ramadan ini, untuk terus membekukan kenangan. Intinya sih, berbagi insight/opini sekaligus tips/resep/dll dan semoga ada faedahnya ya. Posting-nya sih, udah jelas pakai Smartfren dong. Assoy geboy banget, karena Smartfren kembali menghadirkan Extra Unlimited Malam Full Speed guna mendukung berbagai kegiatan positif dan penuh faedah di kala sahur saat momen Ramadhan.

Melengkapi manfaat tersebut, Smartfren juga turut menghadirkan rangkaian kegiatan bertajuk #RamadanExtraFaedah dengan memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan konten berfaedah dan menginspirasi kebaikan.

Harapannya manfaat dan inisiatif tersebut dapat mendukung generasi muda dan para kreator muda Indonesia mewujudkan Ramadhan yang lebih berfaedah, positif, serta membuka peluang bagi masyarakat sekitar.

Ramadhan Extra Faedah Bersama Smartfren

Smartfren sangat mengerti kebutuhan pelanggan setianya di bulan Ramadan kali ini, di mana sahur adalah momen paling ditunggu ketika memulai puasa.

Karena itu Smartfren memberikan Extra Unlimited Malam Full Speed untuk membuat aktivitas sahur semakin Extra dan berfaedah. Semua pelanggan Smartfren paket Unlimited dan Kuota Nonstop bisa menikmati manfaat ini setiap hari mulai jam 01.00-05.00 WIB.

Extra Unlimited Malam Full Speed ini didapatkan secara gratis, sekaligus menambah manfaat yang sudah didapatkan sebelumnya, yaitu bisa digunakan untuk internetan 24 jam di semua aplikasi, di mana saja, dan kapan saja di jaringan 100% 4G LTE.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung bukanlah halangan untuk menjalani Ramadhan dengan penuh makna. Ada banyak hal positif dan berfaedah yang bisa kita lakukan bersama dengan memanfaatkan teknologi.

Smartfren bersama Arief Muhammad dan Anya Geraldine mengajak anak-anak muda untuk menyebarkan kebaikan dengan menciptakan konten-konten berfaedah di media sosial, serta ikut mendukung kokreasi dengan seniman visual Hana Madness dan produsen fesyen lokal Koolastuffa yang mengeluarkan merchandise khusus Ramadhan berupa kemeja koko dan scarf.

Hasilnya akan disalurkan melalui Yayasan Benih Baik Indonesia dan akan digunakan untuk mendukung UMKM milik para penyandang disabilitas, memberikan peralatan pendukung penyandang disabilitas, serta mendukung pembangunan rumah baca.

Selain itu, pelanggan Smartfren juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan hadiah berlimpah melalui program Rejeki WOW Treasure Hunt. Smartfren menyediakan total hadiah hingga miliaran rupiah mulai dari bonus pulsa, smartphone, laptop, motor, tabungan ratusan juta, hingga hadiah utama berupa mobil.

NGONTEN EXTRA FAEDAH BERSAMA SMARTFREN

Masih belum cukup? Di bulan Ramadan ini, Smartfren juga mengajak pelanggan untuk semakin berfaedah dengan Ngonten Extra Faedah.

Semua memiliki kesempatan memenangkan hadiah menarik setiap minggunya, seperti Sepeda Limited Edition, Sony Playstation 5, iPhone 12, kamera mirrorless, laptop, dan masih banyak lagi. Info lengkapnya bisa dicek melalui http://www.smartfren.com/extrafaedah.

Caranya sangat mudah yaitu dengan membuat konten berfaedah, baik dalam bentuk video maupun foto, dan mengunggahnya ke media sosial dengan mention @smartfrenworld, tag dua teman, dan cantumkan tanda pagar #RamadanExtraFaedah dan #UnlimitedBisaSemua.

“Tidak perlu lagi menunggu! Ayo gunakan Smartfren Unlimited, buat konten penuh faedah, sebarkan lewat media sosialmu dan jalani Ramadan yang Extra Faedah untuk dirimu dan banyak orang lain,” tutup Djoko Tata Ibrahim. (*)

97 thoughts on “Ini Dia! Ide Artikel untuk Konten Blog atau Media Sosial Berfaedah Selama Bulan Ramadan

  1. ranirtyas86 says:

    Iih Mbak Nurul super kreatif. Aku kayaknya seperti biasa, nungguin tema ramadan dari blogger perempuan network aja πŸ˜‚πŸ˜‚ *anaknya suka nginthilan

  2. Ghina Rahma says:

    Gileee udah bikin 20 tema aja mba nurul nih. Keren.. Aku masih meraba raba. Ikutan ga yaaa. Dua kali ikut odop bpn mesti bolong mulu..

    Semoga lancar yaa nanti utk maratonnny. Kutunggu notip emailnya nanti..

  3. ysalma says:

    Kalau udah punya ide konten seperti di atas, tinggal dieksekusi pas Ramadhan ya, mba Nurul. Keren. Ibadah lancar, kebutuhan keluarga terpenuhi, ngeblog lancar jaya dengan smarfren.

  4. Iid Yanie says:

    Wah ide postingan mba Nurul selama bulan puasa boleh juga tuh ditiru, pengen deh aktif ngblog juga selama bulan puasa, yok bisa yok gak boleh males #ngomongsamadirisendiri πŸ˜€

    • Aprillia Ekasari says:

      Iya nih kyknya bakal jadi kata kunci yang banyak dicari orang ya mbak? Jadi kepengen nulis mengenai tema ini juga deh.Mayan kan nambah trafik hehe.

  5. Lidya says:

    Menu buka puasa & sahur perlu banget nih aku buat rekomendasi ide selama Ramadan yang suka kehabisan ide mau masak apa. Perlu kuota yang unlimited juga ya untuk mendukung kepentingan kita pakai smartfren ada extra unlimited malam

  6. Anita Makarame says:

    Resume tausiyah ini kayaknya seru banget nih. Biasanya ga pernah nyatet. Kalau dari youtube disambi ngerjain kerjaan rumah, kalau di masjid disambi momong. Hahaha

    Kalau ada target resume kan bisa memacu untuk betul2 fokus dengerin tausiyah ya. Ga asal sambil lalu πŸ˜πŸ‘

    • lendyagasshi says:

      Aku suka mencatat.
      Gak tau kenapa, dulu pas zaman sekolah, mau ada tugas atau enggak, hobinya ke masjid bawa buku sama penghapus, hehhee…daripada ngantuk, enaknya dengerin tausiyah sambil nyatet.

      • lendyagasshi says:

        Paling suka kalau membuat konten itu rame-rame yaah..
        Jadi bisa saling support dan dapat insight bagus. Support kak Nurul selalu untuk bikin konten seru di blognya.

  7. ranirtyas86 says:

    Ekstra unlimited malam ini bener-benar dibutuhkan saaat bulan Ramadan ya. Soalnya sekalian sahur sekalian ngonten. Smartfren bikin ramadan tambah berfaedah deh.

    • Reyne Raea / Rey says:

      Bener banget ya, di Bulan puasa ini kita butuh banyak kuota untuk dipakai saat ngabuburit juga, lumayan banget sambil ngeblog atau hal lainnya yang membutuhkan kuota internet.
      Wajib banget nih pakai yang nggak bikin kantong bolong.

  8. Aprillia Ekasari says:

    Aku gak tahu nanti bulan ramadan akan lbh rajin atau gak
    Skrng sih targetku menyelesaikan DL2 aja dulu wkwkwk
    Pengenya lbh fokus ibadah dan tobat wkwkwk
    Tapi maksih lho mbak ide2nya keren2 nih, moga aku bisa nulis satu dua di antara ide2 itu πŸ˜€

  9. Nurul Sufitri says:

    Wah, ide yang sangat kece nih, mbak Nurul πŸ™‚ Sambil berpibadah di bulan ramadan, kita tetap bisa nulis tema2 religi yang menarik dan patut disimak sama pembaca nih. Resep2 biasanya dicari emak2 wkwkwk. Biar lancar, pakai Smartfren aja ya internetan puas unlimited, mantap.

  10. Reyne Raea / Rey says:

    Kurang 10 Mbak, hehehe.
    Yang nomor 11 sudah saya tulis hari ini, kebetulan pas banget temanya mengenai bisnis.

