Bersama Kemenkominfo, Smartfren Lakukan Trial Test Jaringan 5G

Yuhuu, apakah teman-teman menantikan beroperasinya jaringan 5G? Nah, saya ada info menarik, nih. Provider keren Smartfren, melakukan trial test jaringan 5G di Indonesia. Trial test ini berlangsung pada Kamis (17/6/2021) bertempat di Smartfren Gallery Sabang, Smartfren melakukan trial test jaringan 5G mereka untuk kedua kalinya.

Sebelumnya, trial test jaringan 5G Smartfren telah dilakukan pada 2019 lalu. Kali ini bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo), Smartfren kembali mencoba jaringan 5G mereka yang semakin matang.

Uji coba teknologi 5G ini ditujukan untuk memperlihatkan kinerja dan kemampuan teknologi telekomunikasi terbaru. Beberapa hal yang dilakukan pada uji coba kali ini memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat, seperti penggunaan 5G pada Modem WiFi (MiFi), serta pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR).

Mulyadi, ST., MT.,  Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo dalam pembukaan acara 5G Trial Kominfo bersama Smartfren di Galeri Smartfren Jakarta, Kamis (17/6/2021), mengatakan, “Hasil uji coba ini tentu saja kita tunggu bersama, karena kita ingin melihat seberapa efektif penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G sehingga kita bisa me-review merencanakan kembali bagaimana pita frekuensi tinggi ini digunakan untuk layanan 5G di masa depan. Di samping untuk melihat efektivitas penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G, pemerintah juga berharap uji coba ini dapat dilaksanakan untuk mendorong inisiatif ekosistem baru, use case baru, atau aplikasi layanan baru yang bisa digunakan di layanan 5G.”

Merza Fachys, President Director Smartfren mengatakan, “Kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Setelah sebelumnya kami sukses memperlihatkan skenario 5G untuk industri, kali ini kami ingin memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. Semoga pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar.”

Uji coba 5G tahap kedua ini turut didukung oleh ZTE dan Qualcomm. Dalam pengujian yang diselenggarakan di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta Pusat, berhasil memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE), seperti modem dan MiFi 5G.

Dalam pengujian 5G tahap kedua ini, skenario yang diujikan adalah menggunakan MiFi dan menghubungkannya ke headset VR dan AR. Kemudian pada headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streaming game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu.

Shurish Subbramaniam, Chief Technology Officer Smartfren mengatakan, “Smartfren slalu mengedepankan pengalaman terbaik pelanggan di dalam setiap inisiatif yang dilakukan. Guna mendukung semua skenario penggunaan 5G yang mewujudkan kecepatan, keamanan, dan koneksi berlatensi rendah sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan perusahaan, Smartfren telah menunjukkan kemampuan infrastruktur end-to-end dalam 5G kami. Smartfren juga telah meletakkan pondasi 5G di seluruh negeri, dengan memanfaatkan inti berbasis teknologi cloud, transportasi yang ditentukan oleh piranti lunak. Radio akan diaktifkan sesuai kebutuhan band dan spektrum. Setiap uji skenario yang ditunjukkan di sini menunjukkan kemampuan smartfren untuk memenuhi semua skenario penggunaan 5G termasuk koneksi data berkecepatan tinggi, pendidikan cerdik melalui VR, perjalanan virtual, pemantauan jarak jauh untuk Industri, dan banyak lagi.”

Warren Huang, Chief Marketing Officer, ZTE Indonesia mengatakan, “Kami percaya bahwa 5G mampu menciptakan inovasi dan mendorong pengembangan yang lebih baik di berbagai perangkat dan teknologi. Kami sangat senang dapat mendukung Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bekerja sama dengan Smarftren dalam uji coba 5G untuk memberikan gambaran tentang manfaat 5G. Kedepannya, kami akan terus bekerja sama dengan Smartfren untuk membawa kemampuan terbaik kami dalam meningkatkan manfaat 5G untuk kehidupan kita.”

Shannedy Ong, Managing Director Qualcomm Indonesia menambahkan, “Qualcomm menyambut baik kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Smartfren dalam mendukung Indonesia mencapai Industri 4.0, di mana 5G memainkan peran penting dalam industri dan pengalaman konsumen. Kami sangat berkomitmen dalam mendukung Indonesia untuk meningkatkan berbagai inovasi 5G serta mendapatkan bermacam-macam manfaatnya.”

Sebelumnya di medio 2019, Smartfren telah sukses melakukan pengujian 5G menggunakan frekuensi 28 GHz di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Marunda, Jawa Barat. Pengujian tersebut memperlihatkan kecepatan 5G tembus sampai 8,7 Gbps di perangkat pemakai. Adapun pengujian tersebut diselenggarakan dengan skenario penggunaan 5G sebagai pengendalian jalur logistik pengiriman barang serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di restricted area dengan teknik virtual reality (VR) serta drone.

