Mau Ikutan Seleksi Google Connect Live 2019 dan Terbang Gratis ke Amrik? Ini Tipsnya!

follow me on twitter: @nurulrahma

Apa Saja yang Harus Disiapkan untuk Ikut Seleksi Google Connect Live 2019?

Haihaihai.

Setelah beredar di sejumlah offline event dan melakoni ‘bukan trip biasa’ alias Umroh, Alhamdulillah…. Sekarang aku berkesempatan buat ngeblog lagi, yeaaayyy!

Tadinya mau cerita tentang aneka kejadian abrakadabra weleh-weleh selama Umroh. Tapi, oh well, kenapa banyaaaaaak DM yg masuk ke Instagram, ataupun email dan WA yang hampir semuanya menanyakan topik serupa: “Kak, aku pengin ikutan Google Connect Live 2019. Gimana caranya buat terpilih (seperti Kak Nurul Rahma) ya?”

Oke. Sebelumnya aku mau kasih disclaimer dulu (hobi banget cyiiin kasih disclaimer 😛 ) Memang, tahun 2017, Allah menakdirkan aku buat ikutan Google Local Guides Summit di San Francisco, California, Amrik… tapiiii (menurutku) bukan berarti aku ‘pegang banget’ kunci dan trik untuk bisa kepilih. Artinya, ada banyaaak faktor yang bermain di takdir itu. Salah satunya, ya karena emang takdir Allah. Plus bisa dibilang, ada unsur luck juga.

Karena itu, ketika menuliskan postingan ini aku juga nggak mau dianggap sebagai role model yang sesungguhnya (apadeh). Beberapa rekan blogger bolak/i japri konsultasi ke aku dan pokoke melakukan apapun yang aku sarankan. Tapi ternyata mba dan mas blogger itu belum terpilih.

Ada lagi, satu blogger yang juga meng-ATM-isasi tips yang aku jlentrehkan. (ATM = Amati, Tiru, Modifikasi). Dan ternyataaaa, doi kepilih!! Bangga banget dong. Tapi, setelah ngurus visa Amerika (apply DUA KALI, booo!) ternyata rezeki cuss ke Amrik belum cair. Ya sudah, mau gimana lagi.

***

Nah, karena “gatel” dapat segabruk DM soal Google Connect Live (GCL), baiklah Kakak mulai sesi penjlentrehan kali ini yak.

First thing first, pastikan kalian yang mau apply BISA dan PAHAM berbahasa Inggris secara AKTIF baik LISAN maupun TULISAN.

Ini pentiiiing banget. Karena gini, nanti peserta GCL itu kan datang dari kurang lebih 60 negara. Tiap orang pasti kudu berkomunikasi kan? Sejak ngurus visa pun, kita juga bakal dituntut untuk gape berbahasa Inggris. Aneka form yang kudu diisi, trus wawancara ama petugas native di KonJen ataupun Kedubes Amrik, itu semua pake Bahasa Inggris, darling.

Pas naik pesawat juga gitu. Di dalam burung besi yang akan terbang lintas benua kurang lebih selama DUA PULUH JAM itu (yeah, 20 jam bosquuuuu!) kita akan dilayani oleh cabin crew yang hampir semuanya ngga bisa bahasa Indonesia.

Mau nyari toilet? Gihh, nanya pake Bahasa Inggris! Kelaparan dan butuh welas asih cabin crew buat ngasih cemilan? Ya ngomong-nya juga kudu berbahasa Inggris. SEMUA, literally semua hal yang kita lakukan harus tersampaikan in English.

Tapi Kak….. aku pengin banget ke Amrik, walaupun Bahasa Inggrisku gruthal grathul….