    Meski puasa bukan berarti menulis atau bikin kontennya berhenti ya mbak ya.
    Justru harus lebih semangat agar puasanya lebih berkah.

  11. Diyanika says:

    Hadiah dari Smartfren sungguh menggiurkan, Mbak, yang hobi ngonten lanjuuuutttttttt.
    Aku ada rencana juga pengen nulis di blog yang ringan-ringan gitu, Mbak. Tapi, ini malah ada kegiatan penting juga. Jadi, kujalani saja deh, kalau bisa ya cus nulis, kalau nggak ya sudah lanjut aja. Hihihihi.

  12. Maria Soemitro says:

    biasanya saya ikut one day one postnya Blogger Perempuan atau Kompasiana

    tapi tahun ini nggak lah, fokus beresin buku yang nggak maju-maju

    #sedih

    sejak tahun lalu, stuck, terlalu banyak keinginan πŸ˜€ πŸ˜€

  13. Reyne Raea / Rey says:

    Nomor 20 menarik banget untuk dibahas Mbak, nanti mau nulis ah tentang itu. Berfaedah banget sih ih ide-ide ini pas banget ditulis di bulan puasa. terutama tema-tema tentang bagaimana mengajarkan anak tentang bulan Puasa.

    Semangat menyambut Ramadan dengan terus menulis.

    • Aprillia Ekasari says:

      Iya bener banget mpok, konten ramadanku dari tahun sebelumnya jg jd tinggi lagi trafiknya, musiman kyknya artikelnya heheh

  14. Nara says:

    sip sip sip
    emang blogger produktif banget ini, udah nyiapin tema buat bikin konten selama ramadhan.
    Produktivitasnya juga pasti makin lancar karena di dukung jaringan kuat smartfren

  15. Aprillia Ekasari says:

    Ramadhan tahun ini entah kenapa rasanya lbh semangat dari tahun baru. Semoga bisa mengisi blog dan medsos dengan konten2 yang bermanfaat juga buat pembaca πŸ˜€

    • lendyagasshi says:

      Seneng banget yaah..Meski Ramadan dan karena masa pandemi juga, jadi lebih produktif hasilkan konten yang bermanfaat.
      Semoga lancar ibadahnya dan lancar berbaginya juga…

  16. Elly Nurul says:

    MashaAllah.. baru hari pertama dan baca blog langsung dapat inspirasi buat konten selama ramadhan deh.. seneng banget bacanya dan tambah semangat buat konten saat ramadhan nih

  17. Nita Juwithafina says:

    Wah aku bookmark ah ini mbaa. bisa jadi ide blog kalau lagi buntu nih πŸ™‚ btw aku jadi kangen ngabuburin mba haha… ngayal dulu ya ngabuburitnya mbaa

  18. rikawidiastutialtair says:

    Keren mbak sudah siap ide konten yang cakep. Jadi Ramadan nya bisa tetap produktif ya. Aku juga lagi coba ikutan menulis 30 hari selama Ramadan biar lebih semngat ngeblognya

  19. Bibi Titi Teliti says:

    Duh, udah banyak bener nih ide postingnya!
    Semoga semangat ODOP nya yah mbaak, aku belum sanggup nih ODOP tuh hahaha

    Aniwey ada kakak Arief Muhammad dan Anya Geraldine yang lagi super nge-heits nih kayaknya seru deh

  20. cicidesri says:

    banyak banget idenya dan bisa mendulang view juga karena pasti dicari setiap tahun ya mba. aku paling seneng menulis ulang tausiyah yang didengarkan sambil mengingat kembali materinya mba.

  21. Kiky says:

    Mantap jiwa parah mba nurul rahma. Idenya bagus2 dan relevan abis. Bisa banget nih jadi guidee buat blogger. Thx 4 sharing keep on blogging ya mba ❀

  22. Rara Adindarara says:

    Sebenarnya memang namanya puasa atau Ramadhan itu tidak ada halangan buat membuat konten ya kadang kamu sempat bingung mau bikin konten apa apa jadinya bisanya kita cari referensi gitu

    • Rahmah Chemist says:

      Aku dong Mbak sudah ikutan nih lomba videonya
      Pas banget ajarin Salfa bacaan salat jadi bisa sekalian deh

  23. Echaimutenan says:

    Weeeh one day one post luar biasaaaaa
    Cuma emang kadang mager mau ngejalaninnya. Padahal di draft banyak, jadi pengen challenging diri sendiri bisa ga ya odop

  24. Nabila says:

    Aku juga pengen sih Mbak. Tapi mungkin lebih ke prioritas ibadah dulu. Minimal bisa khatam sekali ye kan. Hehe..

