Halo Parents, Yuk Kita Lahirkan Anak Generasi Maju yang Supel, Kreatif, dan Mandiri!

Halo Parents, Yuk Kita Lahirkan Anak Generasi Maju yang Supel, Kreatif, dan Mandiri!

Let’s talk about our kids. Kayak gimana sih, karakter anak yang kita harapkan buat jadi calon pemimpin masa depan republik ini? Well, to be honest, tidak sedikit orang tua (termasuk diriku) yang awalnya ambisius banget, pengin anak yang brilian ala Einstein, gaul dan lucu ala Desta dan Vincent, ganteng beda beda tipis ama Hamish Daud, passionate dengan dunia yang ditekuni sebagaimana dedek Reza Rahadian, kreatif dan berwawasan luas laksana Nadiem Makarim, dan segabruk cita-cita lainnya.

Yeahhh…. Ortu mana yang nggak ingin memberikan (plus meraih) hal-hal terbaik untuk sang buah hati, ye kaaan? Hanya saja, terkadang, kita kerap terbentur dengan situasi kondisi yang (barangkali) enggak pernah kita bayangkan sebelumnya. Misalnya nih, pengin punya anak yang pinter ngaji. Tapi, kok, di rumah si bocah malah mainan gadget mulu yak? Pengin punya anak yang gape sosialiasi, tapi… saban diajak ketemuan ama ibu-ibu arisan, atau ketika sekolah di playgroup, kok anak kita tampak mingkup, minder to the max dan sama sekali nggak bisa diajak gaul?

IMG-20170930-WA0055

Huffft. Welcome to parenting club, dear moms and dads! Haha! Memang banyaaaaak banget ekspektasi vs realita yang terjadi dalam kancah pengasuhan anak-anak. Mengasuh anak emang super-duper challenging, tapi as long as we can enjoy it, I think no problem lah! Dibawa asik aja. Dan yang penting, kita nggak boleh jenuh dan ngerasa “udah ah, udah cukup!” alias ngga mau belajar tentang ilmu parenting.

Somehow, dengan memperbanyak kajian atau datang ke parenting talk show, bisa menjadikan diri kita sosok ortu yang lebih open-minded. Kalopun ada tantangan dalam pengasuhan anak, maka event parenting seminar ini bisa jadi sarana untuk mendapatkan jawaban yang cespleng dari para ahli.

Naaaah… itulah yang membuat saya semangat banget buat ikutan seminar parenting yang digelar SGM Eksplor. Bertajuk “Peran Orang tua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju” sminar ini digelar di Hotel Fairfield Surabaya, Sabtu (30/9) dan dihadiri lebih dari 200 ibu-ibu yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya.

Lewat seminar ini, orang tua bisa mendapatkan informasi terkait pola asuh yang sesuai dengan tahapan usia anak sehingga si Kecil tumbuh menjadi Anak Generasi Maju!

Btw… Anak Generasi Maju yang kayak gimana sih? Cirinya ada 3 ya: Supel (mampu bersosialisasi dengan baik), Kreatif dan Mandiri.”

Brand susu kebanggaan masyarakat Indonesia ini menghadirkan Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi, yang akrab dipanggil mbak Nina.

Psikolog energik dan penebar positive vibe ini bilang, “Masa awal kehidupan anak adalah momen penting. Orang tua harus selalu mendampingi si Kecil dengan memberikan nutrisi yang tepat serta melakukan berbagai aktivitas dan menerapkan pola asuh yang tepat. Orang tua harus ingat bahwa untuk menjadikan anak generasi maju, maka ada 3 kondisi yang harus dipenuhi yaitu; Pertama si Kecil harus sehat dan kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan baik, agar tumbuh kembangnya bisa berjalan lebih optimal. Kedua, ia perlu mengembangkan keterampilan berpikir dan kreativitasnya. Ketiga, perkembangan emosinya pun diharapkan baik, ia jadi percaya diri dan mandiri.”

Kalau menyimak pemaparan Mbak Nina, kita mafhum dong, bahwa orang tua memegang peranan vital dalam mengembangkan keterampilan sosial si kecil sejak dini. Caranya gimana? Ya kita kudu memainkan keterampilan pola asuh yang tepat. Ketika pola asuh tepat itu diaplikasikan, maka si Kecil bakal tumbuh menjadi orang yang memiliki rasa percaya diri (supel), kreatif dan mandiri.

IMG-20170930-WA0056

At the end of the day, anak-anak Indonesia diharapkan dapat memberdayakan orang di sekitarnya untuk bisa maju bersama dan menjadi generasi maju!

Please bear in mind ya buibu dan bapak bapak sekalian… bahwa ciri Anak Generasi Maju adalah anak yang Supel, Kreatif dan Mandiri.

Tapi kan, tapi kan… ortu zaman sekarang tuh sibuuuuk berat. Gimana caranya buat menambah wawasan, ha wong, kerjaan kayak kagak ada brentinya? Mana sempat datang ke acara seminar atau workshop parenting?

No worries. SGM Eksplor paham banget dengan karakteristik ortu jaman now (haha).

Kata Mbak Astrid Prasetyo, selaku Marketing Manager SGM Eksplor, “Kami memahami perjuangan para orang tua untuk selalu memberikan yang terbaik demi masa depan si Kecil. Bentuk komitmen dan dukungan kami berikan kepada orang tua Indonesia dengan menyediakan produk nutrisi terbaik dan berkualitas serta edukasi yang dapat mendampingi orang tua dalam memastikan pemenuhan nutrisi dan pola asuh yang tepat bagi tumbuh kembang si Kecil,  agar ia dapat menjadi Anak generasi Maju yaitu anak yang memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik, kreativitas dan kemandirian.”.

Lebih lanjut Astrid mengatakan, “SGM Eksplor juga sangat mengerti adanya keterbatasan bagi orang tua untuk dapat mengikuti berbagai kegiatan parenting seminar mengingat adanya keterbatasan waktu & kesibukan sehari-hari. Oleh karena itu, bagi orang tua yang belum sempat menghadiri rangkaian Parenting Seminar Anak Generasi Maju dan untuk lebih memperluas jangkauan edukasi kepada para orang tua dalam mendampingi tumbuh kembang si Kecil, maka SGM Eksplor mendukung para orang tua Indonesia melalui edukasi digital dalam bentuk video-video parenting tips tentang bagaimana cara mendidik anak menjadi generasi maju yang supel, kreatif dan mandiri.”

Wah, keren banget nih SGM! So, hanya bermodal gadget dan akses internet, kita bisa menambah wawasan dan menyimak aneka edukasi digital parenting.

Jangan ragu buat mengakses akun Facebook Aku Anak SGM ya. Juga ada twitter dan Instagram-nya yang super-penting buat panduan ortu kekinian. Okay okay?

 

Advertisements

45 comments

  1. memang tantangan menjadi orang tua kids jaman now hahahaha
    tapi tentunya parent jaman now bisa mengatasi lah…yg penting tdk lelah mencari informasi dan mengikuti seminar2 yg bermanfaat seperti sgm tadi ya jeng

  2. Wohooo… pastinya setiap orang ingin memiliki anak sempurna lahir bathin. Ganteng perangai dan akhlaknya… so di zaman now seperti ini para ortu emang kudu strong….,,

  3. holaaa mba nurul..salam kenal dari aq mombassador SGM batch 5 seangkatan ama mb frida.. kemaren ketemuan ngga ya.. hehe .. keep writing and sharing 😘😘

  4. wah pr banget nih ortu zaman now soal sosialisasi anak. semalam aku kepoin selebgram generasi millennial, dan berasa jauh banget dengan aq zaman remaja dlu, kemana aja sih aku, haha. mereka beruntung banget dg internet dan teknologi, bisa menembus batas berkarya. jadi ortu mmg wajib mendampingi anak

  5. tidak gampang…tapi juga tidak susah kalo berusaha…BERJUANG bukan cuma bundanya aja ya mbak…si Ayah juga harus ikut andil untuk mencetak generasi maju dan mandiri…semangat deh pokoknya….

  6. Menjadi orang tua itu ga Ada sekolahnya, dg ikut2 seminar parenting semacam ini, pengetahuan Kita sbg orang tua sedikit2 nambah ya. Walau yg didapat sebenarnya masih sepotong2, tapi ya lumayan banget but nambah ilmu pengasuhan

  7. Dulu waktu kecil-remaja maunya aku supel eeeh gak taunya kupeeer 🙂
    So, berdasarkan pengalaman, penting bimbingan orang tua. Sering2 ngobrol dan hang out sama anak. Suruh temen2nya maen ke rumah. Masakin. Dari situ tar ketauan temen2 anak2nya seperti apa. Dan, apa yg bisa dikoreksi/disarankan buat mereka. Orang tua harus jd guide, ispirator sekaligus sohib anak dan gak cuma jd instructor dan ‘penonton’.

  8. Parenting terkadang tak seindah angan yaa…. Idealisme tentang bayangan anak harus begini begitu musti turun menyesuaikan pribadi anak sendiri.

  9. Bagus ya programnya SGM. Dari dulu sampai sekarang selalu buat acara yg informatif dan mendidik banget kayak gini. Pantesan brandnya masih laris meski banyak produk susu sejenis yang mulai ada di pasaran 😀

  10. Aku follow akun AKU ANAK SGM udah dari lama, suka baca artikel parenting disana. Manfaat banget deh. Bahkan aku juga suka baca sharing dan pengalaman dr orang tua lain di fp AAS 😊

  11. Sgm ngerti banget ya buat parent yg gk bisa ikut acaranya bisa liat di video yg bisa diakses dmn saja.
    Memang penting sih acara sperti ini untuk membuka wawasan pr orgtua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s