Indonesia Tangkal Kolesterol untuk Jantung Sehat

“Bulek Tri meninggal dunia….”

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun…. Bukannya tadi pagi dia pamit mau berangkat senam jdi Balai RT?”

Sekonyong-konyong, kabar duka itu singgah tanpa bisa dicegah. Maut datang menjemput, tanpa bisa kita lari sedikit pun. Bulek Tri –adik kandung ibuku yang tinggal tak jauh dari rumah kami—berpulang setelah pingsan tatkala ikut senam. Sejumlah warga menggotong ia ke klinik dokter terdekat, tapi… ketika dalam perjalanan, ia hembuskan nafas terakhir.

Serangan jantung.

Itu vonis dokter.

Loh, kok mendadak banget?

Nah. Ini dia bagian salah kaprah yang sering menjangkiti benak mayoritas masyarakat Indonesia. Serangan jantung mendadak. Tiba-tiba sakit jantung. Padahal, nggak ada yang namanya sakit mendadak. Semua itu berproses. Sakit jantung yang menjangkiti seseorang, pasti ada asal mulanya. Dan, kelihatannya “sepele” banget, yaitu kolesterol tinggi.

Hah? “Cuma” kolesterol tinggi? Yup, inilah silent killer mayoritas masyarakat Indonesia. Kolesterol tinggi yang luput dicermati dan terlambat ditangani, bakal meningkatkan risiko STROKE dan penyakit Jantung Koroner.

Waduh. Waduh. Trus, aku kudu piye? Secaraaaaa, aku kan sering banget kulineran, dan menimbun kolesterol?

TANGKAL Kolesterol, untuk Turunkan Risiko Jantung Koroner

Alhamdulillah, Minggu (6/8) lalu, saya ikutan program Gerakan Jantung Sehat, Indonesia Tangkal Kolesterol di Dyandra Expo, Surabaya.

Hall yang menampung ribuan itu, dipenuhi oleh warga yang antusias meraup ilmu seputar bahaya kolesterol tinggi dari dr. Vito Anggarino Damay, SpJP. Dokter Vito menyampaikan data-data yang bikin mulut nggak berhenti berucap istighfar. Apa saja?

(1). Penyebab kematian tertinggi di dunia adalah serangan jantung

(2). Di Indonesia, setiap 12 detik penderita penyakit jantung bertambah 1 orang dan orang yang memiliki kolesterol tinggi 2x berisiko terkena serangan jantung

(3). Kolesterol tinggi menjadi salah satu faktor risiko pemicu penyakit jantung. Sebetulnya kolesterol tinggi bisa dikendalikan, namun faktanya, 1 dari 3 orang Indonesia menderita kolesterol tinggi dan tidak menyadarinya.

Klasifikasi Kadar Kolesterol tuh gimana?

Normal  : <200

Tinggi : 200-239

Sangat Tinggi:  > 240

 

Okay, kita seriiing banget dengar kata ”Kolesterol”. Sebenernya kolesterol itu apa sih?

Kolesterol adalah suatu komponen penting bagi sel-sel tubuh agar dapat beregenerasi dan tubuh secara keseluruhan dapat berfungsi dengan normal.

Loh, berarti sebenernya kolesterol itu baik dong, ha wong dibutuhkan oleh tubuh?

Betul. Akan tetapi kolesterol itu terbaik menjadi dua:

(1). Kolesterol Jahat (Low Density Lipoprotein-LDL)

Kolesterol Jahat (Low Density Lipoprotein-LDL) dapat menyumbat pembuluh darah. Jika kadar LDL di dalam darah terlalu banyak, maka akan mengendap di dinding arteri dan membentuk plak.

Dampaknya apa? Serangan jantung  dan atau Stroke

Plak akibat kadar LDL yang tinggi akan mempersempit dan mengencangkan arteri, sehingga dapat menimbulkan serangan jantung ataupun stroke. Pola hidup tidak sehat adalah penyumbang besar risiko terkena penyakit berbahaya ini.

(2). Kolesterol Baik (High Density Lipoprotein-HDL)

HDL ini berfungsi untuk “menyapu” kolesterol jahat yang ada di arteri. Caranya, dengan membawa kolesterol jahat berlebih ke hati, untuk kemudian dibuang, sehingga kolesterol jahat tidak menyumbat arteri. Nah, ternyata olahraga terbukti secara medis, ampuh untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, lho! Jalan kaki dan jogging adalah dua olahraga simpel yang direkomendasikan oleh American Heart Association karena baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kedua aktivitas ini juga tergolong praktis, dapat dilakukan kapan pun, bahkan saat jam kantor.

 

Waspada 6 (Enam) Gejala Kolesterol Tinggi!

Kita kudu mulai ‘alert’ kalau mengalami hal-hal berikut:

(1). Rasa berat di tengkuk dan pegal di pundak

(2). Sering sakit kepala

(3). Cepat mengantuk

(4). Mudah lelah

(5). Kesemutan

(6). Xanthelasma, yaitu kumpulan kolesterol di bawah kulit dengan batas tegas berwarna kekuningan biasanya di sekitar mata. Keadaan ini sebagian besar disebabkan kadar lipid yang tinggi dalam darah.

 

TANGKAL KOLESTEROL BERSAMA NUTRIVE BENECOL

Sebegitu dahsyatnya bahaya kolesterol tinggi, ada beberapa hal yang bisa banget kita lakukan secara istiqomah. Yaitu, T-A-N-G-K-A-L

T = Teratur Periksa Kolesterol

1 dari 3 orang Indonesia menderita kolesterol tinggi dan tidak sadar, karena kolesterol tinggi terkadang tidak menunjukkan gejala apapun.

Nah, biar tahu kadar kolesterol kita gimana? Satu-satunya cara adalah lakukan medical check-up secara teratur. Minimal sebulan sekali kita cek kadar kolesterol, untuk memantau kadar HDL, LDL, VLDL dan TGL. Konsultasikan hasilnya dengan dokter ya.

 

A = Awasi Asupan dan Pola Makan

Menu makan sesuai porsi sehat ala My Cholesterol Free Plate by Nutrive Benecol

(1). Karbohidrat, pilihlah yang kaya serat, seperti nasi merah dan gandum, untuk bantu turunkan gula darah. Porsi selebar tangan

(2). Sayuran, porsi yang direkomendasikan untuk dewasa adalah 3 sendok makan penuh (setara 1 genggaman tanga) setiap kali makan.

(3). Ikan laut, konsumsi seperti tuna dan salmon 2x seminggu untuk mendapatkan manfaat omega-3, lemak tak jenuh yang bantu jaga kesehatan jantung. Porsi 1 telapak tangan

(4). Buah-buahan, perbanyak konsumsi buah yang kaya akan pectin, karena bisa turunkan kadar lemak jahat dalam tubuh (porsi 1 genggaman tangan)

N = Nikmati Hidup tanpa Rokok dan Minuman Beralkohol

Merokok dan minuman beralkohol dapat sebabkan kolesterol tinggi, penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung koroner dan stroke.

 

G = Giat Berolahraga Gerakan B-Fit 2.0

Senam ini bermanfaat untuk melepaskan stres, memperbaiki postur, dan meningkatkan metabolisme.

K = Kendalikan Berat Badan dan Hindari Stres

Penyebab utama kolesterol tinggi adalah pola makan berlebihan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging, susu, keju, mentega dan kuning telur.

Nah, saya juga baru tahu nih, kalau stres juga menyebabkan peningkatan kolesterol.  Kerjaan yang sangat hectic bisa berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Sooo, manajemen stres sangat penting untuk menjaga bodi tetap sehat dan setrong yak

A = Awasi Tekanan Darah Anda

Tekanan darah yang tidak terpantau punya risiko bahaya. Lakukan pemeriksaan rutin dan jaga agar tetap normal.

Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyumbatan di pembuluh darah. Kolesterol akan mudah menyumbat pembuluh darah jika tekanan darah terlalu tinggi.

Sebaliknya, tekanan darah rendah juga berisiko penyumbatan di pembuluh darah. Penimbunan Kolesterol mudah terjadi di pembuluh darah, jika tekanan darah terlalu rendah.

Jadi yang bener, piye? Ya itu tadi, kudu dijaga supaya tetap normal.

 

L = Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari

Ada inovasi abad ini bernama Plant Stanol Ester! Ini adalah zat yang sebetulnya terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang kita konsumsi tiap hari, namun jumlah kandungannya amat sedikit jika dibandingkan kebutuhan untuk menurunkan kolesterol.

Untunglah, ada Nutrive Benecol yang mengandung 3,4 gram Plant Stanol Ester. Cukup minum 2x sehari, insyaAllah hidup jadi lebih sehat, dan say good bye ke kolesterol jahat!

Advertisements

10 comments

  1. Diaztomo Febrieanto · August 9

    Pemicu jantung bukan hanya dari kolestrol saja, taoi juga bisa dari gen, gaya hidup, darah tinggi, dan masih banyk lagi. Semoga kita semua tetap di beri kesehatan. Amiin 😀

  2. Andik Taufiq · August 9

    Innalillahi wa innailaihi raajiuun..
    Sepakat. Sakit itu berproses. Karena tubuh kita ini sbnrnya bs self-recovery atau self-healing **mbuh bener po ora istilahe. Cuman mmg ada batas toleransinya. Kalau terus-terusan dimanja dgn gaya hidup yg ga sehat, ya lama-lama penyakit itu numpuk. Tinggal nunggu waktunya saja kpn dia meledak. Dari aspek TANGKAL menurut saya yg paling ngaruh itu yg poin G **apa td singkatannya lupa. Intinya olahraga rutin lah. Jangan sampai ga gerak sama sekali. Kalaupun blm bs berhenti meninggalkan konsumsi yg tdk sehat, ya minimal jgn berhenti utk berolahraga. Saya pernah ga olahraga sama sekali dlm rentang 6 bln berturut-turut, alhasil kolesterol >200, padahal kurus. Makasih mbak Nurul infonya. Sangat bermanfaat. 🙏

  3. avysaja · August 9

    pola makan juga bisa pengaruh ya jeng
    duh jadi harus stok nutrive benecol yg banyak nih

  4. Budiono · August 9

    Selain kolesterol, juga bisa karena faktor genetik. Namun gaya hidup nampaknya harus mulai digalakkan sejak sekarang juga

  5. Dwi aprilytanti · August 9

    Jadi ingat bulikku. 3 hari saja di RS lalu meninggal.krn jantung. Tanpa ada gejala sblmnya. Sayang saya ga dpt undangan di acara.ini. tp baca artikel ini membantu saya belajar banyak

  6. Rahmah Chemist · August 10

    Daku kaget Angka Kolesterol Totalku 233 mg/dL. Duh nggak banget kalo berleha-leha dan tidak berusaha turunkan.

  7. yulia wibisono · August 10

    Say goodbye to kolesterol dengan. NUTRIVE BENECOL

  8. Anggi Putri · August 14

    harus lebih protect tubuh biar kolesterol tetep normal nih

  9. Kira · August 15

    Pantesan kolesterolku tinggi, aku memang sering ngantuk dan kalau capek tengkukku yang pegel. Kirain karena kelamaan duduk depan laptop.

  10. dutapraja · August 30

    banyak orang yang menyepelekan penyakit kolesterol padahal resikonya sangat tinggi, dapat menyebabkan kematian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s