Tips Lancar Ibadah Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

TIPS LANCAR IBADAH RAMADHAN DI TENGAH PANDEMI CORONA

Halooo, gimana kabar ibadah Ramadhan teman-teman? Lancar jaya kan puasanya? Tarawih, tadarus, tetap bisa dilakukan #DiRumahAja kan?

Alhamdulillah yaaa. Walaupun Ramadhan tahun ini jauuuhh berbeda dengan bulan suci di periode sebelumnya, apapun itu, kita harus tetap bersyukur. Masih bisa bersua dengan bulan yang dirindukan jutaan manusia di muka bumi. Masih bisa menjalankan aneka ibadah, plus tetap bisa bersedekah dengan saudara-saudara yang membutuhkan. Kalaupun bener-bener ngga bisa sedekah ke luar rumah, no need to worry! Banyak portal sedekah online yang bisa banget kita manfaatkan.

Yap, pandemi CORONAVIRUS ini mengubah banyaaaakk perilaku, rutinitas dan gaya hidup kita. Memang makin ke sini, kita kudu adaptasi dengan ‘the new normal’ yang diakibatkan serangan corona. Manusia memang harus bisa menyesuaikan diri, dengan kondisi apapun kan? Termasuk kudu ikhlas dan ridho, beribadah Ramadhan di tengah pagebluk corona.

Nah, supaya makin semangaaaattt menjalankan ibadah di bulan suci ini, daku mau share beberapa tips simple nih. Cekidot!

(1). JAGA KONDISI DAN KESEHATAN TUBUH

Puasa jelas membutuhkan kondisi fisik yang prima. Mengonsumsi makanan dan minuman bergizi udah pasti kudu kita lakukan. Apalagi, saat ini jumlah pasien terinfeksi corona semakin membludak. Artinya, kita bener-bener HARUS BANGET memilah dan memilih mana nih, bahan pangan dan menu yang bikin kita makin strong dan sehat jiwa raga.

Jangan lupa konsumsi air mineral, tetap kudu 8 gelas sehari ya. Ketika sahur + buka + sebelum tidur. Trus, konsumsi madu dan kurma, sesuai dengan sunnah Rasulullah. Makan sayur dan buah secara rutin, supaya ternutrisi dan kita bisa terlindungi dari radikal bebas. Yang butuh asupan vitamin, jangan lupa ya, untuk mengonsumsinya saat sahur. Supaya setrooong!

(2). JANGAN BEGADANG, APALAGI MARATON DRAMA KOREA

Uhuks! 😊 Hahaha, belakangan ini, gegara hati ambyar dan mati gaya lantaran harus #WorkingFromHome, saya justru terjebak pada perilaku kontraproduktif. Apakah itu? Tidak lain dan tidak bukan, marathon Drakor alias Drama Korea. Hufftt, ini mulai ada gejala addicted, nih. Soalnya dalam semalam, saya bisa nyelesaikan 9 episode langsung! Dan, berantakan deh, jadwal tadarus, ibadah sunnah dll-nya.

Malah pas sahur malam ke-2 Ramadhan tuh saya sempat bangun mepett banget dengan Imsak! Hadeehh. Penyebabnya tidak lain tidak bukan, karena sehabis tarawih, saya marathon Drakor. Kapok deh, kapok!

Memang, istirahat plus tidur berkualitas sangat dibutuhkan untuk jiwa raga kita. Karena #DiRumahAja tuh sekilas/kelihatannya kan nggak ada aktivitas yang over-bikin capek ya. Tapii, tetep aja, kerjaan rumah segabruk, dan kita juga kudu siapkan bahan pangan untuk sahur dan buka puasa. Poin pentingnya adalah: atur jam istirahat kita. Jangan sampai kurang istirahat ya. Jangan Begadang!