    Ntr kalo udah Syawal deh, bismillah gaspol ngonten lagi

  25. nurhilmiyah says:

    Wah semuanya asyik ya tema-temanya, kl saya suka tema Ramadan di masa kecil duhh inget kedua orang tua yang sekarang sudah tiada. Berterima kasih sekali sudah mendidik dan membiasakan anak2nya agar kuat berpuasa sampai maghrib, hiks

  26. Wahid Priyono says:

    kreatif sekali ide2 ngonten blog dan sosmed untuk ramadhan dari kak nurul di atas. dibuat artikel juga pastinya bagus dan bermanfaat.

  27. Jiah says:

    Aku kemarin rencana bikin postingan 1 ayat gitu, tapi sadar kalau ilmuku cetek. Beruntung BP ngadain challenge lagi. Jadi ikutan deh

    Btw, mau Ramadan atau gak, internet lancar itu wajib banget sih. Gak boleh ada kata tapi ini mah

  28. Rella Shaliha says:

    Ahiiww asik euy ide-idenya buat konten selama Ramadhan. Aslinya banyak juga ya challenge menulis selama Ramadhan tuh, tapi naha akunya mager baeee…

    Eh bener, kelancaran menulis itu sangat sangat ditunjang sama koneksi internet lancar. Pernah beberapa kali providerku ngadat, aku tantrum, hahaha

  29. Rani Retnosari Mantriana says:

    Ya ampun lengkap banget idenya mbak.. Keren kreatif banget! Bisa menginspirasi yang lain juga nih kalo udah bingung mau posting apa pas Ramadan gini. Semoga Ramadan kita dilancarkan dan bisa sampai di hari raya nanti, aamiin

  30. Shafira Adlina says:

    Masya Allah bunda satu ini ga kehabisan ide untuk konten ya, aku juga bulan ramadan ini mau tetap nulis dan bikin konten ig. walaupun belum daily 30 hari wkwk. terima kasih idenya ya bun

  31. lendyagasshi says:

    Idenya seger kak Nurul…
    Bisa banget bikin ide 20 tulisan. MashaAllah~
    Semoga selalu sehat dan pastinya tetap memberikan konten positif yang menginspirasi begini bersama Smarfren.

  32. niaharyanto says:

    Wah keren nih ide-ide nulisnya. Huhu aku masih payah nih nulis rutinnya. Apalagi kalo udah bentrok sama kerjaan yang lagi banyak. Kudu belajar banyak nih sama Mbak Nurul. Eh btw, kepengen nih ikutan Ngonten Extra Faedah. ceki-ceki ke tekape dulu aaah…

  33. Auda Zaschkya says:

    Ternyata memang banyak sekali ide tulisan. Tapi masalahnya, aku banyak malasnya hihi.. Baiklah, akan dicoba lebih rajin lagi.

  34. Dian says:

    pake smartfren Unlimited jelas bikin kita bisa ikutan odop ya mbak
    joss buat menemani bikin artikel selama Ramadhan
    ramadan jadi tetap prody

  35. Riana Dewie says:

    Saya juga suka baca menu resep pas buka atau sahur gitu.Lumayan banyak dan menginspirasi untuk menu di rumah juga, biar ga bosenin hehe

  36. Siska Dwyta says:

    Yap sebenarnya di bulan Ramadan ini ada banyak ya ide konten yang dijadikan bahan buat nulis seperti 20 ide yang sudah Mbak tuliskan di atas. Tinggal eksekusinya aja nih apalagi ngontennya didukung dengan smartfren

  37. Sugi Siswiyanti says:

    Wah, saya juga sudah bikin 30 content planning untuk Ramadan kemarin,Mbak. Tapi yang terealisasi hanya setengahnya. Lagi-lagi kurang canggih memanajemen waktu. Jadinya, rencana konten full 30 hari utopia belaka. huhuhu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s