Bismillah, Nawaitu Ogah Tidur Lagi Setelah Subuh!

Niat baik dan berubah menuju kebaikan sebaiknya ditulis. Kalo bisa, ditulis gedaaa gedaaa, trus ditempel di tembok kamar ๐Ÿ˜€ Kalo ngga bisa, ya udah tulis di blog atau socmed aja, wokehhh.

Beberapa waktu lalu, saya sempat posting tentang My Guilty Pleasure alias hal-hal yang sebenarnya saya tau sih, ini nggak baik, tapi ya saya lakukan ajeg nyaris saban hari. Salah satunya adalah: tidur lagi setelah sholat subuh *cry*

Padahal, saya tau banget, kalo momentum pasca subuh itu ibarat golden moment, so, sebaiknya JANGAN dipakai bobo lagi. Hamdalah, belakangan ini saya tersiram hidayah untuk tidak tidur lagi pasca subuhan. Ada postingan Abi Raffa El Farabi di Facebook, yang super inspiring, dan rasanya eman-eman (sayang) kalo nggak saya share di blog ini.

Inti postingannya begini, gaes: Satu jam setelah subuh menentukan arah tujuan hidup kita. Jadi apa saja yang perlu kita lakukan satu jam setelah subuh?

(1). Jangan tidur setelah subuh. Karena menutup banyak pintu rezeki bahkan membuat badan menjadi lemes.

(2). Biasakan untuk mandi dan bersihkan diri. Mandi sebelum atau setelah subuh akan membantu tubuh menjadi segar dan sehat. Juga membuat kita lebih awet muda. Gak percaya? Coba aja sendiri ๐Ÿ˜.

(3). Sarapan (Jika Tidak Sedang Shaum Wajib ataupun Sunnah ) biasakan makan di waktu pagi walaupun hanya sedikit. Karena membuat sel sel otak, sistem pencernaan serta sistem imun di tubuh kita bekerja dengan baik. Makan roti seiiris pun gak apa. Atau minum teh juga mantap. Usahakan makan dan minum sedikit saja, jangan sampai kekenyangan.

(4). Ini yang paling penting. BACA AL-QURAN, DZIKIR, SHOLAWAT. Mau melakukannya sendiri pun gak apa atau mendengarkan murrottal atau ceramah dari youtube juga gak masalah. Asalkan kita niat memberikan ‘makan’ hati kita. Hati kita akan jadi kuat dan tidak lemah.

***

Satu jam kita lakukan semua ini, insyallah hidup kita lebih bermakna. Dan kita mampu melangkah dan menjalani hari kita lebih baik dan bertenaga.

Dari Abu Masโ€™ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu โ€˜anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,ู…ูŽู†ู’ ุฏูŽู„ูŽู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฎูŽูŠู’ุฑู ููŽู„ูŽู‡ู ู…ูุซู’ู„ู ุฃูŽุฌู’ุฑู ููŽุงุนูู„ูู‡ูโ€œBarangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.โ€ (HR. Muslim no. 1893).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s