Ayo Ikut Kompetisi Ide Gila Pertamina Berhadiah Total 500 Juta!

Hare gene ikutan kontes, menang lalu dapat hadiah total ratusan juta rupiah? Dapat coaching alias pendampingan dari Pertamina? Dapat hadiah studi banding (baca: plesir gratisan dan selfie sepuasnya) ke luar negeri? Uhuiiii, siapa yang bakal nolak, cobaaa?

Kamu mau? Ya udin, ikutan aja kompetisi “Pertamina Ide Gila”! Btw eniwei busway…..ide gila itu yang kayak gimana sih?

Gini, lho. Kita tahu sendiri kan, bahwa sebenarnya, sumber energi konvensional, yang bersumber dari fosil, minyak bumi, dan bahan tambang lainnya itu jumlahnya terbatas banget dan bisa habis. Padahal, tahu sendiri kan, peradaban kian maju itu berbanding lurus dengan peningkatan (plus ketergantungan) masyarakat akan energi. Kebayang nggak, kalau cadangan bahan bakar itu makin menipis, lalu habis… Nah, ntar sumber energi kita dari mana dong?

Thanks God, manusia ini emang diciptakan dengan sebaik-baik bentuk dan akal yang positif binti konstruktif. Muncullah gagasan untuk sumber energi batu dan energi terbarukan (Renewable Energy Resources).

Contoh energi baru:  batu bara tercairkan, gas metana batu bara, dll. Sementara energi terbarukan atau energi yang bisa diperbaharui adalah energi yang berasal dari sumber-sumber alamiah seperti sinar matahari, angin, hujan, dan biomassa.

 

Energi terbarukan ini bisa menjadi sumber energi yang ramah lingkungan lho! Lebih sip lagi, energi baru dan terbarukan pastinya diminati masyarakat, karena tidak memberikan dampak negatif terkait perubahan iklim maupun pemanasan global.

Naaaahh! Tahun ini nih, Pertamina men-challenge kita semua buat ikut mikirin, kira-kira… sumber energi macam apa lagi yaaa, yang bisa di-create supaya bisa berfaedah untuk umat manusia? Kira-kira, benda apa lagi yang bisa diutak-atik, supaya bermanfaat optimal dan bisa jadi sumber tenaga, dan nggak ada lagi ceritanya kita mengalami krisisi energi? Voilaaa… yuk yuk… dipikir mulai sekarang, dan submit IDE GILA itu!

Selasa 14 Februari kemarin, saya ikutan roadshow kompetisi “Pertamina Ide Gila” di Gedung Pusat Robotika ITS. Retail fuel marketing region manager V, Bapak Made Adi Putra bilang, kalau Pertamina memang mendukung penuh upaya pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Karena itu, kontes ini dibuka secara umum, supaya masyarakat luas bisa berpartisipasi dalam diversifikasi dan konservasi energi.

“Tiada yang tidak mungkin untuk pengembangan energi baru dan terbarukan yang aman dan bersih di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan potensi sumber daya alam yang berlimpah. Biofuel, tenaga angin, air dan sinar matahari yang bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif, keberadaannya sangat mudah ditemui di berbagai pelosok negeri ini. Partisipasi masyarakat adalah salah satu kunci untuk mengubah berbagai potensi yang akan menjadi kekuatan kita di masa depan,” jelas Pak Made.

CARA IKUTAN KONTES PERTAMINA IDE GILA

Lalu, lalu… kalau mau ikutan, piye caranya? Gampiiil banget masbro, mbakbro. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, buka website http://pertaminaidegila.com/

ide-gila

FYI, ada dua kategori kontes yang bisa kita ikuti. Yang pertama, KATEGORI IDE BISNIS INOVATIF. Kriterianya, ini merupakan ide yang belum pernah di-implementasikan di Indonesia, ide yang berupa modifikasi dari ide bisnis yang sudah ada, atau ide yang benar-benar baru. Ide bisnis ini memiliki dampak positif (ekonomi dan non-ekonomi) bagi perusahaan dan masyarakat, serta mampu mengidentifikasi jangkauan pasar yang dilayani, jelas target pasarnya dan mudah untuk di-replikasi

Yang kedua, KATEGORI TEROBOSAN PRODUK DAN TEKNOLOGI. Terobosan Produk dan Teknologi NRE (New & Renewable Energy/ Energi baru dan Terbarukan) yang inovatif dan dapat direplikasi dalam skala besar, sebagai solusi atas ketahanan energi nasional. Juri juga akan melihat aspek orisinalitas produk dan teknologi yang akan dikembangkan, serta memiliki strategi pengembangan produk yang jelas dalam proses implementasinya.

Wahhh, sungguh menggiurkan yak hadiahnya? But, somehow, rasanya masih nge-blank dong mau submit ide soal apa? Sini, sini, eikeh kasih ‘bocoran’ huehehehe. Waktu roadshow kemarin, ada arek-arek Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang berkisah soal electric eco bike. Apakah ituuu? Ini adalah sepeda kayuh khusus berkode E2-Bike yang bisa mengisi daya (charging) baterai handphone, ketika kita lagi menggowes! Weh la dalaaah, canggih bener ya, bocah-bocah ini. Kata Dennys Al Fath, selaku inventor sekaligus komandan tim mahasiswa pinter tapi ora keblinger ini, E2-Bike dikreasikan karena melihat dua fenomena: generasi millenials yang so addicted dengan HP/gadget, plus melihat mahasiswa di kampus ITS yang jaraaaang banget mau naik sepeda.

ide-gila-stage

“Cuma dari kos ke indomaret aja, mahasiswa lebih suka naik sepeda motor. Padahal, sepeda itu jauh lebih sehat dan ramah lingkungan. Kami coba kreasikan sepeda, yang memberikan nilai tambah, bahwa ketika menggowes, bisa menghasilkan energi yang cukup untuk men-charge HP,” kata Dennys.

“E2-Bike bukan menggunakan sumber listrik dari PLN, melainkan memanfaatkan gaya gerak listrik (GGL) induksi magnet dan alternator sebagai pembangkit energi listrik,” katanya.

Woaaaahhhh, idenya GILA sekaligus sederhana kan? Jangan mikir yang terlampau muluk-muluk deh! Justru inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat, biasanya lahir dari pemikiran yang sederhana. Yorris Sebastian sebagai salah satu dewan juri bercerita, bahwa ada sejumlah mahasiswa di Makasar yang menyodorkan ide pemanfaatan minyak jelantah sebagai sumber energi alternatif. Wah, keren banget tuh! Mungkin mungkin… ada yang mau meneliti manfaat jeruk nipis sebagai energi terbarukan juga? Atau, manfaat sampah-sampah bekas hadiah dari para mantan yang berserakan di pojokan? Bisa banget loo!

pertamina-ide-gila-energy-competition-2017_20170214_144432

Yorris Sebastian juga meng-encourage siapapun untuk bisa ikut kompetisi IDE GILA ini. ”Kalau kalian men-submit ide gila ini, maka ada satu peluang untuk menghasilkan legacy, baik bagi bangsa ini, maupun untuk diri sendiri. Perkara menang atau nggak, itu urusan belakangan. Yang jelas, kalian harus berpartisipasi dalam kompetisi ini untuk menunjukkan bahwa generasi millenial itu patut dibanggakan dan bisa memberikan manfaat bagi bangsa!” kata Yorris.

Yuhuuuu….! Are you ready to join this fabulous competition?

Inget ya, hadiahnya untuk JUARA PERTAMA, uang tunai senilai Rp.101.000.000,-

JUARA KEDUA, Uang tunai Senilai Rp.85.000.000,-

JUARA KETIGA, Uang tunai Senilai Rp.67.000.000,-

Plus masih ada beragam hadiah, mentoring/ coaching dan studi banding ke mancanegara…!

Pendaftaran ide ditutup pada 5 MARET 2017 PUKUL 23.59 WIB. Jangan sampai ketinggalan!

Advertisements

8 comments

  1. freddygunawan.com · February 15

    Nice info!!!

  2. mastop · February 15

    Markojosss…yuk tampil

  3. nyonyasepatu · February 15

    Hadiahnya bikin ngiler ya

  4. Diah Kusumastuti · February 15

    Hahahah.. hadiah dari para mantan…. 😀
    Itu sih dijual aja udah bisa jadi energi baru buat move on dan belanja-belanji, Mbak… 😀
    *inikomengakmutublasss

  5. Liza Fathia · February 15

    Hadiahnya gila bener ya mbak. Mupeng tapi ga punya ide. Hehehe

  6. mysukmana · February 15

    Keren..nice info gan

  7. Pingback: Mengayuh Becak Cinta di Alun-Alun Kidul Jogja – bukan bocah biasa
  8. Adi Setiadi · February 16

    Noted Mba..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s