(3). TETAP OLAHRAGA

Olahraga dan berkeringat itu bisa mengeluarkan hormone endorphin yang bikin kita sehat dan awet muda. Tapiii, KOK MALES DAN SUSAH BANGET BUAT MULAINYA YAAA? Same here! 😊 Apalagi, karena terus-terusan terkungkung dalam rumah, kayaknya banyak kecenderungan buat “Rebahan dulu aja dah!” ketimbang memulai olahraga, hahaha.

Nah, di bulan puasa (sekaligus lagi pandemic corona) seperti sekarang, alangkah baiknya kalau kita tetap berolahraga. Yang ringan-ringan aja. Jalan santai di depan rumah, setelah sholat subuh. Atau, setel YouTube, dan search “Yoga for beginner” “Pilates for beginner”. Intinya, tutorial workout yang nggak mengharuskan kita buat loncat-loncat. Saya penggemar Zumba, tapi kalau bulan puasa sih, skip dulu. Kuatir ngos-ngosan dan haus, heheheh.

Olahraga di depan laptop ini bisa dilakukan sesaat menjelang buka puasa. Jadi, abis keringetan, langsung ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR…..! Gleg gleg gleeeeggg, minum teh hangat, suegerrr!

(4). BERIBADAH DI RUMAH AJA

Seperti himbauan pemerintah, kita memang kudu belajar, bekerja dan beribadah di rumah aja. Gapapa, tahun ini kita nggak ikut tarawih di Masjid. Masih bisa tarawih sendirian atau berjamaah dengan keluarga di rumah. Gapapa, kita ngga nyimak ceramah di Masjid, toh masih bisa kok dengar tausiyah di YouTube. Kalau ngaji sendirian terasa gampang bikin ngantuk, ya udin, cuss YouTube trus search murottal para Ustadz atau Imam Masjidil Haram. Rasanya nyessss, berasa kayak air es yang nimpa ubun-ubun. Adeem banget. Dan kita bisa sekaligus memperbaiki kualitas bacaan Qur’an kita. Siapa tahu selama ini ada tajwid dan makhroj yang belum tepat ya kan.

***

To sum up, kita BISA BANGET kok tetap beribadah di bulan suci, dengan optimal, meskipun CORONAVIRUS bergentayangan di seluruh penjuru bumi. Yang penting tetap niat, ikhlas ibadah karena Allah ta’ala, dan selalu bermohon agar Yang Maha Kuasa memberikan solusi terbaik untuk kita semua.

Eh, kalau lagi musim banyak virus, bakteri, and the gang bertebaran di seluruh penjuru bumi kayak sekarang nih, rasanya ngeri ya mau pergi ke luar rumah. Apalagi, ke Rumah Sakit. Padahal, setiap orang kan punya kans untuk terserang penyakit dan butuh konsultasi dokter. Tapi RS itu identik dengan lokasi bersemayamnya jutaan virus dan bakteri. Waduuh. Makin galau kan, berobat ke RS atau nggak.

Untunglah, sekarang ada aplikasi Halodoc yang bisa banget kita manfaatkan! Bahkan, misalnya ada kerabat yang curiga apakah terpapar coronavirus, bisa lho bikin janji untuk Tes Covid-19 via Halodoc!

Melalui Halodoc, orang dapat berbicara dengan dokter spesialis, membeli obat, serta melakukan pemeriksaan laboratorium lewat smartphone kapan saja, dimana saja selama 24 jam. Tujuan Halodoc adalah simplifying healthcare, yakni memudahkan akses kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Halodoc kini telah membuka layanan aplikasi kesehatan, dan obat online di lima puluh kota di Indonesia seperti Bali, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Bandung, Banjarmasin, Banyuwangi, Batam, Belitung, Bukittinggi, Cilacap, Cirebon, Garut, Gresik, Jakarta, Jambi, Jember, Jombang, Karawang, Kediri, Madiun, Madura, Magelang, Makassar, Malang, Manado, Mataram, Medan, Mojokerto, Padang, Palembang, Pasuruan, Pekalongan, Pekanbaru, Pematang Siantar, Pontianak, Probolinggo, Purwakarta, Purwokerto, Salatiga, Samarinda, Semarang, Serang, Sidoarjo, Solo, Sukabumi, Sumedang, Surabaya, Tasikmalaya, Tegal, Yogyakarta.

Pengguna Halodoc dapat mencari dokter secara online untuk berbicara mengenai kondisi kesehatan yang dialami. Kemudian, setelah dokter mendiagnosis gejala yang diidap pengguna, selanjutnya akan diberi obat yang sesuai. Setelah selesai berbicara dengan dokter, pengguna dapat langsung membeli obat sesuai resep yang diterima.

Yuk, cuss download aplikasi Halodoc!

51 thoughts on “Tips Lancar Ibadah Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

  1. alaniadita says:

    Jadi, drakor apa yang ditonton langsung sampe 9 episode? :))))

    Aku sebelum ramadhan dan corona pun kecanduan sama drakor, tapi semenjak ramadhan malah jadi jarang. Malu sama tadarusan Mbaaa. Jadinya, bikin janji deh sama diri sendiri. Boleh drakoran kalo uda ngaji XD

    Sehat sehat yaaa, Mba Nurul 🙂

  2. Lidya says:

    gak maraton kok nonton drakornya hehehe satu episode aja kadang lama ditontonnay selama Ramadan ini, aku nontonnya malem sebelum tidur biar cepet ngantuk

  3. @mirasahid says:

    Aku sempat begadang beberapa waktu kemarin, tapi bukan karena nonton korea, hehehe. Seringnya karena sebelum tidur buka2 platform dulu, baca-baca, eh kebablasan jadi enggak bisa tidur. Kalau udah lewat jam 12 malam, ya sudah, wassalam, dijamin enggak bisa tidur jadinya

  4. Nchie Hanie says:

    Hhahahaaaa…jujur aku selama wfh sering bgadangm karena emang ada kerjaan juga sih. Trus skalian sama me time ngeblog enaknya maleeem, sunyiiii.

    Dan cuma Marathon Drakor yang ga aku lakuin, makasiih hhahaaa.

  5. Uniek Kaswarganti says:

    Pernah pake jasa halodoc malah sebelum covid ini melanda dunia. Senang sekali setiap ibu kontrol kesehatan di rumah sakit, obatnya dianterin menggunakan jasa Halodoc ini. Amat membantu kebutuhan kita akan kesehatan nih dengan menggunakan aplikasi ini.

  6. demia says:

    waa terima kasih tipsnya hhihi, aku belum pernah nih nyobain aplikasi halodoc ini, jadi kepo deh pengen cobain juga, mau download dulu ah hehe

  7. CROUCH DENNIS says:

    Dapatkan pinjaman Anda sekarang dalam 48 jam

    Selamat siang
    Apakah Anda ingin menjadi pengusaha, memulai proyek atau membeli apartemen atau Apakah Anda dalam kesulitan keuangan, Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan, apakah Anda kurang tidur berusaha mendapatkan pinjaman, jangan biarkan impian Anda mati, hubungi Dennis Crouch Finance Tegas, untuk pinjaman yang cepat dan andal.

    Kami menawarkan jenis pinjaman berikut:

    1. Pinjaman perusahaan
    2. Pinjaman bisnis
    3. Pinjaman apartemen
    4. Pinjaman otomatis
    5. Kredit mobil dll.

    Kami menawarkan pinjaman kepada pelanggan yang serius dan jujur yang siap bekerja dengan kami dengan tingkat bunga 3%, dari 100.000,00 euro hingga 900.000.000.000,00.

    Segera hubungi kami melalui email kami (denniscrouchfinancecompany@gmail.com) atau (denniscrouchfinancefirm@outlook.com)

    Nomor Whatsap: +2349025654259
    Viber: +2349025654259

    Tertanda
    Pengelola
    Kantor Keuangan Dennis Crouch

  8. Diiiah says:

    Sebelum Ramadan sy mulai latihan senam tabata sama anak-anak. Puasa ini sempat stop, dan mau mulai lg insya Alloh.

    Saya pilih waktu setelah asar, mbak. Sesudah itu masih ada waktu untuk menguapkan keringat (((menguapkan, lol))) sebelum kmd mandi seger.

    Jadi enggak mepet buka gitu. Kl mepet, kapan mandinya, kapan sholat maghribnya, hahaha…

  9. ranirtyas86 says:

    Duh Mbak kamu kok setrong banget to nonton 9 episode dalam 1 malam, Wkwkkkk

    Wih sekarang kalau mau konsultasi ke dokter bisa juga lewat aplikasi Halodoc ya. Keren banget sih ini

  10. Riawani elyta says:

    Saya belum olahraga lagi nih selama bulan puasa. Makasih ya udah diingetin. Nanti insya Allah mau rutin olahraga lagi

  11. thya says:

    “jangan begadang” kayaknya susah deh mba, apalagi kalo anak udah susah tidur. Alamat mamak harus pantau terus. begadang lagi deh jadinya.. hehehe..

    Semoga kita selalu sehat ya mba dan pandemi segera berakhir. . Amiinn

  12. ysalma says:

    Halodoc membantu banget untuk konsultasi kesehatan di tengah pendemi coronavirus seperti sekarang ya, mba. Aku ga nonton apa2 udah keteteran duluan membagi waktu selama Ramadhan ini :mrgreen: .

  13. Arda Sitepu says:

    Aku sampai ngakak mbak jangan sampai marathon drama Korea, pasalnya baru tadi malam Marathon ini dan alhasil capek banget pagi ini. Semoga tetap bisa jaga kesehatan.

  14. Lina W. Sasmita says:

    Alhamdulillah selama Ramadan nggak nonton drakor sama sekali. Semoga bertahan sampai seterusnya. Karena sayang banget rasanya waktu terbuang tidak produktif. Suka menyesal ngabisin waktu berjam-jam tanpa menghasilkan. Hanya buat fun namun faktanya malah emosional 😅

  15. Efi Fitriyyah says:

    Pas baca postingan ini aku jadi inget belum minum banyakan lagi hihihi. Minum dulu ah sebelum gosok gigi dan tidur. Thanks to Halodoc yang udah membantu kita mengurangi kecemasan selama masa PSBB ini. Duh semoga lekas usai ya

  16. Dedew says:

    Semoga lancar puasanya ya say, aku juga olahraga dari tv tiap hari jam 8 pagi hihi..wah bagus ya halodoc bisa dapat info kesehatan yang terpercaya sumbernya..

  17. Nabilla DP says:

    udah dua kali pakai halodoc, pertama untuk adek sepupu dan yang kedua untuk ibuku. memang recommended banget si mbak, mana waktu ibu sakit tuh aku konsul ama dokternya subuh2 haha masih dilayani jugaa.. mantul

  18. Damar Aisyah says:

    Aku udah nyoba aplikasi ini, sudah 2 kali malahan. Yang pertama konsultasi kondisi anak karena ada indikasi gejala DBD. Yang kedua aku ikut tes covd-19. Menurutku sangat mudah digunakan dan lumayan membuat lega.

  19. Siti Nurjanah says:

    Aku tersindir di poin nomor 2 (Hahahaha) kadang klo udah nonton suka lupa waktu
    Di tengah Pandemi gini memang harus lebih jaga imun tubuh dengan istirahat cukup
    Btw..aku juga kadang pake Apps Halodoc untuk cari informasi seputar kesehatan

  20. Elly Nurul says:

    Halodoc sudah install, sering beli beli obat dari sana dan juga beli masker hehe aku termasuk yang terbantu banget sih dengan app halodoc ini, beneran sumber informasi kesehatan banget di tengah pandemi ya mbak

  21. Elly Nurul says:

    Alhamdulillah sudah beberapa hari menjalankan ibadah dari rumah dan masih lancar, semoga lancar terus ya..perbanyak tadarus daripada nonton drakor hehe.. dan baca baca artikel kesehatan juga via halodoc.. supaya makin sehat

  22. Oline says:

    Halodoc aku sering manfaatkan fitur yang chat with expert tuh. Masa2 pandemi sekarang menolong banget krn kan gak bisa keluar rumah, gak bisa bertanya ke dokter juga.

  23. herva yulyanti says:

    Aku pake halodoc untuk beli obat mba krn kemarin sesakku kambuh dan ga boleh ke rumkit sama suami jadilah cari obat di halodoc

  24. lisdhabundaale says:

    keknya saya termasuk golongan lambat deh..belum pernah cobain fasilitas konsul kek gini hehehe. tp mudah2an itu krn mmg belum butuh. tfs mak nurul. mudah2an kalo pas butuh jd sdh nggak asing lagi 🙂

  25. Zia says:

    Nah, poin-poin penting nih biar menjalankan ibadah puasa dan Ramadan ini tetap lancar. Iya, temenku selama stay home banyak yang maraton nonton serial. Hihihi Harus ditahan ya biar gereget. Suka ga sadar eh nonton berjam-jam.

  26. Ade UFi says:

    Virus corana bukan alasan kita untuk lepas ibadah selama Ramadhan ya, Mba. Malah banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya ya olahraga. Jadi selama ramadhan kita tetap sehat dan vit

  27. Aprillia Ekasari says:

    Makjleb aku begadang tapi bukan nonton drakor sih lbh ke nyelesein kerjaan haha soalnya kalau pagi siang tu anak2 maunya diperhatiin mulu jd adanya waktu pas malam itu ya akirnya dipakai, tapi emang jdnya riweuh banget nih ramadan walau di rumah aja hehe

  28. lendyagasshi says:

    Sejak WFH dan SFH, aku gak punya waktu me time yang bener.
    Jadi seada-adanya aja nonton drama Koreanya.
    Tapi, malah rajin begadang, hahaha…ngobrol sama suami itu lebih enak kalau malam ternyata…
    Kami sama-sama bisa saling mengoreksi tanpa harus menjadi sakit hati.

  29. Diyanika says:

    Ramadan ini aku sama sekali belum nonton drakor, Mbak. Hahaha. Penting banget, ya, dibahas. Lha wong bisa tidur dengan cukup saja, alhamdulillah. Hahaha.

    • Aprillia Ekasari says:

      Iya Ramadan kali ini beda banget malah jd susah nonton ini itu, mungkin krn nyiapin apa2 buat keluarga jd rasanya semuanya jd cepet waktu cepet berlalu kali yaa

  30. merida says:

    Selama ramadhan aku cuma nonton dramanya Oppa Lee Min Ho aja, mbak. Sengaja jaga jarak dulu sama drakor biar ibadah lebih afdol. Eh, giliran teaser drama oppa Min Ho gentayangan gak kuat akunya. Hahaha. Auto download deh. Tapi untungnya ongoing, jadi ga terlalu menyita waktu.

  31. Nanik Nara says:

    Udah download dong, udah memanfaatkan fitur buat beli obat.

    Setelah sebulan lebih, akhirnya jadi terbiasa ya di rumah aja.

    Aku malah jadi sering begadang sekarang. Tapi nggak apalah, diimbangi dengan tidur siang

  32. bundadzakiyyah85 says:

    Alhamdulillah sekarang banyak aplikasi yang memudahkan kita walau hanya di rumah aja ya mbak. Saya tuh was was banget kalau harus ke rumah sakit padahal butuh banget konsultasi sama dokter. Nah, pakai halo doc deh sekarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s