Selama Karantina Corona, Kita Ngapain Aja?

“Masa karantina akan berakhir. Manusia akan keluar dengan keadaan yang beragam. Ada yang menyelesaikan 25 kajian via online. Ada yang menamatkan 10 buku. Ada yang mengkhatamkan Al-Qur’an 4 kali. Dan ada yang menghafalkan 100 hadits. Sebaliknya… ada yang kau temukan menghabiskan waktunya bermain game online, ada yang menamatkan 15 serial drama ditambah puluhan film, ada juga yang sibuk membaca berita dan mengritik kesalahan pemerintah.

Mereka semua mendapatkan jatah yang sama, yaitu WAKTU LUANG. Akan tetapi hasil yang didapatkan berbeda-beda sesuai dengan kadar ilmu, iman, dan semangat mereka. Maka, pilihlah, ingin menjadi bagian yang manakah dirimu?”

***

Huakjleeeebbb!!

Duh, aku kayak ditoyor kanan kiri depan belakang nih, demi ngebaca sepenggal kalimat barusan. Jadi inget-inget lagi, hampir dua bulan #diRumahAja eikeh ngapain aja yha? Hadehh, kalo ditelusuri dengan seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya, kudu diakui, bahwa di masa karantina ini, belum ada achievement dunia-akherat yang bisa saya banggakan.

Skill belum bertambah. Trus, semangat ibadah juga entahlah, sepertinya saya masih masuk golongan kaum yang menikmati Ramadhan sebagai (semi)”festival”. Suka rame-ramenya. Suka ngabuburit, berburu jajan dan menu takjil jelang buka puasa. Suka suasana berduyun-duyun manusia yang sigap tarawih di Masjid. Suka lihat anak kecil lari-larian dan para buibu ngegosip ketika pak Ustadz ceramah (*ups!) Ternyataaaa, selama ini saya terjebak gemar hal-hal yang sifatnya ‘kemeriahan’.

Hufttt. Baeklah. Coba ini daku list beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan selama masa karantina covid-19 sekaligus jalani bulan suci tahun ini.

(1). MEMBACA BUKU-BUKU ISLAMI

(2). MENULIS

(3). IKUT ZOOM MEETING USTADZ/ TAUSIYAH ONLINE

(4). BAYAR ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH

(5). PILATES/ YOGA

6 thoughts on “Selama Karantina Corona, Kita Ngapain Aja?

  1. Nadya Irsalina says:

    Aku tertampar banget baca paragraf awalnya :”)) Aku pun belum ada achievement dunia-akherat yang bisa dibanggakan. Kerjaannya cuma rebahan all day long, buang buang waktu berkedok “kapan lagi bisa mengistirahatkan badan kyk gini”.

    Kayanya harus bikin list kegiatan bermanfaat biar waktu luang ini gakebuang sia-sia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s