I’m not the judge ya, jadi aku juga tak berhak melarang kalian buat apply. Saranku, kalau emang masih mau mencoba ikutan seleksi GCL, ya belajarlah Bahasa Inggris secara intens mulai sekarang! Embuh piye carane…. Kalian masih punya waktu sampai November 2019 untuk bisa mastering English 😀

***

Selanjutnya, sebagian dari kalian tentu udah terima email dari Google kan? Kalimatnya memang rada ambigu. Judulnya super PHP 😀

 Anda bisa menghadiri acara akbar tahun ini di California

Tapiii… trust me, itu BUKAN undangan yang menyatakan kalau kalian OTOMATIS BERHAK cuss ke Amrik 😀 Melainkan itu ajakan untuk ikutan seleksi. Jangan GR dulu ya cyyyn hihihi.

Lalu, piye caranya apply Mbak?

 

Ya langsung aja klik: DAFTAR SEKARANG.

Di situ akan mengarahkan teman-teman untuk menuju web-nya:

https://maps.google.com/localguides/event/connectlive

Baca syarat-syaratnya dengan detail dan jeli. Jangan sampai ada yang terlewat yak.

*** 

Tapi Kak…. Itu syaratnya pakai Bahasa Inggris, aku ngga paham…

Loalaaah, perasaan tadi udah aku sampaikan deh, kalo First thing first, kalian yang mau coba apply/ ikutan acara ini PASTIKAN bisa berbahasa Inggris secara aktif. La kalo baca syarat-ketentuannya aja udah bingung, ya sepertinya…. sorry to say….. event ini memang BUKAN untuk kalian  

Sekali lagi, aku bukannya mau menghempaskan harapan atau gimana gimana ya. Tapi get real aja-lah… buat memahami syarat ketentuan aja engga bisa, ya pegimana nanti bakal survive selama event berlangsung?

Sekali lagi BACA syaratnya dengan detail. Jangan sampai ada satu kata yang terlewat. Kalau masih belum mudeng, buka kamus atau Google translate deh 😀

***

Begitu udah nangkep apa aja yang disyaratkan sebagai aplikasi (lamaran untuk join GCL), yuk pantengin beberapa tips berikut (tentu saja disajikan dalam Bahasa Inggris):

Cara Bikin Post/Thread di LG Connect:

https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/How-do-I-write-a-post-on-Connect/ba-p/1047644

Cara Bikin Postingan untuk GCL 2019:

https://www.localguidesconnect.com/t5/General-Discussion/How-to-write-a-great-post-for-Connect-Live-2019/m-p/1297539#M292823

Cara Bikin Video Aplikasi untuk GCL 2019:

https://www.localguidesconnect.com/t5/General-Discussion/9-tips-for-creating-your-Connect-Live-2019-application-video/td-p/1308029

Cara Bikin List (tentang Resto atau Destinasi):

https://www.localguidesconnect.com/t5/General-Discussion/How-to-make-great-restaurant-lists-on-Google-Maps/m-p/605959#M146940

***

Segini dulu ya tips yang bisa aku sampaikan. Sekali lagi, jangan malas buat riset, tentang apapun! Riset cara bikin essay ataupun video yang uhuuui. Riset tentang cara bikin visa Amrik. Riset tentang baju apa yang cocok dipakai untuk cuaca di San Jose California.

Siapkan semua yang diminta oleh panitia. Plus….. jangan lupa buat berdoa! Semangaaaaaattt 😀 😀

 

Advertisements

13 comments

    • Pastinya Google pengin para local guides seluruh dunia mencoba ambil kesempatan ini. Makanya dikirimi broadcast email.

      Kalo thn 2017 dari IND ada5 org yg terpilih…. 2018 ada 6.
      Siapa tahu thn 2019 ada 7 atau 10 😀

  1. Sejak pertama baca postingan mbak yang dulu sekian tahun itu, aku masih belum tergerak buat jadi LG. Eh tahu-tahu, tahun ini jadi semangat! Haha. Semoga tahun depan akan terima emailnya dan berkesempatan untuk menjajal kemampuan. Syukur-syukur diterima, amin.

    Keep sharing, mbak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s