Seluruh rangkaian acara 5G Trial Kominfo bersama Smartfren dapat juga dilihat kembali melalui link atau dengan mengunjungi akun YouTube resmi Smartfrenworld. (*)

Published by @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

45 thoughts on “Bersama Kemenkominfo, Smartfren Lakukan Trial Test Jaringan 5G

  1. Keren ya Smartfren … sudah siap nih peralatannya untuk menyongsong 5G berarti ya, Smartfren yang digandeng Kemenkominfo untuk trial jaringan 5G.

  2. Kalau 5G ini sudah launch, berarti yang 4G-nya enggak bisa dipakai lagi ya Mbak? Saya terus terang kurang paham. Kalau baca-baca penggunaan 5G ini juga masih khusus ya katanya?
    Apapun yang penting bisa menjangkau semua pelosok Indonesia ya mudah-mudahan. Apalagi dengan kondisi yang mengharuskan kegiatan belajar dan bekerja secara online. Karena kasihan pastinya untuk masyarakat yang enggak terjangkau jaringan internet

  3. Dari jama saya kuliah di 2012 sudah mencoba teknologi jaringan smaryfren, saat itu masih 4g. Namun kala itu, smartfren satu-satunya operator jaringan cdma dengan berbagai inovasi dan penyedia internet super murah. Karena inovasi, dan fitur yang disediakan selalu nomor wahid, menjadikan smartfren makin eksis sampai saat ini.

  4. Nggak nyangka, Smartfren udah 5G aja ya. Kapan-kapan saya nyoba jaringan deh di tempat saya.

  5. Wiiiii, satu per satu provide melaunching jaringan internet 5G. Asik banget ya, makin kenceng nanti kita ngenetnya, dan makin canggih juga teknologinya.

    Selamat untuk Smartfren yang sudah mengujicobakan teknologi terbaru ini.

  6. wah keren Smartfren udah uji coba 5 G

    kemarin saya pakai provider Smartfren untuk nomor HP ke-2

    Gak sabar 5 G beneran hadir dan saya bisa berselancar dengan wes…wes …wes 😀

  7. Aku baru tau ada yang 5G gini
    Selama ini taunya 4G aja
    Jadi, apakah ini akan menjangkau seluruh pelosok negeri? Khan mantap tuh kalau internet dimana-mana bisa diakses dengan cepat
    Ditunggu gebrakannya ya

    1. Satu demi satu provider di Tanah Air sudah mengumumkan kesiapannya untuk melaunching 5G ya. Keren banget. Saya masih ingat pas meliput APEC Bali 2013, di sana pertama kali Kominfo bilang Indonesia harus siap untuk teknologi 5G, sebab pada tahun tersebut teknologi ini sudah dipakai di negara-negara Barat dan Eropa. Walau pun di Indonesia terbilang terlambat, sebab baru dilaunching sekarang, tapi seenggaknya membuktikan kesungguhan negara kita menyerap kemajuan teknologi di sektor telekomunikasi. Selamat kepada Smartfren.

  8. Smartfren bakalan jadi operator seluler yang pertama dong yang menjajal jaringan 5G, keren! Bisa mencapai kecepatan sampai 1,8 Gbps untuk penggunaan berbagai perangkat itu bakalan menunjang produktivitas masyarakat modern. Ya kerja, ya streaming film, ya upload Youtube, wah wah bakalan wus wus wus! Good job, SF dan Kemenkominfo!

  9. udh lama lho smartfren siapin jaringan 5G, moga bisa segera eksekusi n bisa aku nikmati, ga sabar nunggu 5G smartfren di Jogja biar internetanku makin kenceung

  10. Wow, smartfren makin canggih aja tau2 udah ada 5G nya. Jadi yang 4G nya gimana tuh mbak? Bisa diupgrade atau ga? Ganti baru kah? Semoga jaringan internet smartfren sampai ke daerah2 pelosok juga ya penggunaan 5G pada Modem WiFi (MiFi), pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR). Jadi kepengen nih 😀

  11. Weih, mantap betul Smartfren sudah siap sedia dengan 5G. Sekarang memang eranya cepet-cepetan siap dalam IT, ya.

    1. Iya ya Mas, ternyata sekarang udah mau 5G aja. Saya pun ngerasa kayaknya baru beberapa tahun benar-benar merasakan pakai 4G.

  12. sudah mulai beralih ke 5G nih perlahan-lahan ya, apalagi di kondisi sekarang yang emang bukan rasanya lagi, tapi emang butuh yang lebih cepet agar lebih lancar. semoga nantinya akan melingkupi seluruh bagian di Indonesia aksesnya Smartfren ini

  13. Wah musti siap nih dengan perangkat 5G. Teknologi memang mengajak kita untuk terus berubah, mengikuti kebutuhan, kecepatan dan ketepatan. Bisnis telekomunikasi ga akan ada matinya.

  14. Sekarang jaringan sudah 5G pasti berselancar di dunia Maya lebih keren dan seru banget, jaringan internet terus berkembang Kita mah ikut aja yuukk

  15. Wah keren banget bakal ada 5G, semoga bisa segera terwujud agar internetan lebih cepat. Pemerintah pun terus mensuport agar terus berkembang dan bisa diwujudkan.

  16. Ngweriiii booo kecepatannya bisa sampai 8,7Gbps gitu. Kebayang deh kalau semua perangkat sudah mendukung 5G, bakalan makin melesat nih perkembangan teknologi. Semua pun makin dimudahkan ketika membutuhkan koneksi cepat.

  17. Wah ternyata udah mau 5 G lagi. Keren deh Smartfren. Semakin ke sini perkembangan teknologi makin pesat, ya. Moga aja sinyalnya juga lancar terutama buat yang ada di daerah.

  18. Luar biasa kecepatan yang dihasilkan oleh 5G. Dulu saya sering menimpikan apakah kecepatan donlot di dunia film Hollywood bisa direalisasi di Indonesia.
    Kapan ada uji trial test lagi, nih?

  19. era digital seperti ini memang sangat butuh jaringan internet yang mumpuni ya mbak
    klo sudah 5G, asli jaringan Smartfren bakal makin kenceng, pas buat nonton drakor, hehe

  20. Dulu awal-awal era 4G, antusias banget ya mbak. Penasaran sama teknologi internet dengan kecepatan kenceng. Eh gk berasa. Sekarang malah udah 5G aja

  21. Semoga perjuangan kemenkominfo ini berjalan lancar dengan menggaet banyak provider untuk meningkatkan layanan bagi para pelanggannya. Ini ide bagus tapi coba dong untuk sinyal2 di desa lebih diperhatikan lagi, karena yang 4G ini mulai lelet di tempat saya..

  22. Duh udah lima G aja. Saya tertinggal banget secara yang empat G aja belum pakai. Semoga saja kedepannya bisa merata biar kami yg di kampung begini bisa menjangkau dan menggunakannya juga …

  23. Wah jadi sebelumnya Smartfren sudah pernah uji coba pertama kali jaringan 5G ini di tahun 2019 ya . Dan sekarang makin mantap. Keren sih kecepata jaringan 5G nya tembus sampai 8,7 Gbps di perangkat pemakai. Ga kebayang kalau download file bisa wuswus dan ngezoom ga ngelag 🙂 Ga sabar segera hadir di Indonesia.

  24. Dari dulu smartfren selalu Inovatif jaman CDMA, belum ada yg menggunakan teknologi 4g, nih smartfren udah maju duluan, murah lagi. eh sekarang tau-tau sudah menggunakan teknologi 5g. hebat benerrr

  25. Langsung sambut dengan hangat nih jaringan 5G. Kebayang bakal cepatnya akses internet kita, dengan jaringan ini. Sehingga pekerjaan pun juga makin gercep.

  26. Keren nih Smartfren. Sudah siap tempur untuk menghadapi kemajuan jaman dengan 5G, bahkan sudah bergandengan pula dengan Kemkominfo. Mantap.

  27. Smartfren sudah menggebrak pasar 5G dan melakukan serangkaian ujicoba, nih. Keren. Setelah dunia industri sukses sekarang melangkah lebih lanjut ke yang lebih luas.
    Yah, salah satu yang dikeluhkan oleh para gamer memang latensi saat melakukan permainan, sih. Koneksi 5G akan sangat mendukung mereka. Eh, kok malah ke game ya. Hehehe.

  28. Saatnya beralih ke jaringan 5G yang lebih mumpuni. Salut setinggi-tingginya buat Smartfren yang menjadi pionir dalam jaringan 5G dengan jangkauan layanan yang makin luas dan andal. Drakoran makin asyik neh, nonton di Netflix pun gegas,,,

  29. Smartfren semakin keren euuii…pelopor jaringan 5G di Indonesia.
    Semoga internet semakin cepat dan harganya bisa terjangkau siapa saja sehingga mudah mengakses media-media pembelajaran untuk anak-anak sekolah online.

  30. Inovasi di bidang teknologi telekomunikasi benar-benar berkembang sangat pesat ya. Pastinya untuk manfaat yang lebih besar untuk kita semua. Saya menunggu jaringannya merata sampai perkampungan juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: