Tips Merawat Kulit Secara Alami di Rumah

Tips Merawat Kulit selama Pandemi

Eh, siapa yang di Rumah Aja tapi kulit malah bermasalah? *ngacung* Aneh juga yak. Padahal, tadinya saya pikir karena nggak ke mana-mana, kulit bakal auto sehat bin kinclong. Ternyata, selama masa pandemi corona ini, lumayan banyak masalah kulit yang saya alami. Yang paling sering sih, muncul bisul, entah itu di tangan ataupun kaki. Kapan hari malah ada bisul di lutut! Ampun dehh, kalau dipakai sujud pas sholat, rasanyaaaaa…..ulalaa ambyaarr!

Bahkan ada saudara saya yang mengalami Dermatitis Atopik selama musim karantina ini. Menurut Halodoc.com, Dermatitis atopik merupakan salah satu jenis dermatitis (eksim) yang terjadi akibat adanya peradangan pada kulit. Kondisi ini bisa disertai dengan kulit yang memerah, kering, dan pecah-pecah. Peradangan biasanya berlangsung lama, bahkan hingga bertahun-tahun.

Waduh! Kalau begitu, kita kudu melakukan sejumlah hal, supaya kulit tetap sehat dong ya. Apa saja?

(1). Rajin Mandi dan Rawat Kulit

Ini udah pasti tips numero uno! Jadi malu sendiri, soale saya beberapa kali skip mandi sore, hihi. Karena seharian full di rumah aja, rasanya badan nggak berkeringat. Baju tetap kering, auranya “Ih kayanya aku baik-baik aja, walaupun nggak mandi, kok.”

Serum-Pemutih-Badan-yang-Ampuh-dan-Aman

Nah lho. Padahal, mandi dua kali sehari tuh penting banget! Kita nggak tahu kan, apakah ada kuman/virus/bakteri yang bercokol di bodi.

Biar mandinya makin assoy, saya sekarang siapkan sabun aneka varian. Kalau lagi bosen yang wangi anggur, ganti sabun rasa stroberi 😀 Supaya mood-nya terjaga. Trus, setelah mandi, saya siapkan aneka lotion untuk pelembab tubuh. Tentu yang cocok untuk jenis kulit. Karena saat ini, Surabaya musimnya lagi “aneh”, tetap panas tapi lumayan sering hujan.

(2). Jaga Kebersihan Rumah

Ini juga penting! Bisa jadi kita tiap hari menyapu, mengepel, sedot debu pakai vacum cleanser, tapiii…. Itu sprei dan sarung bantal guling udah rutin dicuci kah? Kasur di kamar apakah rutin dijemur/kena sinar matahari? Ini lumayan signifikan, lho. Karena di Kasur kan sering hinggap serangga/tungau gitu. Wah, kalau kulit bersentuhan dengan kutu Kasur, dijamin bakal gatal-gatal dan menyebar ke seluruh tubuh. Maka dari itu, bener-bener deh, kita kudu menggaransi rumah dan (terutama) aneka properti di kamar senantiasa bersih cling!

(3). Konsumsi Makanan Minuman Bergizi

Siapa yang sering njajan online ketika #diRumahAja? Huehehe, saya sering banget tergoda dengan aneka promosi dari aplikasi jajan online. Setelah aneka Food and Beverages itu masuk lambung, deeggg, baru nyadar deh. Itu tadi burger, boba, aneka float, KALORI-nya berapa yhaaa? Kandungan gula overload, nutrisinya kagak jelas, sayurnya nihil, topping keju, mayonnaise dan aneka produk berlemak jenuh, hijrah ke tubuh eikeh! Mungkin kalau sekali dua kali bisa dimaafkan. Tapi, kalau SETIAP HARI? Hadeehh…

Trus buat ABG/remaja, ada fenomena yang menarik. Terkadang alergi SUSU bisa muncul di saat remaja, lho. Tentu saja, dampaknya kulit jadi breakout, penuh dengan jerawat di seluruh wajah. Maka dari itu, kita kudu memilah dan memilih mana saja bahan pangan terbaik yang kita konsumsi. Banyakin makan buah dan sayur, ya. Plis kurangi tuh jajanan berlemak dan full micin *ngomong ama diri sendiri*

(4). Rajin Olahraga

Paham banget manfaat olahraga, ya kan. Selain me-release hormon endorphin, olahraga teratur juga bikin kulit makin sehat, lho. Whoaa, saya paling demen deh, kalau keringat berleleran di wajah dan bodi pasca workout Zumba. Rasanya, usia saya lebih muda 10 tahun, wkwkwkwk.

Supaya kulit tetap sehat, JANGAN langsung mandi Ketika tubuh lagi berkeringat pasca olahraga. Keringkan dulu, bisa sambil meditasi, atau memandang taman nan kehijauan mungkin? Intinya, rileks dulu. Nikmati suasana. Lalu, cuss! Kalau sudah kering, bisa mandi yaaa… Supaya kuman yang mungkin sempat singgah, segera enyah.

(5). Kelola Stres dengan Baik

BOSAAAAAANNN….! Hampir tiap hari saya berkirim WA ke sahabat. Yep, mari kita sambat tentang hari ini 😀 Namanya juga kudu di rumah melulu, nggak heran kalau rasa bosan menyergap dari segala penjuru.

Saya tahu, STRES ini melanda SIAPA SAJA. Kadar, intensitas, jenis, dan trigger-nya aja yang mungkin berbeda. Kalau sudah stress, tidak ada pilihan lain: Yuk kita KELOLA dengan baik. Mungkin, ada rasa tertekan karena bosan, ya coba temukan aktivitas yang bisa mengenyahkan bosan. Bisa dengan belajar baking, berkebun, atau beli ikan kecil-kecil dan taruh di wadah transparan. Ini lumayan relaxing, lho.

Kalau saya, tipikal yang butuh “mitra sambat”. Jadi, saya rutin berkirim WA dengan sahabat, dan kami saling mengirimkan materi sambat, hehehe. Tidak ada solusi jitu, tapi rasanya plooongg gitu.

Dan sebagai kaum beriman, sudah pasti, saya menggelar sajadah dan berkeluh kesah pada Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Ketika permasalahan hidup terasa makin WOW, tentu saja, silakan sambat pada Yang Punya Hidup dan Menghidupkan.

***

Begitulah tips yang saya praktikkan supaya kulit senantiasa sehat. Kalau ada masalah dengan jiwa raga, cari solusinya di tempat yang tepat, ya. Maklum, belakangan ini banyak yang ngaku-ngaku jadi pakar Kesehatan. Padahal, masalah medis ini kan krusial dan nggak bisa buat main-main. Selain itu, apabila teman-teman ingin tahu lebih banyak mengenai Dermatitis Atopik, serta bagaimana pencegahan dan perawatannya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kita bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat. Semoga kita semua sehat dan selalu bahagia lahir batin. Semangaaat!

46 thoughts on “Tips Merawat Kulit Secara Alami di Rumah

    • Dessy Achieriny says:

      Nah iya nih Bun, faktor stress juga mempengaruhi kesehatan kulit. Apalagi masa pandemi sekarang banyak hal yg dipikirin. Aku udh install Halodoc tapi belum pernah gunain. Alhamdulillah selama pandemi sehat semua. Semoga keluarga di sana sehat selalu ya ❤️

  1. annienugraha says:

    Emang ya kalo di rumah aja tuh mancing-mancing kemalasan untuk mengurus kesehatan kulit. Secara kita merasa aman2 aja karena gak keluar rumah. Padahal meskipun berada di dalam rumah saja, bukan berarti kita gak punya kewajiban membersihkan diri.

    TFS untuk artikelnya Mbak. Bermanfaat banget untuk saat-saat sekarang ini.

  2. Nchie Hanie says:

    Hahaaa, emang iya banget. Jaman now banyak yang mendadak jadi pakar kesehatan dan Coach dadakan. Seruu abis nontonnya..
    Tipsnya udah aku jalanin semuaa, cuma sekarang kulitku lagi kering2, ampe gatel, kata doketer mah efek dari cuaca di sini yang ga menentu, masih bisa diatasin.

    Ahh, semoga kita semua sehaat yaa, biar bisa kongkow, eaah.

  3. Rania Fardyani says:

    Waaah, tipsnya cucok nih buat saya yang ga ngerti pake skinker-skinkeran 😅
    Peernya di olah raga. Saya mualesss banget olah raga, bahkan hanya sekedar jalan pagi di hari Minggu 🙈 harus dirajinin ya ternyata ngaruh ke kesehatan kulit

  4. Mugniar says:

    Iya betuul, gak boleh mandi kalau masih berkeringat .. eh malah salfok di mandi hihi … teteup ya harus rajin mandi di masa pandemi ini … juga melaksanakan tips di atas.

  5. Husnul says:

    Pancen, sambatan karo konco paling enak, apalagi sambat menyambat haha.. Sejatinya kita memang butuh “tempat sampah” untuk membagi perasaan. Oh ya.. saya jadi inget kalau Matahari memang Obat. Dulu pas di SBY yang panas kayak gitu, saya gak pernah alergi apapun, karena tiap hari kena matahari. Sekarang sama sama ditempat dingin dan berdebu.. saya malah alergi sama yang kayak gitu, dan baru sadar.. karena jarang banget kena matahari, makanya tubuh juga gak oke lagi. Makanya kita sering disuruh berjemur ya mbak..

  6. tetty hermawati says:

    ini wajahku lagi bruntusan, lama ga keluar rumah bikin aku males skinkeran, tapi sebel ih wajahku jadi kusam ini, wkwkwk, mau mulai beli skincare dan pake rutin lagi jadinya, ga enak wajah kusam walaupun ga kemana2 hehehe

  7. Bety Sulistyorini says:

    Aku juga ngerasa nih selama di rumah aja kulit makin kering apalagi sering cuci tangan hihihi. Makanya butuh plesiran sebenernya. Cuman ya karena kondisi masih kayak gini, aku pilih di rumah dulu aja, sambil pratekin tipsnya mba Nurul deh

  8. Okti Li says:

    Memanage stress ini yg blm bisa saya optimalkan. Padahal kalau pikiran lagi kalut, justru bisa merembet kemana-mana ya. Tidur tidak nyaman, pola makan ikut terganggu, semuanya berantakan…

  9. ysalma says:

    Aku mandi yang kadang suka dijamak pagi dan sore kalau ngerasa ga begitu berkeringat. Padahal mandi bagian dari menjaga kebersihan kulit dan badan yg takarannya bukan perasaan.
    Jadi ikutan semangat tetap terjaga kekinclongan kulit selama di rumah aja.

  10. lianny hendrawati says:

    Sering cuci tangan di masa pandemi ini bikin kulit tangan jadi kering rasanya. Memang perlu lotion juga untuk melembabkan ya. Makasih buat tipsnya mbak. Kalau aku, masih kurang banget nih olah raganya.

  11. Rahmah Chemist says:

    Halo Doc paling berkesan tuh saat bisa nganter obat ke rumah di saat benar benar nggak bisa antri karena perut mules diare

  12. tutyqueen says:

    Wah iyaa aku juga sempat gatal-gatal nih mbak kayak biang keringat gitu untungnya lekas di kasi bedak gatal.. Kemungkinan mandi nggak teratur haha

  13. niaharyanto says:

    Setuju banget, banyak faktor yang membuat kita sehat dan cantik. Termasuk kulit cantik juga. Btw, Halodoc ini salah satu aplikasi favorit deh. Di masa pandemi yang bikin kita susah ketemu dokter secara langsung, Halodoc bisa mengatasinya. Kita bisa chat dan tanya ini itu langsung ke dokter.

  14. Helena says:

    Nah ini jangan lupa mandi!
    hahaha … di rumah aja mentang-mentang ga keluar trus ga merawat kebersihan diri. Ya jadinya kulit minta haknya dong.

  15. Lidya says:

    Baru pulang olahraga nih lanjut bw 😀 Bener banget di rumah terus bisa-bisa stres makanya harus bisa dikelola dengan baik, atau bisa hubungi Hakodoc ya kalau ada pertanyaan seputar kesehatan

  16. Aprillia Ekasari says:

    Rajin olahraga ini lho yang aku masih berat. Tapi emang kudu dilakukan yaaa soalnya emang kerasa nih aku membesar di mana2 sampek bbrp baju rasanya nyesek haha.
    Kalau aku mandi malah makin sering krn keluar bentar pasti masuk rumah mandi lagi hahaha

  17. Yuniari Nukti says:

    Alhamdulillah selama di rumah aja kulitku aman tentram sentosa, Mbak. Lagi rajin, rajin bersihin kulitnya. Lagi males, 2 hari baru mandi, hehe.. Tapi kalau urusan kelola stres, Insya Allah tidak ada masalah. Cuman susahnya melakukan olahraga yang teratur ini, nih

  18. Andy Hardiyanti says:

    Hadeuhhh pantas aja selama di rumah, kulit saya kok malah makin kusam ya. Ternyata sering makan asal-asalan, kuat bener ngemil. Lupa deh konsumsi makanan bergizi. Belum lagi jarang olahraga 😦 Komplit sudah~

  19. Nengsi says:

    Akibat pandemi ini kayaknya banyak banget yang kena penyakit malas mandi. Wkwk.. Padahal penting banget menjaga kebersihan khususnya kulit walaupun kita tidak kemana-mana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s