Kandungan dan Cara Kerja Salep Ruam Popok untuk Merawat Kulit Bayi

Kulit bayi yang super sensitif menjadikannya lebih rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan kulit, salah satunya adalah ruam popok. Disebut juga dengan diaper rash, ruam popok sebenarnya umum terjadi dan tidak berbahaya. Namun, namanya iritasi kulit pasti menyebabkan rasa perih dan tidak nyaman. Itulah sebabnya seringkali bayi mudah rewel ketika hal ini. Sebagai pertolongan pertama, Mama dapat memberikan salep ruam popok setiap habis mandi atau berganti popok bersih.

Pertanyaannya adalah, bagaimana ruam ini bisa muncul dan bagaimana pula cara kerja salep ruam popok sehingga digunakan sebagai โ€œpenyelamatโ€ buat si Kecil yang terkena iritasi? Temukan jawabannya di bawah ini.

Apa Itu Ruam Popok?

Ruam popok adalah salah satu bentuk iritasi kulit yang sering dialami oleh bayi yang berusia di bawah 2 tahun. Ruam ini biasanya ditandai dengan kulit kemerahan dan perih ketika disentuh. Umumnya, ruam popok muncul di area yang sehari-harinya tertutup oleh popok, seperti di pangkal paha, pantat, dan sekitar kelamin.

Walaupun pada dasarnya bukan kondisi berbahaya, namun ruam popok dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi karena gatal dan perih. Jika tidak segera ditangani, ruam popok dapat mengalami infeksi jamur maupun bakteri yang membuatnya semakin parah. Bahkan, pada beberapa kasus ruam yang terlanjur mengalami infeksi juga dapat memicu demam pada bayi. Tidak heran saat ruam terjadi si Kecil biasanya gampang rewel ataupun menangis saat popoknya basah atau berganti popok.

Apa Penyebab Ruam Popok?

Faktor utama yang menyebabkan ruam popok adalah kebersihan diri. Popok basah atau kotor yang tidak segera diganti akan menimbulkan iritasi sebab terjadi kontak antara kulit dan juga urin atau feses dalam waktu lama. Seperti yang diketahui feses serta urin memiliki sifat asam yang dapat mengikis permukaan terluar kulit dan mengakibatkan iritasi.

Selain itu, kelembaban pada kulit bayi yang terperangkap dalam popok juga memicu terjadinya ruam. Kelembaban ini dapat berasal dari popok basah yang tidak kunjung diganti atau bekas air saat mandi dan membersihkan popok yang tidak dikeringkan dengan sempurna. Kelembaban yang tidak menguap sempurna ini menjadikan kulit dalam kondisi hangat dan basah sehingga mudah mengalami ruam.

Infeksi jamur juga dapat memicu terjadinya ruam lanjutan. Sebagai informasi, jamur sangat suka tinggal dan berkembang di lingkungan lembab dan hangat. Kondisi tersebut dapat ditemui pada kulit bayi yang tertutup popok dalam waktu lama, dengan keadaan popok yang sudah kotor atau basah. Itulah sebabnya, sangat disarankan untuk rutin mengganti popok si Kecil tanpa menunggunya penuh.

Bagaimana Pengobatan untuk Ruam Popok?

Meskipun umum terjadi dan relatif tidak berbahaya, ruam tetap harus ditangani dengan benar karena dapat mengganggu kenyamanan buah hati. Ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan untuk mencegah dan meredakan ruam yang terlanjur muncul, antara lain:

  • Rutin mengganti popok bayi. Mama bisa menetapkan batasan waktu pemakaian popok misalnya 3 jam kemudian diganti dengan yang baru tanpa harus menunggu penuh. Hal ini dimaksudkan supaya kulit bayi tidak terlalu lama berkontak dengan urin atau fesesnya yang bersifat asam dan mengikis kulit.
  • Keringkan kulit bayi dengan sempurna. Baik sehabis mandi atau berganti popok, pastikan kulit bayi kering sempurna dengan cara menepuk-nepuk lembut menggunakan handuk. Mengangin-anginkan kulit bayi juga dapat menjadi cara efektif supaya kelembaban menguap sekaligus memberikan waktu bagi kulit untuk bebas bernafas.
  • Gunakan salep ruam popok. yang mengandung vitamin B5. Salep ini sangat membantu meredakan ruam yang terlanjur terjadi, serta memberikan perlindungan sehingga ruam dapat dicegah atau tidak semakin parah. Aplikasikan salep ruam popok tipis-tipis tiap habis mandi atau berganti popok agar iritasi segera membaik.

Apa Saja Kandungan Salep Ruam Popok?

Salep ruam popok menjadi salah satu pengobatan yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala ruam popok yang terjadi, bahkan juga bisa dimanfaatkan sebagai langkah pencegahan. Pasalnya, di dalam salep ruam popok terkandung bahan alami seperti dekspanthenol atau pro vitamin B5 dan juga lanolin yang bekerja secara sinergis menjaga kelembaban alami kulit, meredakan iritasi dan juga memperkuat skin barrier sehingga tidak mudah lecet atau terkikis.

Bagaimana Cara Kerja Salep Ruam Popok?

Seperti yang telah disebutkan di atas, salep ruam popok memiliki dua kandungan utama yaitu dekspanthenol dan lanolin. Kedua bahan aktif tersebut memiliki fungsi masing-masing dengan cara kerja berbeda untuk membantu meredakan iritasi kulit pada bayi. Dekspanthenol atau pro vitamin B5 dikenal luas sebagai zat yang dapat membantu menjaga kelembaban alami kulit berkat kemampuannya menarik dan mengunci air dalam sel kulit (humektan). Dengan begini, gejala iritasi seperti kulit kering, bersisik dan pecah-pecah dapat diatasi dan tidak menimbulkan rasa gatal.

Dekspanthenol juga memiliki kemampuan untuk merangsang pembentukan kolagen yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka dan regenerasi kulit. Luka lecet akibat iritasi dapat sembuh lebih cepat saat produksi kolagen meningkat. Dan yang terakhir, kandungan tersebut juga membantu meningkatkan skin barrier sehingga kulit tidak gampang terluka saat mengalami gesekan dengan permukaan popok atau kain.

Di sisi lain, ada lanolin yang memiliki fungsi utama untuk membantu mempertahankan kelembaban alami kulit sehingga kulit bayi terasa halus lembut saat disentuh. Efek ini juga membantu meringankan kulit kering dan pecah-pecah akibat ruam.

Bepanthen mengandung kedua bahan alami tersebut sehingga cocok untuk digunakan pada si Kecil yang mengalami ruam popok. Gunakanlah secara rutin setiap hari agar ruam dapat segera teratasi dan buah hati ceria kembali.

  1. Carissa Stephens, R.N., CCRN, CPN, Helpful Tips for Diaper Rash: What You Need to Know, November 29, 2021. Diakses pada 06 Juli 2022 dari https://www.healthline.com/health/home-remedies-diaper-rash
  2. Stephen Jerome Parker, MD, Diaper Rash Treatments, July 29, 2020. Diakses pada 06 Juli 2022 dari https://www.webmd.com/parenting/diaper-rash-treatment
  3. VITAMIN B5 EVERYTHING YOU NEED TO KNOW, February 19, 2022. Diakses pada 06 Juli 2022 dari ttps://www.laroche-posay.com.au/blog/vitamin-b5-everything-you-need-to-know.html#:~:text=BENEFITS%20OF%20VITAMIN%20B5&text=A%20humectant%2C%20panthenol%20is%20able,flexible%2C%20and%20prevent%20dryness3.
  4. Debra Rose Wilson, Ph.D. Dry Skin Baaaa-ck Up: How to Use Lanolin Oil, April 23, 2021. Diakses pada 06 Juli 2022 dari https://greatist.com/health/lanolin-oils#:~:text=Lanolin%20oil%20benefits,water%20loss%20from%20your%20skin).
Advertisement

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

56 thoughts on “Kandungan dan Cara Kerja Salep Ruam Popok untuk Merawat Kulit Bayi”

  1. Selama ini kalau ruam popok, hampir tidak pernah pakai salep ruam popok, karena anaknya masih berontak-berontak, wkwkk. Jadinya pakai bedak tabur untuk pangkal paha. Sempat ditegur ibu sih, kenapa nggak pakai salep ruam popok khusus

  2. Anak anak dulu selalu kusediakan yang sejenis lotion tapi dari zwitsal – sayang sekarang udah ga produksi lagi ni Nurul.
    Jadi pas udah mulai merah merah tiap pagi sore dikasih

  3. Aku belum ada bayi, tapi kadang ikut ngurus keponakan juga. Jadi tahu sih pas dia kena ruam popok. Waktu itu gak terlalu drama karena sudah tahu yang harus dilakukan. Kaya ganti diapers, ngeringin badan, sampai sedia salep atau krim buat cegah ruam

  4. Pemakaian popok pada bayi banyak digunakan karena praktis. Tapi di balik itu juga ada risiko ya mbak. Makanya penting banget dijaga supaya ga sampe mengalami, seperti ruam popok itu misalnya. Bagusnya ada yang mau perhatiin dan memberi solusi dengan membuat salep khusus untuk ruam popok. Noted infonya. Tfs mbak.

    1. Jadi kudu teliti juga ya, kak Rien dalam memilih produk untuk bayi. Yang nyaman dan praktis, memilih Bepanthen untuk mengobati ruam pada bayi dan balita.

  5. Waktu anak2 kecil inget banget ribet harus sering ganti popok karena kulit mereka sensitif jadi mudah kena ruam, memang harus sedia salep yah soalnya kesian merah2 dan gatal banget kalo udah kena ruam

  6. Pemakaian popok sekali pakai itu memang rentan bikin kulit bayi memerah yaa, pernah juga anakku lecet karena pakai diapers yang gak cocok . jadi aku selang seling aja dengan popok kain. kadang gak pakai juga sebab kuatir rash gitu kulitnya. itu zaman dulu, alhamdulillah sekarang ada salep yang ampuh untuk masalah ruam popok yaa.

  7. walau nggak berbahaya, tapi ruam popok tuh bisa bikin bayi nggak nyaman dan rewel. kalau bayi rewel yang galau orang tuanya juga. Jadi memang butuh juga salep buat ruam popok kalau diperlukan

  8. Dulu waktu Aqla bayi beberapa bulan sempat kena ruam popok mbak. Kasihan banget, bikin anak rewel. Untungnya waktu itu dikasih bidan salep, jadi cepet sembuh iritasinya

  9. Berdasarkan pengalaman memiliki anak yang ruam, memakaikan salep terpercaya dengan kandungan alami, bisa meringankan ruam yang terjadi pada bayi. Dan bayi bisa kembali tidur nyenyak tanpa gangguan. Bepanthen bisa dipercaya karena produk sejak lama dari Swiss.

  10. Iya, dulu pas anak anak masih pakai popok, aku selalu sedia krim ruam popok
    Karena kasihan, kalau sampai ruam anak anak akan rewel

  11. Saat anak aku bayi, pernah banget mengalami ruam popok. Ada yang sempat lecet karena enggak tahu ilmunya. Kini, udah ada pilihan salep yang pas buat kulit bayi sangat membantu ya.

  12. Kalau pengalamanku maak dulu di rumah ga pake pempers, pake celana atau popok biasa, memang lelah cucian numpuk tp bisa diantisipasi dengan pake perlak.

    Ketika anak2 mulai banyak gerak mereka ada gerakan khusus kalau mau pee atau pup jd buru2 aku bawa ke toilet.

    Alhasil ga tjd ruam2 sama anak2 cepat terbiasa pup pee di toilet.

  13. baby emang rawan banget kena ruma popok ya.. penyebabnya macem-macem.. Bepanthene emang andalan sih buat mengatasi ruam popok… waktu anakku masih kecil2 sedianya juga Bepanthene hehe

  14. Ibu2 yang punya bayi wajib banget nih menyediakan salep ruam pokok. Aku baru tau merek Bepanthene. Memang kudu pilih yang kandungannya sesuai dengan kulit baby yang masih sensitif ya mbak. Jangan sampai keliru salepnya. Soalnya emang kalau anak2 kena ruam tu bakalan rewel. Makanya kudu diobati dengan bener.

  15. Kalo bayi makai popok emang nggak boleh kelamaan meski pampers masih kosong. Banyak ya ibu-ibu yang tetep gak mau ganti popok gara-gara sayang karena belum bau. Beruntung sih sekarang makin mudah mendapatkan produk salep yang bisa merawati kulit bayi yang kena ruam popok

    1. Ruam popok bikin bayi ngak nyaman dan rewel teris. Jd perlu banget diantisipasi oleh ibu. Salep ini bisa jd salah satu solusi alternatif nih

  16. masih ingat waktu anak – anak kecil dan kita suka traveling, kita sering hadapi masalah ruam popok ini ya mba. Dan anak – anak juga akan rewel banget. Untung sekarang banyak ya obatnya

  17. Oh karena asam sehingga mengikis lapisan kulit. Tapi kalau di hitung pakai duit mahal juga ya 3 jam sekali harus ganti. Btw sekalian nanya kalau popok kain juga harus 3 jam ganti ya

  18. Bayi dipakaikan popok memang lebih praktis, apalagi kini sudah banyak popok dengan kualitas terbaik. Tetapi para orangtua harus memerhatikan juga kondisi kulit si kecil. Jangan terus-menerus popok menempel, dibuka supaya ada udara segar yang masuk. Kadang terjadi ruam popok…bayi jadi nangis terus. Untuk kini ada Bepanthen sebagai solusi mengatasinya.

  19. Ada masanya dulu saya pergi ke mana-mana selalu lengkap dengan krim untuk ruam. Anak-anak pun paling gak tahan kalau ada ruam di bagian tubuhnya, terutama ruam karena popok. Gatal, pedih, bisa luka. Baru tahu kalau bepanthen dan lanolin ternyata bahan-bahan pentingnya untuk membantu meredakan ruam.

  20. Saya pernah mengalami hal ini mbak. Sewaktu anak saya yang pertama. Kasian banget, sampai rewel. Ruam popok memang sangat mengganggu. Pemilihan salep ruam popok yang tepat, tentu sangat membantu untuk mengatasi masalah ini. Apalagi kulit bayi sangat sensitif.

  21. Belum pernah punya bayi, tapi diinget-inget kalo nanti menikah dan punya bayi. Kalau dulu pernah bantu merawat adik kandung pas bayi, jarak saya dan adik kandung 10 tahun soalnya. Cuman zaman dulu popok bayi masih langka dan mahal. Seringnya pakai gurita atau kain gitu dibebet di bayi. Terus kasi minyak telon, beda, pelembut bayi. Sekarang ada salep khusus ruam ya.

  22. Ya mengganti popok bayi secara rutin jadi solusi untuk terbaik dalam mengatasi ruam pada bayi. Tapi penggunaan salep ini saya baru tahu dan dapat ilmu baru juga

  23. Aku pernah kena ruam pembalut, kena bagian pinggir selangkangan wkwk. Aduh perih banget dan gak nyaman. Itu gara2 pas lagi jalan-jalan ga nemu pembalut yang biasa aku pakai, akhirnya beli apa yang ada. Ternyata ga cocok. Karena faktor lain juga sih, kelamaan ga ganti karena susah nemu toilet. Daaan kurasa ruam popok yang dialami bayi pun sama gak nyamannya. Bahkan mungkin lebih ga enak. Untunglah banyak solusi ya. Dari cara pemakaian yang benar, popok yang tepat, sampai diciptakan salep khusus ruam popok gini. Solutif banget!

  24. Pernah mengalami kerewelan anak yang sedang mengalami ruam popok.
    Rasanya gak enak banget dan solusinya memberikan kenyamanan dengan Bepanthen. Penggunaan obat luar yang memang difirmulasikan khusus untuk kesehatan kulit bayi dan balita.

  25. Jadi ingat, dulu aku juga pernah mengalami si kecil kena ruam popok
    Duh, kasihan
    Rewel banget anaknya
    Makanya harus selalu sedia krim buat atasi ruam popok ini ya mbak

  26. Ruam popok sangat menyiksa bayi, Alhamdullilah ya ada salep ruam yang bekerja dengan baik ke kulit bayi, karena kalau terlambat menangani bisa jadi parah juga ruamnya

  27. kalau punya bayi memang wajib banget punya salep buat ruam popok, mbak soalnya kadang ada aja waktunya anak kena ruam popok apalagi kalau pakai pospak biasanya ada yang nggak tahan sama bahannya

  28. Anak pertamaku sering banget dikasih salep popok ini supaya ga gampang ruam soalnya emang kulitnya sesnsitif ga bisa sembarangan beda sama adiknya yang kulitnya lebih tahan banting . cara menggunakannya juga ga bisa sembarangan sih kaka kudu di tempat yang berpotensi pleas ga bisa sering-sering juga

  29. Anak2ku termasuk yg kulitnya super sensi mbak jd duku waktu bayi gampang kena ruam dan alergi walhasil selalu stok deh salep ruam popok. Sampe sekarang kalo ada alergi kadang suka tak kasih juga salep yg ada bephanten nya

  30. dulu pas anakku bayi, aku belum tahu ada salep ruam semacam ini. akhirnya begitu ada ruam, stop pakai disposable diapers dan ganti dengan popok kain. risikonya jadi capek nyuci. hiks. beruntung skrg salep semacam ini udah mudah didapat ya.

  31. Kalau lihat anak bayi kena ruam popok itu rasannya kasihan banget, kita aja yang dewasa kalau lecet aja udah kemrecing. Gimana bayi..untungnya sudah ada solusi,ada salep ruam popok yang bisa menyembuhkan ruam pada bayi

  32. Bepanthen punya kandungan pro vit B5 yang bisa mengatasi ruam popok pada babby. Rekomended nih biar anak engga rewel karena masalah ruam popok ini. Kasian juga kulitnya jadi kemerahan

  33. Anak-anak saya pernah kena ruam popok. Waktu itu memang salah memilih produk diaper. Gak cocok ke kulit mereka. Solusinya memang pakai salep. Karena pelembap aja gak cukup. Nanti setelah sembuh, gak apa-apa hanya pakai pelembap

  34. Sedih banget kalau lihat bayi kena ruam popok, pasti gak nyaman banget bisa rewel. Untungnya sekarang udah ada salep ruam popok yang bisa membantu menguranginya ya

  35. Dulu tuh pas anak sulung, sempat bingung salem ruam popok ini buat apa ya? Akhirnya banyak dikasih ke teman/keluarga aja. Lah giliran anak kedua, butuh dong..kemana-mana tetap bawa deh itu salep. Karena kulitnya emang sensitif banget.. dikit-dikit bisa kasar atau apalah itu istilahnya

  36. Kasian klo baby kena ruam popok. Jadi rewel krn gak nyaman dan sakit kan. Jd harus pilih produk yang bisa mengobati dengan efektif

  37. Temenku pernah ada yang mengeluhkan tentang ruam yang terjadi sama anaknya Mak. Kurang lebih pengobatannya juga dengan salep tapi sebelum nemu salepnya udah panik duluan jadi ngiranya kayak kena alergi apa gitu. Padahal emang popoknya aja yang mungkin kurang cocok ya. Akhirnya dia juga disarankan ganti brand popok juga dan cari yang bahannya nggak bikin ruam lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: