Ingin Membuat Aplikasi Bisnis? Cek Dulu Informasi ini

Sudah saatnya bisnis kita beralih ke media digital dengan membuat aplikasi bisnis. Meskipun harganya terbilang cukup mahal, ada pinjaman bunga rendah yang bisa diandalkan. Maka dari itu, aplikasi bisnis di zaman sekarang memang sebuah hal yang harus dipertimbangkan.

Pasalnya, saat ini pengguna smartphone cukup tinggi sehingga banyak perusahaan yang mengalihkan bisnisnya menjadi berbasis digital. Namun, sebelum memutuskan akan membuat aplikasi bisnis sebaiknya Anda simak dulu tips di bawah ini.

7 Tips Memilih Jasa Pembuatan Aplikasi Bisnis

Aplikasi dipilih sebagai media berbisnis karena memiliki banyak kelebihan seperti lebih cepat, efektif, dan efisien. Namun, untuk bisa memilih jasa pembuat aplikasi yang tepat, Anda perlu memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

(1). Gunakan Jasa Spesialis 

Pengembangan aplikasi merupakan sebuah bidang yang termasuk spesifik. Developer aplikasi harus menguasai bahasa pemrograman yang diperlukan agar bisa membuat sebuah aplikasi yang utuh dan mumpuni. 

Selain itu, mereka juga harus paham mengenai spesifikasi perangkat yang akan digunakan oleh aplikasi tersebut seperti Android, iOS, dan website. Dalam beberapa kasus, ada beberapa jasa yang ternyata masih belum profesional dalam bidang ini. 

Tentunya ini bisa berdampak kurang maksimal pada aplikasi bisnis yang Anda buat.Karena itu, sebaiknya Anda memilih jasa yang sudah profesional. Minimal mereka sudah menyelesaikan beberapa projek hingga berhasil meskipun usia layanan jasa tersebut masih terbilang muda. 

Tak perlu khawatir masalah dana untuk membayar jasa spesialis pembuatan aplikasi bisnis ini. Anda bisa menggunakan pinjaman online dengan bunga rendah.

(2). Lihat Portofolio

Ketika Anda sudah menemukan beberapa referensi jasa yang akan dipilih, pastikan untuk melihat portofolio mereka terlebih dahulu. Portofolio bisa menunjukan keahlian teknis, tema proyek, domain bisnis, dan masih banyak lagi. 

Anda juga bisa bertanya pada perusahaan tersebut apakah mereka pernah mengerjakan proyek serupa dengan yang akan Anda pesan atau tidak. Hal ini bisa memberikan gambaran sekilas mengenai bagaimana hasil kerja mereka nantinya.

Dalam mengecek portofolio ini, jangan sampai Anda tertipu. Pastikan untuk selalu melakukan pengecekan apakah portofolio yang diberikan tersebut asli milik perusahaan atau bukan.

Caranya dengan melihat link yang ada. Jika nama developer tidak sesuai dengan link resmi, maka sebaiknya coret perusahaan tersebut dari daftar referensi Anda.

(3). Baca Ulasan

Testimoni atau ulasan merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi perusahaan. Sebaiknya, carilah perusahaan yang memiliki banyak ulasan positif dari kliennya. Ulasan ini bisa menandakan jika perusahaan tersebut merupakan jasa pembuatan aplikasi yang sudah terpercaya. 

Cara menemukan ulasan ini tidak sulit, Anda bisa langsung melihatnya di Google My Business. Perusahaan yang sudah profesional pasti sudah memiliki platform ini sebagai salah satu bagian dari portofolio mereka. Selain itu, Anda juga bisa menemukan ulasan melalui forum-forum yang ada di internet. 

(4). Pilih Perusahaan yang Memberikan Pengujian Aplikasi

Ketika hendak membeli baju, Anda pasti ingin mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan baju tersebut cocok atau tidak, sesuai atau tidak. Begitupun ketika membeli aplikasi, Anda perlu mengecek terlebih dahulu aplikasi tersebut apakah sudah benar-benar sesuai dengan yang diinginkan atau belum.

Mintalah akses ke dalam aplikasi tersebut pada developer, lalu biarkan orang kepercayaan Anda menguji aplikasi tersebut lebih dulu. Tujuannya agar bisa diketahui kelebihan dan kekurangannya. 

(5). Transparansi

Hal yang paling penting dalam memilih jasa pembuat aplikasi adalah transparansi. Hal ini sangat penting agar kedua belah pihak bisa saling mengerti satu sama lain. Penting bagi Anda untuk mengetahui langkah apa saja yang akan dilakukan oleh jasa tersebut untuk membuat aplikasi. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapat gambaran bagaimana aplikasi tersebut diproses.

Karena itu, sebaiknya pilih jasa pembuat aplikasi yang memberikan penjelasan mengenai setiap langkah yang mereka ambil dalam membangun aplikasi tersebut. Anda bahkan bisa meminta proposal secara detail agar semuanya tampak lebih jelas.

(6). Sesuaikan dengan Anggaran

Faktor lainnya yang harus dipertimbangkan pada saat memilih jasa pembuatan aplikasi ialah anggaran yang diperlukan. Jika proyek yang ingin Anda pesan memiliki banyak fitur bisnis dan tingkat kesulitannya cukup rumit, maka Anda harus menyiapkan dana pinjaman bunga rendah yang cukup besar. 

Selain itu, batas waktu yang ditetapkan juga biasanya akan mempengaruhi jumlah anggaran yang dibutuhkan. Karena itu, Anda perlu menimbang-nimbang dengan bijak jasa mana yang akan dipilih dan fitur apa saja yang diinginkan agar anggaran yang disediakan cukup.

(7). Menyediakan Layanan Pemeliharaan dan Bantuan Teknis

Dalam memesan aplikasi, ada kemungkinan yang cukup besar akan ditemukannya masalah saat sudah diluncurkan. Pasalnya, setiap aplikasi tidak ada yang langsung bisa berjalan sempurna. Saat masalah ini terjadi tentu Anda akan membutuhkan bantuan developer dari aplikasi tersebut.

Karena itu penting untuk memastikan jika jasa tersebut memiliki layanan pemeliharaan dan bantuan teknis. Dengan begitu, jika aplikasi mengalami masalah Anda bisa langsung menghubungi developer agar masalah tersebut bisa segera diatasi.

DBS KTA: Solusi Pinjaman Bunga Rendah untuk Buat Aplikasi Bisnis 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, anggaran memiliki peran penting dalam kelangsungan pembuatan aplikasi ini. Karena itu, DBS KTA hadir untuk membantu Anda. Pinjaman online dengan bunga rendah ini menawarkan limit hingga Rp300 juta untuk membuat aplikasi bisnis.

Pinjaman ini bisa dicicil hingga 36 bulan dengan besaran bunga flat mulai dari 0,88% per bulannya. Syarat pengajuannya pun sangat sederhana, Anda hanya perlu menyediakan e-KTP, NPWP, dan berdomisili di area Jabodetabek. Selain itu, Anda juga harus berpenghasilan minimal Rp5 juta dan memiliki kartu kredit dengan limit setidaknya Rp10 juta. 

Sudah lengkap persyaratannya? Yuk, bangun bisnis Anda di dunia digital bersama pinjaman bunga rendah dari DBS KTA. Lalu, pilih developer terbaik untuk mendapatkan aplikasi bisnis yang apik. Kunjungi website berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page dan simak langkah pengajuannya.

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

36 thoughts on “Ingin Membuat Aplikasi Bisnis? Cek Dulu Informasi ini”

  1. Perubahan jaman membuat calon pengusaha jg hrs mempertimbangkan budget utk membuat aplikasi bisnisnya ya. Adanya KTA ini tentunya membantu bgt utk memulai usaha

  2. Saya cenderung setuju menggunakan jasa spesialis. Dalam arti mereka sudah ahli di bidangnya, bukan? Setidaknya hasilnya tidak akan mengecewakan ya, secara mereka yang spesialis itu kan sudah berpengalaman

  3. sekarang kayaknya tiap bisnis pasti ada appnya ya, mulai dari resto, groceries, bahkan jual sayur dan buah aja skrg pake aps. Karena memang kebutuhan juga ya, masyarakat sudah nyaman mengakses banyak hal via smartphone, pake aps, dari pda pesen secara manual via telp misalnya, ky zaman dulu

    1. Sebagai muslim tetap pastikan diri ini terbebas dari yang namanya bunga. Karena apapun yang namanya bunga akan masuk kategori riba. Meskipun bisnis menggiurkan tapi di dalamnya ada riba tidak akan berkah. Semoga kita terus belajar (terutama saya) untuk menjadi pribadi yang bebas dari riba.

  4. Bermanfaat banget infonya mbaa, makasih yaa. Ada teknis pemeliharaan ini jg penting jadi klo udah selesai bisa ditangani sama yg buat. Klo sama timnya bisa lebih cepat jg…

  5. Aplikasi bisnis ini contohnya yang seperti apa ya, mbak? Saya agak bingung nih. Apakah kayak semacam aplikasi buat akuntansi gitu ya? Kalau menurut saya bagusnya memang menggunakan jasa spesialis sih agar bisa mendapatkan aplikasi bisnis yang bagus

    1. Eh sama, saya juga terpikir kayak gini nih. Soalnya, sekarang istilah aplikasi sudah nyambung banget sama aplikasi di gawai ya. Tapi karena menyangkut bisnis, saya cenderung terpikir aplikasi terkait usaha yang dilakukan. Bener banget nih, bagusan pakai spesialis. Daripada ngejar murah tapi hasilnya tidak sesuai harapan.

  6. Sekarang ini segalanya bisa digitalisasi kan, ya, kak, termasuk urusan. Isnis juga. Untuk itu melek digitalisasi penting banget. Apalagi kalau ada penyedia aplikasi bisnis yang mudah dan murah, sangat membantu.

  7. Pernah punya impian memiliki aplikasi, tapi kalau kubaca-baca sepertinya modalnya lumayan besar sih, jadi sementara diurungkan dulu.

  8. Dulu ditawarin buat Doodle apps loh Nurul sama mas Dest, eh entah kemana itu semua .. ya orangnya ya perusahaannya. Denger denger mah mahal ya untuk membuat aplikasi berjalan karena server yang digunakan ga boleh kaleng kaleng

  9. makin kesini teknologi semakin maju, yang dahulu konsumen mendatangi produsen lewat pasar, sekarang zamannya produsen yang langsung merangkul konsumen melalui aplikasi, lebih dekat dan mudah dijangkau

  10. Menarik ini, memang ada hal-hal yang mesti diperhatikan jika ingin membuat aplikasi bisnis…Di antaranya untuk masalah dana DBS KTA hadir untuk membantu dengan pinjaman berbunga rendah yang menawarkan limit hingga Rp300 juta untuk membuat aplikasi bisnis ini

  11. Bisnis yang pakai aplikasi memang gak bisa diserahkan ke sembarang orang. Kudu yang benar-benar mumpuni. Apalagi sekarang banyak kejahatan siber. Keamanan data kudu diproteksi termasuk keamanan data konsumen dalam aplikasinya. Gak murah biayanya, demi keamanan.

  12. Aplikasi sekarang jadi bagian penting dari sebuah bisnis ya Mbak. Ibaratnya pintu masuk, maka semuanya harus dipersiapkan sebaik mungkin. Bekerja sama dengan penyedia jasa pembuat aplikasinya pun harus yang seirama, sehingga semua kebutuhan si pemilik bisnis pun dapat diakomodir..

  13. kalau mau mengembangkan sayap usaha meski yang masih skala mikro, kecil tetap penting kayaknya support digitalisasi dan punya aplikasi bisnis… zamannya udah menuntut seperti ini kitanya yg harus adaptasi yaa

  14. Kalau usaha pakai aplikasi gampang share link untuk promo deh, bisa di kliatan dikunjungi dari perangkat apapun. Sepertinya zaman sekarang wajib punya usaha plus aplikasinya deh

  15. Di era digitalisasi ini memang aplikasi menjadi sarana promosi yang paling penting dalam bisnis ya, sebaiknya memang berkolaborasi dengan ahli pembuat aplikasi sehingga kita bisa tetap fokus dengan usaha yang kita bangun, apalagi kalau sumber daya manusianya masih terbatas jumlahnya

  16. Memasuki jaman serba pakai app ya mak sekarang, mulai pandemi berasa banget semua beralih ke online tapi memang sangat terbantu sih. Mulai blanja sayur sampai obat, furniture beratpun bisa online ya skrg.

  17. Perlu langkah2 itu semua memang dalamem angun bisnis ya mba.. apalagi klo mencoba bangun bisnis di dunia digital bersama pinjaman bunga rendah dari DBS KTA. Kemudian bisa pilih developer terbaik untuk mendapatkan aplikasi bisnis yang bagus

    1. Bisnis digital makin marak ya mbaaa… Kita harus mempersiapkan keahlian dan pengetahuan yang memadai untuk terjun ke dalamnya. Urusan bikin aplikasi pendukungnya, bener banget nih, harus pilih developer terpercaya.

  18. Bener banget ya, kalau mau berbisnis memang sebaiknya mempertimbangkan untuk membuat aplikasi bisnis. Memang saat memutuskan berbisnis biasanya suka terkendala modal, inginnya kalau and pinjaman sih yang tanpa bunga atau bunganya rendah kaya di DBS

  19. Membangun bisnis memang tidaklah mudah dan perlu banget dana-dana untuk pengembangan bisnis tersebut. Dengan memanfaatkan pinjaman bunga rendah dari DBS KTA, maka bisnis tetap berjalan stabil dan meluas sehingga bisa dipercaya oleh klien.

  20. ini pekerjaan paling ngehits ya mak zaman now. anakku tertarik banget nih dengan dunia desain aplikasi kayak gini. Bahkan pengen ambil kuliah yang relate dengan jurusan ini nantinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: