Ibu adalah Garda Terdepan Jaga Kesehatan Keluarga di Bulan Ramadan

Sudah banyak cerita pedih yang saya dengar dari teman-teman, seputar dampak pandemi corona terhadap Kesehatan maupun kondisi finansial mereka. Pendapatan berkurang drastis. Bahkan tidak sedikit kepala keluarga yang mengalami PHK. Banting setir ke dunia usaha, eh, kondisi ekonomi lesu. Greget banget menghadapi aneka tantangan gegara virus tak kasat mata ini.

Akan tetapi, apapun itu…. Tugas manusia adalah mencoba, beradaptasi dan come back stronger walaupun dihantam badai kanan kiri atas bawah depan belakang. Yang jelas, butuh kepiawaian dari sosok Ibunda, untuk bisa menjadi pahlawan keluarga, yang berjibaku menyelamatkan sekoci bernama “keluarga” ini. Ya udah lah, mau gimana lagi. Nggak ada yang menyangka kalau pandemi bakal berlangsung dalam durasi yang LAMA BANGET. Plus menimbulkan multiplier effect se-dahsyat ini.

Yang jelas, Begini Tips Hemat  yang saya terapkan Saat Ramadan, termasuk tatkala badai Pandemi menghantam kita semua. tetap berhemat namun bisa menyajikan menu bergizi untuk menjaga kesehatan keluarga ya.

Mari kita fokus aja, melakukan apa yang kita bisa. Ini hal-hal yang (mungkin tampak) sederhana yang bisa kita lakoni, supaya budget kehidupan dan cashflow aman jaya terkendali.

(1). Tentukan MENU yang sekiranya mau dihidangkan sepekan sekali

Variasi Menu buat keluarga itu lumayan penting. Anak (pada umumnya) bakal mengeluh bosan kalo menu yang tersaji itu-itu melulu setiap hari. Anak saya, Sidqi demen banget chicken nugget. Tapi, kalo 5 hari full kudu sahur dan buka puasa dengan menu chicken nugget melulu, so pasti doi bosyaaaann.

Maka dari itu, saya bikin variasi menu plus estimasi harganya, at least untuk sepekan. Btw, menu-menu ini TIDAK HARUS masak sendiri lho ya…. karena kalo dihitung-hitung, terkadang beli di luar itu lebih hemat lho. Kok bisa?

(2). Jajan di luar (kadang) lebih hemat

Yap. Harus saya akui, kami lebih sering beli/jajan takeaway karena setelah dihitung-hitung, jatuhnya lebih hemat. Kami di rumah kan cuma ber-4. Kadang pengin makan botok jamur. bayangin kalau bikin dewe, betapa ribetnya 😀  Kudu beli daun pisang, jamur, bumbu2nya, ngolahnya, gasnya, cuci perangkat masak…. dan itu semua TIDAK MENJAMIN MASAKAN BERHASIL wkwkwkwkw.

Untunglah, dekat rumah ada yang jualan botok jamur, only 2 ribu ajah per porsi gaes. Jadi, buat 4 orang cuma habis 8 ribu 😀

Mursida alias murah banget, kan?

(3). Sesekali Mau makan enak? Pelototin promo online food

Thanks to aplikasi delivery online! Promonya buanyaaaakk dan kalo mau itung-itungan secara jeli bin mendetail, jatuhnya muraaahh banget 😀 Saya pernah beli Martabak Telor + Terang Bulan topping Keju ukuran Large cuma 30 ribu saja. Itu kenyaaanggg banget lah buat orang serumah!

Makanan ayam goreng, lauk endolita lainnya kayak Sapo Tahu Oriental juga pernah beli cuman 10K aja. Ya tipsnya rajin2 pantengin promo dah.

(4). Atur menu dengan bijak ya Buibu!

Misalnya gini. Kapan hari itu saya beli bebek goreng palupi (jumbo size) dengan harga 21K. Bebek ini, saya suwir, trus saya bagi untuk porsi 3 kali makan. Wahhh, irit banget Mak? Tenaaang! Bukan berarti saya kasih lauk minimalis buat Sidqi. Tapi, saya combine dengan lauk lain yang lebih murah 😀 Bisa tahu goreng, atau abon yang ditabur di atas nasi hangat nan punel.

Tujuannya apa? Supaya Sidqi bisa merasakan “sensasi makan enak dgn bebek goreng selama sahur dan buka puasa. Kalo tuh bebek langsung dihabisin dalam sekali makan, justru sayang kan…. Sensasinya cuma dirasakan sekali doang 😀

Oh iya, jangan lupa bahwa nasi dan lauk sisa bisa banget di-recycle 😀 Jangan sampai dibuang dong ya, ntar bakal feeling guilty lho.

(5). Ajak anak untuk ikut merancang Menu

Ini juga sebagai metode pendidikan manajemen dan financial buat anak. Ajak dia untuk ikut memutuskan, kita mau makan apa hari ini, besok, lusa? Trus ajak juga buat menghitung alokasi budget. Ini tentu menyesuaikan umur, ya Buibu… Kalau masih TK ya dikasih pengertian secara sederhana. Tapi kalau udah SD kelas atas, atau SMP, ya gapapa, kita tuturkan bahwa Hidup makin ke sini kian challenging. Sehingga dibutuhkan kecerdasan dan ketangkasan agar bisa survive!

***

Mengatur pola makan dengan baik adalah cara efektif untuk menjaga Kesehatan tubuh/jiwa maupun Kesehatan finansial kita. Karena bagaimanapun juga, sakit itu enggak enak! Apalagi, yang Namanya penyakit jaman now kan serem serem yak. Mana biaya treatment medisnya juga lumayan bikin garuk-garuk tembok.

Itulah mengapa penting banget ibu yang bijak, kudu concern soal proteksi. Yap, Asuransi itu Penting pakai banget! Karena Perempuan adalah Pahlawan Keluarga, maka kita kudu pastikan seluruh elemen keluarga merasa bahwa #SehatmuTerlindungi

Alhamdulillah, ada Asuransi Kesehatan Rawat Jalan yang bisa kita andalkan.

Garda Oto adalah Asuransi Astra yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Salah satu produk asuransinya adalah Asuransi Astra Garda Healthtech. Ini merupakan polis asuransi kesehatan rawat jalan yang bekerjasama dengan aplikasi Halodoc. Jadi sangat memudahkan nasabah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan secara online.

Pastikan sehatmu terlindungi dengan jaminan konsultasi online & tatap muka dengan dokter umum/spesialis serta pembelian obat yang diresepkan.

Banyak banget kelebihan yang ditawarkan oleh Garda Healthtech:

All Round Protection

Dapatkan jaminan konsultasi online dan dapat dilanjutkan dengan tatap muka

Proses Mudah

Pendaftaran dan pembelian online melalui smartphone

Harga Terjangkau

Mulai dari Rp500 ribu/tahun

Asuransi Rawat Jalan Cashless

Tak perlu ribet mempersiapkan uang tunai. Nasbah cukup membayar menggunakan transfer antar bank melalui smartphone! Mudah dan praktis banget, kan?

Langkah mudah pembelian Asuransi Garda Healthtech  

1. Masuk melalui website https://www.gardaoto.com/garda-healthtech/product-info Kemudian klik tombol “Beli Sekarang”.

2. Isi informasi data diri

3. Tersedia sejumlah paket perlindungan, silakan pilih

– paket Garda Healthtech sesuai kebutuhan

– paket Fit, Classy atau Ultima

4. Pilih pembayaran

Tersedia beberapa pilihan pembayaran, mulai dari AstraPay, Kartu Kredit, Bank Transfer dan ATM Bersama.

5. Polis berhasil diaktifkan

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

70 thoughts on “Ibu adalah Garda Terdepan Jaga Kesehatan Keluarga di Bulan Ramadan”

  1. wow, menarik banget tipsnya bunnd. bener sih, makan enak juga bisa hemat dg pantengin promo. xixiix
    bener2 ya jd ibu itu superhero bangeeeet! apalagi di bulan puasa ini, capeknya, lelahnya, segala rasa kudu dijalani ikhlas. Idelanya memang kita mesti melek dengan asuransi agar ibu-ibu pahlawan keluarga bisa terlindungi dengan maskimal.

  2. Kalo udah pening mikirin menu dengan kemampuan masakku yang terbatas
    Nyari promo udah menjadi solusi paling tepat sih, yang penting tetep ada sayur aja sih biar tetep seimbang gizinya hehe

  3. Wah, memang deh anak-anakku suka ikutan pilih menu apa yang mau disajikan 🙂 Kalau dimasakin menu favorit biasanya ga lama langsung ludes. Sebagai ibu, usahakan anggota keluarga memperoleh gizi seimbang setiap harinya. Proteksi kesehatan bisa dimulai dari makanan dan minuman ppilihan kita. Sama dengan Garda Oto dariri Asuransi Astra yang memudahkan nasabahnya memperoleh layanan kesehatan secara online 🙂

  4. Hihi… saya juga kadang kalau masih ada ayam goreng 3 potong, ayamnya di suwir-suwir. Terus rebus air, kasih bumbu soto instan. Rebus bihun dan iris daun seledri, jadi soto deh. Dimakan berlima cukup bahkan masih ada sisanya, coba kalau 3 potong itu buat berlima, yang ada anaknya doang yang makan. Emak bapaknya lauk tahu tempe aja

  5. Mbaaaak … aku ketawa banyak tips hematmu. Samaan kitaaaa! Aku juga hitungan-hitungan gitu. Apalagi kalau beli lauk di warung padang. Besoknya kuahnya ganti isian. Tadinya ayam, besok ganti tahu atau telur rebus >.< Pokoknya makan enak tapi tetep hemat itu penting!

    Btw, di Garda Oto ada asuransi jiwa juga nggak ya?

  6. Iya betul sekali, kadang beli makanan di luar itu malah jauh lebih hemat, mbk.
    Aku setuju dengan tips menanyakan menu pada anak. Tujuannya biar ngga mubazir ya kalau2 anak2 ngga doyan atau bosan dengan masakan emaknya. Kalau emaknya aah makan selalu belakangan nunggu yg lain pada selesai hihii

  7. Sama, Mbak..di rumah aku cuma berempat, kadang kalau lauk tertentu lebih hemat dan praktis beli, ya pilih beli hihihi..Simpel saja, asal tetap utamakan kesehatan keluarga. Dan setuju sebagai ibu yang bijak, dan garda terdepan kesehatan keluarga memang mesti concern soal ini termasuk proteksi yaitu asuransi

  8. Gak tahu deh harus ngomong apa, soalnya ibu itu multi peran, dan saya terus berdoa semoga ibu-ibu yang udah merawat anaknya sampai besar/dewasa tetap dipanjangkan umurnya. Ibu adalah madrasah juga bagi anak dan keluarga.

  9. Setuju Mbak Nurul
    Gizi keluarga sangat ditentukan oleh perempuan
    Apakah gizi mereka cukup atau malah malnutrisi
    Termasuk asuransi , proteksi keuangan keluarga saat ada anggota keluarga yang sakit, kecelakaan atau kematian
    Perempuan harus berperan

  10. Yup, betul. Sehat itu anugerah terindah. Sehat yang terlindungi adalah ikhtiar kita sebagai manusia. Melindungi kesehatan kita dengan asuransi adalah solusi cerdas. Apalagi kalau asuransi yang diikuti adalah Asuransi Astra Garda Healthtech yang memberikan keamanan, kenyamanan dan keuntungan berlimpah.

  11. Aku itu mah mba. Kalau beli suka makanan online aja kadang ga sempet masak dan kalau beli karena banyak promo jadi jatohnya sama murahnya dengan masak. Ya mendinh beli aja hihihi.

    Oh ya mba asuransi astra ini satu perusahaankah dengan perusahaan astra honda gitu? Soalnya namanya sama

    1. Aku juga suka beli makanan online. Promo-promonya itu loh sungguh meringankan, yang kalau dihitung-hitung jatuhnya malah lebih murah daripada masak sendiri. Padahal kadang-kadang lokasinya cuma di depan kompleks. Sampai pernah abang kurirnya jalan kaki aja dari warung sate ke rumahku. Lengkap dengan cengar-cengir … saking deketnya. Hihi….

  12. Dengar nasi hangat ditaburi abon kok rasanya menggoda sekali ya Mbak. hehehe Setuju sekali, peranan ibu di rumah sungguh penting. Terutama untuk masalah kesehatan keluarga, baik kesehatan fisik, mental, maupun finansial. Semangat untuk para Ibu.

  13. Ibu ibu di larang sakti deh ya palagi saat bulan ramadan 🙂 Meski di rumah saja, tetep penting buat ibu punya asuransi, just in case. Mengalihkan risiko lebih bijak daripada tidak merencanakan sama sekali.

  14. Betul mbak, kadang sesekali ngerasa beli lauk jadi lebih murah. Aku biasanya kalo buka berdua sama Aqla pilih beli. Lumayan banget 20ribu disini sudah dapet sayur 2 macam dan lauk.
    Penting banget punya asuransi, istilahnya itu sedia payung sebelum hujan ya mbak.

  15. Pandemi memang berpengaruh banget dengan keuangan banyak keluarga. Tapi bukan berarti para ibu gak bisa menyajikan menu yg sehat bergizi seimbang dg harga yg terjangkau untuk keluarga ya. Begitupun dg mengatur keuangan untuk bisa membeli asuransi, sebagai proteksi diri untuk keluarga, khususnya anak2. Sehat selalu ya, Mba dan keluarga. BTW ini komen gak bisa pake akun google ya, mba, haha… Jadi pake akun twitter deh.

  16. Setuju mom, kita ibu menjadi garda terdepan dalam bulan ramadhan. Kalau masak setiap hari di rumah terkadang bosen ya dan kitanya yang masak juga bosen,hiks.Perlu penyegaran juga. Beberapa kali pesan Go food, ternyata banyak promo dan jatuhnya lebih murah harganya kok

  17. Iya, ibu emang harus jadi garda terdepan kalau ada yang sakit. Ini repot banget sih emang. Sempet ngerasain pusingnya pas semuanya sakit waktu pandemik kemarin.

    Semoga sehat selalu ya..

  18. menu sehat ala ibu bijak dan sedikit hemat serta smart
    aku juga memanfaatkan lauk kok jeng Nurul, aku punya wadah wadah transparan yang isinya kayak ayam suwir sisa dikit, abon cakalang, dll

    emang kudu gitu kan, biar bisa makan enak terus

  19. yang jelas sih kalo beli menu buat puasa itu gak berlebihan cukup2 buat sahur dan berbuka, praktis sih..tapi gak bisa nambah kalo habis..hehehe

  20. Benar banget mbak
    Ibu adalah penjaga kesehatan keluarga
    Makanya ibu selalu meyiapkan makanan dgn gizi seimbang dan ikut asuransi kesehatan

  21. Bener banget, di bulan-bulan biasa aja, ibu sangat berperan besar dalam menjaga kesehatan keluarga. Apalagi di bulan puasa, terlebih di masa pandemi kayak sekarang. Aku sendiri hati-hati banget nih. Terutama dalam hal ngasih nutrisi ke anak-anakku. Biar imunnya bagus. Sayang banget deh kalo akhirnya bulan luar biasa ini tidak maksimal hanya karena sakit. Semangat, para ibu!

  22. Bener banget sih, di masa apapun, ibu selalu jadi garda terdepan saat di rumah. Makanya kesehatan ibu sangat penting, karena kalau ibu sehat, seluruh anggota keluarga juga jauh lebih sehat.

  23. Ngomongin soal JAJAN bisa lebih hemat tuh bener banget Nur. Apalagi buat diriku yang banci dapur dan minim ilmu soal olahan bahan masakan. Aku kadang ngakalin gini. Beli nih capcay, terus minta mereka nambahin kuahnya. Nah di rumah aku tambahin lagi capcay yang sudah dibeli dengan stok tahu yang ada di rumah. Dan jadilah capcay ini bisa dimakan 2 kali dalam sehari dan cukup untuk kami berempat. Pokoknya diakali wes hahahaha.

  24. Bener juga ya, kadang beli itu lebih hemat hahaha. Kalau pakai asuransi kesehatan Astra ini juga bisa lebih hemat dalam biaya kesehatan, Preminya lumayan murah, tuh.

  25. Nah klo perlaukan di warung atau resto sekitar rumahku kok ya lumayan harganya mba, kadang malah ku itung2 lebih hemat klo aku bikin lauk sendiri gitu deh, tp memang wajib disiapkan atau food preparation buat sekitar 1 minggu gt juga supaya belanjanya bs lebih hemat dan bs padu padan menu. Klo keseringan beli atau ngegofood pas kayak klo aku keluar kota, jatohnya jadi boros hehehe. Intiny emang Ibu nih ya yg harus siap siaga jaga urusan perut dan percuanan

  26. wah baca botok jamur jadi pengen diriku, mbak. sayang nih di sini nggak ada yang jual. aku juga kadang kalau lagi malas ribet beli aja menu berbuka kayak sayur dan lauknya. apalagi kadang pulang kerja juga sudah mepet banget waktunya ya nggak sempat masak akhinya jalan ke luar makannya. hehe

  27. Anakku makannya pilihan menunya itu-itu aja, kak Nurul..
    Jadi muternya itu lagi, itu lagi..
    Sesekali makan di luar ini bener banget, hehehe…dengan pesen, Ibu gak perlu repot, tapi tetap mencukupi kebutuhan nutrisi ananda, apalagi saat shaum Ramadan.

  28. Setuju bangeet ini, ibu itu adalah garda terdepannya keluarga palagi dalam menjaga kesehatan anggota keluarganya. Jujur sih, aku semenjak pandemi agak lebih bawel banget, mulai dari kebiasaan sehari-hari, makanan, kegiatan, vitamin yang dikonsumsi setiap hari. Biar gak terlalu parno banget, belum lama ini pun akhirnya aku memberikan mereka proteksi diri mak, sebagai hadiah untuk keluargaku.

  29. Kami baru sekali nih jajan buat buka di luar. Tahun ini kyknya lbh banyak masak sendiri, yang simple2 aja tp gak direncanakan, tingal lihat bahan apa yang ada di kulkas wkwk
    Eh itu seriusan premi asuransi 500 rb per tahun mbak?

  30. Memang masa-masa pandemi ini kita harus pintar-pintar mengelola keuangan ya Mak termasuk menyiapkan proteksi untuk keluarga seperti asuransi…semoga situasi segera membaik aamiin…

  31. Urusan makan dan kesehatan, Mamak tuh kayanya paling pintar ya! Makan enak dan jajan sesekali tuh gak papa. Buat kita istirahat juga kan. Terus jangan lupa soal asuransi biar makin tenang

  32. Benar banget menjadi Ibu adalah menjaga kesehatan keluarganya dengan menyiapkan menu yang sehat selama di bulan Ramadhan ini. Perlu banget untuk merancang menu keluarga..

  33. Wah bener mbak, aku juga kadang kalai udah mentok akhirnya beli jadi aja, apalagi menunya disukai anak dan lagi promo pula, double seneng jadinya hihi
    Yap sepakat banget mbak, ibulah sumber segala kebaikan dan kesehatan di rumah. Makanya ibu kudu sehat lahir batin agar bisa melindungi seluruh keluarga.

  34. Seorang ibu tuh bisa dipastikan hampir selalu jadi garda terdepan keluarganya dalam banyak hal. Mulai dari perencanaan menu makan keluarga, hingga penentuan proteksi keluarga. Harus menimbang-nimbang berbagai hal sebelum membuat keputusan ye kaaann..

  35. Sakit itu nggak enak, bener banget.. bukan hanya soal ibu yang jadi powerless saat sakit, tapi ibu harus punya perlindungan diri sebagai antisipasi, tahu lah ya gimana beban jadi ibu tuh banyak banget.

  36. Ada pepatah ibu jangan sampai sakit. Memang banyak peran penting yang dilakukan ibu, belum bisa tergantikan oleh yang lain.
    Jadi ingat ibu saya sendiri nih

  37. Iya yah, kalau masak jauh lebih repot daripada beli mana hemat pula.
    Bayangin kalau masak, belum siapin bumbu2nya belum peralatannya. Habis masak, sudah capek sementara peralatan masak harus segera dibereskan. Duuuh, repot banget deh.
    Maka beli makanan jadi solusinya, hemat duitnya hemat pula tenaganya.

  38. setuju nih Mbak, kadang emang *eh apa sering sih ya, jajan di luar itu emang lebih hemat, tapi kalau tiap hari jajan juga sih ya menjerit juga ya apalagi kalau pas dapat yang harganya mehong hihih
    sehat itu emang mahal sih ya, makanya saat diberi sehat kita harus mensyukuri karena ketika sakit kita baru sadar akan maha pentingnya sebuah kesehatan.
    harus bisa proteksi diri juga ya dengan cara menyiapkan asuransi 🙂

  39. Saya yang termasuk jarang mantengin makanan di aplikasi food, karena harus rajin itu. haha. Btw benar ibu adalah garda terdepan dan penting menyiapkan investasi kesehatan untuk berjaga-jaga dan healthtech satu yang memudahkan

  40. Pas nih, tips hematnya berguna banget mba. Masa pandemi belum kelar kayak gini emang kudu hemat ya kan, karena penyakit skrg macam2 deh, emang yg paling bener tuh harus punya asuransi kesehatan biar gak boncos di kemudian hari

  41. Bener banget, mbak. Seorang ibu adalah Garda terdepan untuk keluarga. Mulai dari memilih menu untuk keluarga, menyiapkan segala vitamin dan obat, sampai harus memilih asuransi kesehatan yang tepat.
    Karena kondisi sekarang harus punya asuransi kesehatan, itu sangat penting.

  42. karena ramadan ini aku hamil besar jadi aku ngandelin banget food prep dan meal plan mingguannya mba, jadi pas sahur tinggal srang sreng aja hehe.

  43. Setuju banget. Ibu memang memegang peran penting ya dalam menjaga kesehatan keluarga. Apalagi di masa puasa, di mana pandemi belum selesai. Kudu pinter-pinter deh ibu mah milih segala hal supaya keluarga selalu sehat. Sama kayak milih asuransi juga. Kudu pinter milih yang terbaik.

  44. Emang setelah dihitung-hitung, untuk keluarga kecil jatuhnya lebih murah beli makanan mateng. Apalagi kalau pas promonya bagus, duh jatuhnya jauh banget sama belanja bahan mentah. Kadang aku heran juga, kok bisa belanja bahan makanan jatuhnya mahal bingitttt. Cuma masalahnya anakku gak selalu cocok sama menunya. JAdi ya selang-seling antara masak dan beli mateng.

  45. ya ampun mbak, aku kok nggak kepikiran ya lauk suwir2 haha. Dan itu keren banget tipsnya. Apalagi berburu promo makanan online emang jatohnya beberapa lebih murah (banget). *tim pesen makanan online

  46. Peran ibu dirumah sungguh penting terutama masalah asupan makanan, nutrisi dan gizi. Kudu dipilih yang baik dan berimbang apalagi buat anak, sehingga perkembangan bisa optimal. Kalau anak sehat pasti ibu senang

  47. Setuju banget kak. Peran Ibu sungguhlah luar biasa ya. Memastikan kesehatan sekeluarga terus terjaga. Selalu salut akutuh dengan peran Ibu yang serba bisa. Keren dah pokoknya. Hormat kepada para semua Ibu-ibu hehe.

  48. Seorang ibu memang garda terdepan bagi keluarganya, salut sama mbak yang bisa manajemen keuangan, mengatur pola makan keluarga yg sehat, bergizi ditambah murah meriah, semuanya untuk kesehatan keluarga serta jangan lupa untuk mengasuransikan kesehatan kita demi masa depan keluarga

  49. Tipsnya kece bangrt nih mba nurul super hemat demi menjaga sekoci keluarga ya. Aku suka salut sama yg demen berburu diskon dan promo nih. Tahuaja gt ttg info2 promo tuh suka gila gilaan pas puasa jg

  50. Wahhh baca penjelasan disini jadi rasa ingin daftar dan miliki asuransinya. Apalagi buat yang belum pernah daftar dan kepengengn daftar itu gambar banget, bisa secara online, mudah, dan cepat juga hasilnya.

  51. Kerasa banget sih mbak kalau asuransi kesehatan itu dibutuhkan banget. Apalagi menyangkut pembiayaan sakit yang disebabkan oleh lifestyle. Pernah punya pengalaman soalnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: