blogging

Tips Hemat Pergi ke Event Blogger

Tips Hemat Pergi ke Event Blogger

Dulu, ketika awal-awal resign kerja sebagai wartawan, ada satu hal yang bakal bikin saya baper, “Kira-kira, aku bakal bisa ikutan event seminar, workshop, parenting class, blablabla yadda yaddaaa (dengan gratis) gak ya?”

Hihihi. Yang di-highlight tentu bagian DENGAN GRATIS. karena ya tahu sendiri kan, kalo journalist itu dapet keistimewaan bisa nongkrong di acara apapun for free! 

Alhamdulillah, sekarang, setelah jadi blogger, hasrat buat hadir (plus ngeksis, ihihiiii) di sejumlah event bisa terfasilitasi. Tentu saja, saya kudu ngucapin trimikisiiii  buat temen2 yang rajin bagi2 info event. Plus, temen2 agensi yang baiiik banget, sering kirim email langsung ke saya. Makasiii makasiii *sungkem* 

Sekarang ini, buanyaaak banget undangan event buat para blogger. Nggak cuman di Jakarta, kami di Surabaya ini juga sering kebanjiran undangan! Dalam sehari, bisa lo, sampe 2-3 event yang berbeda, nah lo nah lo.

Trus, gimana caranya memilah dan memilih event yang akan didatangi? Well, kalo saya sih, kata kuncinya ada dua: Event Parenting dan event mana yang sekiranya membaikkan akherat dan dunia saya *whoooosssh, daleeeem

Eh, ini mau bahas tips hemat pergi ke acara blogger ya? Baiklah. HEMAT ini bukan melulu tentang “uang” yah. Memilih event yang pas untuk kita, juga membuat “hemat energi”, enggak perlu ngerasa “tidak nyaman” kalau ternyata konten acara tidak sesuai dengan ekspektasi kita. 

Berikut tips hemat datang ke event blogger ala saya:

  1. CARI TEBENGAN. Sebelum cuss ke lokasi, browsing dulu lokasi event. Sekiranya memungkinkan, cari TEBENGAN, atau blogger yang bisa diajak patungan buat menuju lokasi acara. Kalopun nggak ada, ya bisa naik angkot atau gojek. Kalo saya pribadi sih, lebih suka naik angkot. Karena di Surabaya, angkotnya banyaaak, eh, penumpangnya sedikit. Ciyan, yah?
  2. Bawa air mineral. Karena perjalanan menuju lokasi (terkadang) kudu ditempuh dalam jarak yang lumayan jauh, ada baiknya kita siap sedia air mineral dalam botol. Ya kali, tiba-tiba haus. Kan engga asik kalo kudu mampir dulu di warung. 
  3. Untuk event luar kota, perhatikan betul budget transportasi. Biasanya, panitia event memberikan alokasi budget transport untuk blogger luar kota. Kita kudu cermat, dan boleh nanya-nanya, berapa limit anggaran buat blogger. Jangan sampe melebihi limit. Dan, jangan lupa koordinasi dengan peserta lain, siapa tahu ada yang bisa diajak barengan naik taxi dari stasiun/bandara ke venue. Kan mayan tuh, bisa ngirit juga, qiqiqiqi.
  4. Biar “hemat energi” dalam mengelaborasi isu plus melahirkan artikel yang cethar, maka pilihlah event yang benar-benar sesuai dengan minat kita dan “niche” blog kita. Se-“gado-gado”-nya blog, pasti ada “benang merah” dong, di antara tiap postingan yang kita goreskan. Kayak blog bukanbocahbiasa(dot)com ini, sering membahas seputar daily life Sidqi (dan bersinggungan dengan isu parenting) juga tentang beberapa hal seputar Surabaya. Jadiii, ya saya bakal pilih event yang “klik” dan bisa banget dijadiin bahan postingan. 
  5. Apa lagi ya? Udah gitu aja sih, hehehehe.Mungkin teman-teman bisa kasih tips Hemat tambahan? Silakan berbagi di kolom komentar, ya. 
Advertisements

14 thoughts on “Tips Hemat Pergi ke Event Blogger”

  1. Emberan Mbakyu, sekarang mah selektif banget pilih event yang mau didaftarin. Gak papadeh gak dapet banyak tapi hemat dalam banyak hal. Gak cuman materi emang hemat itu 😀

  2. Yang aku inget pokoknya aku seriiing banget diajak mbak nurul menghadiri event… tapi sayangnya sering juga pas gak hari libur … terima kasih buuanyaakk mbak…jangam bosen ajak2 saya terus yaa

  3. Aku bahkan nggak ngerti kalau dateng ke event blogger itu harus ngeluarin duit. Selama ini yang aku keluarin cuman duit parkir aja, hahahaha..

    Jika ini menyangkut duit bensin, aku nggak memasukkan ini sebagai kategori biaya. Selalu ada hikmah dari setiap kali mengikuti event blogger. Entah itu jaringan baru, follower baru, reader baru, atau sekedar meninggalkan nomor telepon di event organizer nya. Mengeluarkan sedikit biaya transportasi nggak seberapa dibandingkan jaringan baru yang kita buat dalam setiap event.

    Kecuali..kalau event bloggernya dibikin di Pacitan. Nah, itu baru jauh buat aku, hahahaha..

  4. Nice share, mbak
    Kalau saya boleh nambahin mbak, cari yang dapat makan gratis. Apalagi kalau makannya buffet atau makanan khas suatu daerah, lumayan bisa buat nambah sto foto, he he he

    1. Hihihiiii, mas Cumiiii bisaaak ajah 🙂 Iyah, Sby lagi buanyaaak bingits event2nya. Main2 ke sini dong. Kita juga butuh event blogging class dari blogger yg cethaaaar seperti mas Cumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s