Angka + Insting = Formula Strategi Bisnis

Rizki Rahmadianti

Owner Rira Clothing, Jilbab Rizhani dan Little Bee Boutique

Memasuki dunia bisnis ibarat kita sedang bermain rollercoaster. Terkadang, kompetisi begitu sengitnya, hingga tak jarang membuat kita terpelanting, bahkan terjun bebas. Namun, seorang pebisnis tangguh tak boleh mengenal kata menyerah. Harus bangkit. Harus survive. Bahkan, harus terus melaju, lebih pesat ketimbang sebelumnya.

unnamed

Rizki Rahmadianti pernah merasakan itu semua. Ketika omzet bisnisnya stagnan di tahun 2009, Rizki memutar otak dan menyusun strategi agar tetap bisa berkiprah di dunia bisnis fashion. “Dalam dunia bisnis, ada dua hal yang harus selalu kita jadikan pertimbangan ketika merancang strategi. Angka penjualan dan insting bisnis. Itu yang harus selalu kita kolaborasikan,” papar pemilik brand Rizhani, Rira Clothing dan Little Bee Boutique ini.

Rizki belajar banyak dari pengalaman ‘jatuh bangun’ kala berbisnis. ”Pebisnis UKM itu kelemahannya adalah sering meremehkan angka. Suka main perasaaan atau insting saja. Padahal, angka itu penting. Laporan keuangan sangat penting untuk merumuskan strategi bisnis. Karena kalau hanya mengandalkan insting, maka bisnis kita akan cepat nggeblak dan nggak berkembang,” urainya.

Kini, Rizki dan timnya semakin disiplin dalam bermain angka. ”Jangan hanya fokus mengembangkan merek. Tentu, merek adalah sebuah hal yang penting karena itu menunjukkan idealisme kita. Tapi jangan lupa, bahwa kita harus selalu menciptakan sales atau penjualan,” imbuh alumnus Universitas Brawijaya ini.

Pesatnya dunia online membuat Rizki kian aktif memasarkan produknya. ”Seluruh marketing produk saya bersumber dari online. Saya memanfaatkan social media, juga membuat beberapa website untuk memperkenalkan brand yang kami kelola.”

Untitled

Tak kenal lelah, Rizki terus belajar seputar strategi online marketing. “Alhamdulillah, kalau di-googling, brand kami berada di peringkat teratas. Untuk bisa merebut pasar online, kita memang harus terus membekali diri dengan banyak belajar dan memperdalam ilmu pemasaran online,” ujarnya.

Namun, dunia marketing online juga sarat dengan kalangan pebisnis yang menghalalkan segala cara. “Persaingan di dunia online itu keras, maka Anda harus kuat mental lebih dulu. Pernah di salah satu platform toko online, saya temukan ada yang menggunakan foto milik brand Little Bee. Yang luar biasa adalah, dengan foto yang sama, bahkan watermark-nya masih menempel, dia berani menetapkan harga 5 kali lebih murah dari Little Bee. Bukan itu saja. Si pemilik toko juga menulis di Fanspage Facebook kami bahwa jualannya lebih murah, jadi mending beli dari tokonya saja,” urai Rizki.

Apa yang Rizki lakukan? Apakah menuntut orang yang “kurang ajar” itu? ”Tidak. Saya tidak mau ngurusin orang-orang seperti itu, karena akan menghabiskan energi. Lebih baik saya fokus untuk mengembangkan bisnis.  Saya hanya berdoa agar desain kami memberikan manfaat baginya. Saya percaya bahwa bisnis yang diawali dengan baik, hasilnya akan baik. Begitu pula berlaku sebaliknya,” urainya bijak. (*)

unnamed (1)

Workshop Rira Clothing, Rizhani, Little Bee Boutique

Rungkut Barata VI/18 Surabaya

(031)8700215

 

 

Advertisements

12 comments

  1. @mirasahid · September 6, 2014

    Wow, sudah punya 3 mainan sekaligus. Aku termasuk baru banget nyemplung di dunia bisnis, mak. Dan masih haru banyak belajar dan siap menghadapi berbagai jatuh bangunnya. Ah, semoga kapan-kapan bisa ketemuan sama Rizki ini. Makasih 🙂

    • bukanbocahbiasa · September 6, 2014

      Kalau lihat betapa aktif, energik dan antusiasme level akut yang ditunjukkan seorang Makpon, insyaAllah kegemilangan bisnis adalah sebuah keniscayaan. *aamiiiin….*

      Eh, btw, website bisnis makpon alamatnya apa yak? Mau online-window-shopping *halah*

  2. Ririn Sjafriani · September 6, 2014

    wuiiih keren ya kalo lihat pebisnis yang ulet dan sukses. Aku suka iri deh. Cakep tulisannya mak 🙂

    • bukanbocahbiasa · September 6, 2014

      Iri in a positive way, pastinya 🙂 Makasi udah mampir mak

  3. wyuliandari · September 6, 2014

    Perempuan itu emang powerfull kok. AKu juga udah 5 tahunan mengelola bisnis online bareng misua. Di sela-sela waktu masak, kerja kantor, nemenin anak, ngegosip..etc… *halah

    Btw ini di Surabaya kan ya. Kapan-kapan samperin ah kalo lewat 😀

  4. rahmiaziza · September 6, 2014

    wawahwahwah kebangetan itu udah nyomot fotonya orang, posting pula di fanpage yang empunya kalo lebih murah -,-

    • bukanbocahbiasa · September 8, 2014

      Ho’oh mak. Tapi yang lebih “ajaib” lagi, kok ya si mbak Rizki ini wolessss banget gitu

  5. danirachmat · September 6, 2014

    tetangga kita ya Mbakyu Rira ini..

    • bukanbocahbiasa · September 8, 2014

      Yesss… banggaaaa bingiiitss ada pengusaha cethaaarrr di rungkut 😀

  6. Artha M. A. (@argalitha) · September 8, 2014

    waaah… kalau saya jadi Mbak Rizki, saya gak hanya elus dada. tapi bakal nuntut! tapi ntar jadinya rameee -.-” Ulet ya Mbaknya ini. Tokonya juga bagus. Kece badai! Suka sama semangat dan ketekunannya …

    Ini mbak ikutan workshopnya ya? Berarti Mbak Rizki bagi2 ilmu ttg marketing di acara ini ya? Wah … hebat! Mau berbagi..

    • bukanbocahbiasa · September 8, 2014

      Mbak Rizki itu salah satu pengurus TDA (Tangan Di Atas) Sby (atau Jatim ya?? lupa 🙂

      Jadi, doi seriiing banget sharing tentang ilmu plus pengalaman jatuh-bangun di dunia bisnis.

      Kalau mau sharing dgn dia, silakan googling aja Rizki Rahmadianti.

      Makasi udah mampir ya mak 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s